27
May '08

Emang Keren ya Kalo Pake Kartu Kredit?

Kayaknya kalo punya Kartu Kredit/Credit Card (CC) keknya udah keren aja gitu, tinggal gesek sana sini kalo mau beli itu.
Tapi ternyata tidak seperti itu teman.

Emang enak sih, kayaknya kita kayak aja gitu kalo dah punya kartu itu, cuma sayangnya itu semuanya bikin kita susah dikemudian hari.

Oke. Kita ngomongin fiturnya dulu kalo bahasa kerennya features credit cards. Ga salah-salah deh, fiturnya canggih, kerenlah. Cuma berbekal 1 kartu tapi banyak banget memberikan ‘kemudahan’. Bisa beli apa aja yang kalian mau, yah cuma dengan ngasihin kartu itu tadi. Bisa dipake sebagai pinjaman (loans) karena diperbolehkan untuk tarik tunai, mortgages, dan emang yang paling enak bisa jadi sumber pendanaan untuk kita beli sesuatu yang emang pada saat tersebut kita ga ada duit, yah resources for people with bad credit.

Intinya, ada keinginan kuat punya barang2 bagus, cuma ga ada duit.
Ini kedengerannya seperti sebuah solusi tepat. Tapi ternyata, emang agak berat di belakangnya.

Suami saya punya cc di Bank yang kayak nama mantan Presiden Wanita Indonesia, dan ini cc pertama yang di approve. Dipake deh tuh untuk beberapa hal, biasanya dibayar lunas tiap tagihan per bulannya, karena emang ga banyak. Tapi, sekali waktu, tagihannya lumayan besar, Si Kakak mencoba untuk membayar 75% lah kira-kira dari jumlah tagihan, dan sisanya akan di tagih bulan depan.
Ternyata, oh ternyata…. Pas liat tagihan bulan berikutnya, bunganya lumayan… lumayan berat gituh…

Nah sejak saat itu, kayaknya kita udah males pake cc yang satu itu.

Jangan liat kerennya doang ya, tapi liat bungannya juga :p