Zakat dan Berkurban di Idul Adha

Seminggu sebelum hari raya Idul Adha tiba, saya sempat kebingungan untuk cari hewan kurban. Maklum, tahun ini adalah tahun idul adha pertama saya bersama suami, dan pertama kali pula saya akhirnya ikut serta mikirin kurban. Tanya mama akhirnya, dan mama mengusulkan agar beli aja hewan kurbannya di tempat terdekat. Sayang, seribu sayang, si kakak yang notabennya kepala keluarga, kagak sempet, liatin kambing ato sapi di satu minggu terakhir.

rumah-zakat-id

Berkurban itu utamanya niat. Jadi, banyak cara jika udah ada niat. Cobalah kita untuk mengunjungi Rumah Zakat. Walo bukan yang pertama kali mempercayai jasa mereka, tapi saya masih agak kurang ‘dapet’ aja berkurban lewat jasa ini. Bukan… bukan tidak baik, dan saya melihat jasa mereka sangat dapat dipercaya, tapi saya berasa akan lebih seneng kalo yang dikurbanin diliat beneran. Berkurban itu soal kepercayaan, disanalah kita diuji untuk memaknai kepercayaan, juga untuk jasa seperti ini.

Sedikit review saya soal Rumah Zakat dot org ini :

  1. Banyak cara transfer atau donasi dengan berbagai rekening bank ternama di Indonesia, tapi kok saya ga liat disana diperlihatkan atas nama dari rekening tersebut. Penting tidak penting, atas nama pada no rek bank itu memastikan no rek yang ada itu benar adanya, apalagi yang menggunakan internet banking seperti transfer menggunakan key BCA
  2. Sudah ada layanan tanya-tanya melalui Y!M yang membuat kita bisa lebih jauh berkomunikasi
  3. Ada tulisan “PAYPAL” disana, tapi sepertinya masih dalam rancangan alias blom bisa digunakan :piss:
  4. Punya inovasi dalam bentuk ‘berbagi’ seperti jasa mobil jenasah, suka relawan, pendidikan sampe terobosannya membuat kornet yang tahan 3 tahun untuk hasil kurban :up:
  5. Dilengkapi dengan kalkulator zakat, tapi suer yah… bingung buat yang oon kayak saya, kok ngitungnya ribet amat, paling gampang kan ngitung kalo 2,5% :D. Hanya mengutip pesan dari Ustad Yusuf Mansur dalam The Miracle of Giving, sebaiknya kalo bisa memberi zakat, bukan 2,5% tapi 10%
  6. Overall, Rumah Zakat memberikan informasi lengkap di webnya. :up:

Akhirnya, kembali pada kita sendiri…. mau beli sendiri atau pake layanan online itu ga masalah, sama-sama berkurban kok namanya ;)

Selamat Hari Raya Idul Adha kawan, mohon maaf lahir dan bathin :senyum:

18 thoughts on “Zakat dan Berkurban di Idul Adha

  1. waah bahagianya.. idul adha pertama ma suami dan sudah berkurban.. saya juga mau.. cuma sering terlupa dengan kebutuhan yang lain.. :sedih: mudah2an tahun depan mulai di tingkatkan lagi..

  2. kok ngitungnya ribet amat, paling gampang kan ngitung kalo 2,5%

    Hehe… Kan zakat itu macem2 mbak. Ada yg 2,5% ada yg 20% dan lain2. Sesuai dengan jenisnya dan ndak bisa dipukul rata. Tapi memang besaran 2,5%, khususnya zakat penghasilan, klo saya ndak salah ndak disebut di al-quran, tapi berdasar ijtihad ulama. Jadinya ya mungkin benar klo lebi bagus di atas itu. Wallahu’alam… ;)

  3. minal aidzin walfaizin
    mohon maaf danbatin
    ngga apa-apadeh punya temen kaya jin
    yang penting kalau di bilangin suka nurutin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.