08
Nov '06

siswa

Entah sejak kapan tepatnya aku ngajar, yup… jadi instruktur…
Menyenangkan…. sejauh ini itu yang aku rasain,..

Awalnya sih grogi gitu, apalagi klo ngajar siswa yg umurnya dah diatas aku…
tapi, sejauh ini, ngajar tuh fun kok. Serius, tapi juga kadang suka becanda2. Apalagi triwulan kemaren dapet kelas yg siswanya rata2 anak sma, jadi kan enak, sering ngajak cerita, kita ga hanya ngebuat mereka ngerti apa yg diajarin tapi juga jadi deket sama mereka, malah ada yg curhat. hehehe….
Pernah, satu kali aku ngajar, dan salah satu siswa aku (umurnya kayaknya sih 30an gitu deh-yg udah aku bilang kategori ‘bapak’ pindah kelas karna dia complain sama aku or cara ngajar aku (aku juga ga tau). Ceritanya waktu itu skill test, dan dia nanya sama aku gimana caranya?, ya wong ujian kok nanya??? emang boleh…. aku kan sebagai yg ngajar, pengen tau sampe mana dia bisa.. ya ga aku jawab, aku bilang aja “kerjain dulu aja yang bisa mas… ini kan ujian”, eh dia langsung bilang selesai dan ngadu deh dia sama CSO di front office, dan alhasil pertemuan berikutnya dia pindah ke kelas sebelah. yang ada aku yang kesel ngajar org kayak dia, alesannya :
1. tiap kali di dalem kelas, dia nerima telpon kenceng gitu suaranya… tiap kali belajar…
2. kalo aku jelasin di depan, dia malah ngajak temen sampingnya ketawa, dan itu kayaknya ketawa ngeremehin aku gitu (aku tau, ini bukan suudzon)
bener2 org tua yg ga bisa ngehargain org laen… aku emang masih muda untuk jadi pengajar, tapi bukan berarti dia bisa seenaknya gitu kan..??

Aku bersyukur, siswa2ku semuanya menyenangkan, nganggep yg ngajar juga kayak temen, jadi enak kalo ngajar…
yang pengen aku ceritain adalah macem2nya siswa aku, ini berbagai macam siswa :
a. ditinjau dari tujuan belajar :
ada 2 yaitu;
1. siswa yang bener2 dateng, belajar serius, ini cepet nangkep pelajaran, nilai bagus, tapi rada susah sama komunikasi sehari-hari.
2. siswa yang dateng, mo belajar, tapi juga ada tujuan laen, spt ‘ngeceng’, keliatan dari penampilannya, yang ini daya tangkepnya lumayan cepet, tapi sering lupa, nilai juga bagus.

b. ditinjau dari penampilan :
ada 2 juga;
1. siswa yang memang ngerasa belajar itu pake yang nyaman aja tapi juga sopan buat belajar,
2. siswa yang pengen belajar tapi lebih banyak tujuannya jadi condong ke ‘ngeceng’ keliatan dari pakaian yang dipake se-mode mungkin (malah bisa jadi ga nyaman), gayanya keren abizz, kayak mo ke mall. Emang diakuin sih ada yang jadi cakep liatnya, tapi kok ada yang malah jadi keliatan ‘ga bgt ya..”

c. ditinjau dari cara belajar :
ada 3 nih;
1. siswa yang dikasih tau sekali, gampang ingetnya, ga harus pake diingetin berkali-kali alias ‘cepet nangkep’ pelajaran, diajak becandaan.. hayo aja..
2. siswa yang mesti kasih tau sekali, trus diulang lagi biar ngerti… masih normal deh, aku juga suka gitu..
3. siswa yang dikasih tau sekali blom jelas, kedua kali masih blom bisa nyambung, ketiga kali bisa, besoknya lupa, yang ini mah lebih sering dan hobi becanda…

Menyenangkan deh jadi instruktur, dosen, pengajar, guru ato apalah namanya, plus kita punya kepuasan sendiri kalo liat orang laen bisa…