13
Feb '07

Cerita Disana…. (part 3)

Lupa, kalo posting kmrn masih ada kelanjutannya, karena ada yang nungguin posting selanjutnya nih

Malem taon baru ga ada acara apa-apa, malemnya tuh ya sebenernya ada acara makan-makan gitu muda-mudi di kampung, cuma males aja, gila aja baru mulai tuh acara jam 10 malem, mending di rumah nenek deh, ngobrol sama sepupu sampe ketiduran. Keselnya udah enak tidur masing2 1 kasur sama Tante Reni (sepupunya mama-walo beda umurnya 2 taon sm aku, tetep kudu dipanggil tante), eh si Excel (sepupu aku juga) nyelip ditengah-tengah kita. Ya, gpp sih kan badannya kecil, cuma yang ga tahan tuh kalo dia tidur pake muter-muter gitu deh. Tapi malem itu dia tidur ga muter-muter tapi merintih karna sakit gigi, duh…………. gak bisa tidur deh jadinya, kepaksa bangun nyari obat sakit gigi di tas (kata si Idha tas Doraemon~semuanya ada, ga deh kebetulan klo mo pergi jauh gini harus siap obat2an lah). Setelah tuh sepupu dipaksa minum dari aku sama nyokapnya, akhirnya dia tidur lagi, tapi tetep aja….. merintih kesakitan….erhghhhh…..

Besoknya tgl 1 Jan 07, pagi udah ada acara ngumpul ibu2, buat persiapan masak-masak, katanya sih hari ini bikin bumbu gitu, mulai dari ngupas ini lah, ngupas itu lah, dsb deh. Heran, acaranya tuh baru tgl 3 malem eh kok cepet bgt dah dimulai dr sekarang. Trus sore harinya, aku diajak ma sepupuku~ Anggi dan Siti untuk “Mbugau”, nih istilah yang kalo aku artikan sendiri yah, semacam ajakan secara lisan untuk suatu acara gitu. Ya, dengan pertimbangan pengen jalan-jalan juga, akhirnya aku ikut. Ternyata mbugau itu mulai dari satu rumah ke rumah yang laen sampe ke ujung kampung. Kali ini kita mbugau untuk bikin kue di kalangan muda-mudinya ntar malem. Huff, capek deh…. Untungnya si Siti tau bener, yg mana-mana rumah muda-mudi tuh kampung.

Singkat cerita, acara muda-mudi untuk buat kue itu dimulai jam 9 malem, ampun deh, aku nanya malah sama nyokap, kenapa juga ga dari tadi siang ato sorean bikin kue nya ? kenapa harus malem ? mana mulainya jam 9 malem lagi, mo selesai jam berapa lagi. Nyokap cuma jawab, kalo emang itu udah kebiasaan disini, so aku harus nurut

Jam 8 dah siap-siap, Oh My God, mesti pake kain pula… erggrrhhh, so, langsung minta kain sama nenek, dikasih dan asli deh, aku kan ga biasa pake kain gitu, eh setelah berhasil make kainnya aku diketawain ma nyokap dan tante2 yang ada

Nenek bilang, kalo ga bisa, ya ga usah dipake, tapi demi solidaritas (kata Tante Reni), akhirnya aku ma Tante Reni berhasil juga pake kain dengan lumayan bener, tapi asli deh susah bgt jalannya, untung aja ga sampe jatoh naek turun tangga pake kain. Dan, tebak deh sampe jam berapa acara tuh bikin kue ?…… jam 2 pagi, ampun…………. ngantuk bgt…. dan ternyata acara bikin kue itu berlanjut malem berikutnya, 2 malem berutur-turut, duh klo ntar nikah ga usah deh pake repot-repot gini, bener deh…. capek… ditambah lagi bikin kuenya itu pake acara manual alias ga pake mixer, otomatis bisa bayangin deh gimana pegelnya tangan. Yah paling ga, jadi sebuah pengalaman ‘menarik’…

Langsung aja, ke hari H sang tante menikah. Tante Ijah ini, adek dibawah nyokap, yg laennya dah pada nikah. Ketemu sama Om Yacob, di Jakarta (tante berdomisili di Jkt), nah karena Om Yacob ini dulunya seorang kristiani, pacaran dah 4 taonan kayaknya ma Tante, makanya blom nikah2. Akhirnya, si Om jadi mualaf dan nikah deh. Kita dah deket bgt kok sama Om Yacob, makanya dah tau bgt gimana orangnya. Insya Allah ga salah deh buat Tante

Waktu tante lagi berhias, aku diminta buat bantuin om pake jas dan dasi. Towew..!! Saat itu aku belom bisa pasang dasi, jadi bingung mo minta tolong siapa buat gantiin aku. Ternyata, si Om pinter kok pasang dasi, jadi aku cuma benerin aja, trus bantuin dia pake jas. Hehe, kayak ibu2 yang bantuin suaminya klo mo pergi ngantor deh. Hehehhe….

Alhamdulilah, acaranya berlangsung lancar….. foto-foto deh…
Dan, besoknya balik ke Palembang…

Senengnya, liat semua sepupu pada ngumpul, keluarga besar pada ngumpul, makan rame-rame, apalagi waktu makan duren dibawah, wuih…. Ngumpul semua, begitu menyenangkan punya keluarga besar…..