28
Nov '08

Toko Buku Online Pilihan

Mungkin yang sering berkunjung ke blog saya sering mendapati saya memposting review buku dan film. Iya, saya memang hobi baca buku dan nonton film

Bersyukur lagi saya karena mendapatkan suami yang juga punya hobi baca buku, membeli buku bagi kami adalah satu biaya tersendiri yang ga bisa di budget karena terbiasa kalap liat buku bagus, apalagi dengan prinsip ‘Beli dulu, urusan bacanya kapan itu nanti’.

Nah, karena hobi itu tak urung membuat saya jadi suka juga berkeliling dunia maya untuk mencari buku baru mana yang sudah saya tunggu-tunggu kehadirannya dan juga buku lama yang udah jarang bisa ditemui di toko buku biasanya. Jawaban dari semua itu, saya bisa mendapatkan buku yang saya mau dari toko buku online, sebut saja Kutukutubuku (KKB) punya Mbak ollie, Bukukita (BK), Inibuku (IB), Rumahbukuislam (RBI) dan yang lainnya. Semua toko buku online tersebut sering saya kunjungi dan beberapa kali mempergunakan jasa mereka. Karena itu saya bisa sedikit menilai mereka dari kacamata saya *emang. saya lagi pake kacamata*

Koleksi Buku
Untuk koleksi buku diantara KKB, IB dan BK sama banyaknya. Rata-rata buku yang saya cari ada di tb online tersebut. Hanya RBI lebih spesifik untuk buku-buku islam saja, walau juga ada beberapa buku umum.

Sistem Order

Yah, namanya juga toko buku online, keempat TB itu memberikan sistem order online, hanya saja berbeda pada cara ordernya. Maksudnya gini, untuk KKB dan BK itu untuk order, kita harus registrasi dulu sehingga ada sistem keanggotaan di dalamnya. Bagusnya sistem ini, klo kita sering belanja ga perlu lagi input nama dan alamat, karena sudah terimpan di database. Kalo IB dan RBI itu mereka hanya menggunakan sistem sekali pakai, jadi pilih buku yg mau dibeli, isi form dan selesai, tanpa harus registrasi. Ini lumayan menyulitkan kita kalo yang sering beli. Ngisi order form mulu.

Lama Konfirmasi
Setelah saya bergerilya di dunia belanja online dan saya bandingkan, ternyata dibandingkan dengan yang lain BK lebih cepet konfirmasi bahwa buku yang kita pesan ada atau tidak sehingga kita pun bisa dengan cepet transfer klo bukunya ada. Setelah BK, dilanjutkan dengan IB dan KKB. Untuk yang biasa nanya-nanya via email, saya rasa BK dan IB lebih tanggap dibanding KKB.

Diskon dan Lama Pengiriman
Semua sama. Memberikan diskon buku sebesar 15% dan pengiriman menggunakan Tiki JNE semua, sehingga nyampenya pun ga lama. Kalo ke Palembang, sehari juga nyampe. Oh ya, kalo KKB sering kasih diskon paketan, jadi klo ada buku yang di paketin jadi 1, biasanya mereka kasih diskon lebih, dan juga KKB sering juga kasih promo-promo laen.

Layanan Tanya-Tanya
Penting ga penting layanan tanya-tanya ini harusnya bisa dipikirin sama pihak yang punya toko buku online yah. Maksud saya ada kontak yang bisa diajak chat langsung pake Y!M. Entahlah, menurut saya itu penting. Saya sering nanya beberapa info seputar buku, sehingga pertanyaan lebih cepat bisa terjawab, seperti yang sudah di pakai oleh RBI. Satu hal, layanan tanya-tanya seperti ini juga membantu sekali bagi pihak-pihak yang blom pernah menggunakan layanan belanja online walau… sudah ada halaman dimana bisa dibaca cara-caranya.

Loading Site
Rata-rata loading semua site toko buku online itu cepet kok, jadi ga perlu nunggu lama, tapi kalo mo dibuat urutannya dari yang tercepat dibuka yaitu, IB, BK, RBI dan KKB. Walo paling lama loadnya, dari
kesemuanya KKB yang paling menarik dengan icon kepik hitam merah ituh

Histori Belanja
Keliatannya menu ini ga terlalu penting, tapi menurut saya perlu ada. Karena, disini kita bisa liat apakah buku yang kita order sudah dibayar atau belum dan sudah dikirim atau belum. Nah, tidak sedikit juga tb
online melupakan perlunya menu ini. Jelas saja untuk yang tidak ada sistem registrasi tidak ada menu ini. Di KKB ada menu ini, tapi tak selengkap dan tak sebaik BK dalam penyajiannya.

Unik
Ada beberapa yang unik dan mungkin membuat kita ketagihan untuk belanja di tb online ini. Misal :
KKB : memberikan layanan antar buku sebagai hadiah, yang corak kertas kadonya bisa kita tentukan sendiri *ada pilihannya*
BK : memberikan reward berupa point bagi yang mendaftar dan point bisa bertambah apabila membeli buku dan memberikan resensi buku. Ga cuma itu, BK memberikan undian setiap kelipatan 50rb bagi anggota yang membeli buku, dan undian bisa ditukarkan dengan buku yang bisa dipilih sendiri dan di undi tiap bulan.
Suka atau biasa aja, ini sebuah pelayanan yang membuat kita sebagai konsumen jadi lebih loyal, tempat dimana kita melihat keuntungan lebih, ga hanya diskon tapi juga reward2.

Itu hanya sedikit pandangan mata saya setelah selama ini berbelanja buku online. Ini semua saya ceritakan biar temen-temen bisa pilih sendiri tempat paling enak untuk membeli buku. Bagi para yang punya tb online tersebut, saya harap bisa baca postingan saya untuk kedepannya lebih baik.

Ada yang udah pesen Maryamah Karpov ? Silahkan bisa dipesan di toko buku diatas