10
Nov '10

Perbandingan Penggunaan Internet Banking BCA, Mandiri dan BNI

Kian maraknya toko online yang menjual hampir sebagian besar kebutuhan kita membuat dunia perbankan online pun semakin banyak digunakan. Ya, memang seharusnya seperti itu, punya toko online pasti dirasakan perlu sekali untuk punya internet banking sehingga memudahkan aktivitas jual beli ini. Kemudahan layanan internet banking membuat semua transaksi menjadi lebih cepat dan lebih mudah. Jangankan hanya mengecek saldo, internet banking mempermudah kita juga untuk transfer dana dari bank yang sama ataupun transfer antar bank. Bayar tagihan, mulai dari pembayaran telpon, tagihan listrik, air sampe kartu kredit pun bisa. Bagi yang mau beli pulsa, juga bisa kok.

Dengan banyaknya kemudahan yang bisa dilakukan internet banking, maka saya rasa ga cuma yang punya toko online aja yang membutuhkannya, tapi juga pengguna pribadi yang menginginkan kemudahan transaksi perbankan tanpa harus pergi kesana kemari, cukup duduk manis, liat di komputer/laptop/smartphone yang terhubung dengan internet, semua…… beres

Lantas, apakah semua internet banking yang diberikan tiap bank di Indonesia, semuanya memberikan fasilitas yang sama?
Nah, ini nih yang saya mau bagi. Beberapa internet banking yang saya gunakan ternyata ada sisi enak dan ga enaknya. Nah, berikut saya bagi fasilitas yang diberikan oleh layanan ebanking dari BCA, Bank Mandiri dan BNI. Kenapa hanya 3 bank ini? Jawabannya karena saya cuma pernah menggunakan layanan 3 bank ini. Kedua karena 3 bank inilah yang paing banyak digunakan toko online dalam bisnis mereka.

1. Ebanking Bank Central Asia (BCA)

Tampilan ebanking BCA

  • Paling banyak digunakan oleh toko online karena rata-rata pelanggan punya akun bank ini
  • Koneksi paling stabil, jarang banget ada masalah koneksi untuk buka ebanking BCA ini
  • Browser friendly, tidak ada masalah digunakan dengan browser manapun
  • Sudah ada fasilitas mobile yang bisa diakses dari handphone
  • Kemudahan login tapi juga ga boleh salah menginput data login sebanyak 2 kali
  • Fasilitas yang diberikan hampir keseluruhan berjalan dengan baik seperti transfer dana, pembayaran tagihan kartu kredit, tagihan handphone. Untuk tagihan handphone, jika sudah dilunasi maka akan keluar pesan anda telah melunasinya, tapi pesan ini tidak keluar untuk fasilitas tagihan kartu kredit, sehingga kita harus teliti melihat tanggal jatuh tempo tagihan tersebut dan kita sendiri wajib untuk mengingat dan kalo perlu dicatat apabila sudah melunasi tagihan tersebut.
  • Untuk fasilitas tagihan kartu kredit, jika kita sudah menginput nomer kartu kredit, otomatis akan keluar nama pemilik kartu kredit dan juga langsung beserta tagihan yang ada, Jadi ga perlu melihat tagihan datang, kita sudah tau berapa jumlah tagihan kita untuk bulan lalu.
  • Untuk pembelian voucher pulsa prabayar, tidak ada masalah untuk beberapa provider seperti Telkomsel (Simpati), Indosat (IM3, Mentari, Starone), Flexi, SmartFren dan XL. Namun untuk pengguna Kartu AS, 3, Esia dan Axis sepertinya layanan ini belum bisa digunakan (hingga posting ini diterbitkan). Oh ya, minimal pembelian pulsanya juga agak besar, paling kecil untuk pulsa 25ribu, kalo beli yang 5rebuan bisa langsung aja gitu ke tempat kios pulsa terdekat di kota anda

Blom bisa diinput

2. Ebanking Bank Mandiri

Tampilan ebanking Mandiri

  • Suka angin-anginan nih web ebankingnya. Jam sekarang ga konek, ntar 5 menit lagi konek dan sering sekali terjadi kayak gitu, jadi mesti sabar nungguinnya alias koneksinya belum stabil.
  • Ini akun bank kedua yang paling banyak diminati para toko online dalam bisnisnya setelah BCA
  • Browser friendly juga, buka dimana aja bisa, tapi ya itu tadi…belum stabil koneksinya
  • Belum ada fasilitas mobile ebankingnya
  • Kemudahan login sama seperti BCA tapi saya kurang tau maksimal berapa kali kesalahan login di Mandiri ini *blom pernah nyoba sampe diblokir sih ya *
  • Fasilitas transfer dana kurang enak. Kita input nomer rekening penerima, setelah itu yang muncul Nama Penerima : Nixxxx Fexxxx Anxxxx gitu kira-kira formatnya. Lah, kita takut aja kalo-kalo yang kita transfer itu salah kan kalo gitu. Tapi, setelah proses selesai ditransfer malah namanya muncul semua, lah kalo salah piye?? Ini juga terjadi untuk fitur pembayaran tagihan handphone loh.
  • Muncul nama pake xxxx

  • Untuk fasilitas pembayaran kartu kredit ini juga kurang enak. Jadi ya waktu kita input nomer kartu kredit setelah diproses tidak langsung muncul nama si pemilik kartu kredit dan jumlah tagihannya, so… kalo kertas tagihan blom datang, tagihan blom bisa dibayar dan kita mesti hati-hati banget menginput nomer kartu kreditnya, karena ga muncul nama si pemilik kartu kredit itu tadi. Nah untuk yang punya kartu tambahan, ribet juga nih, harus masukin juga nomer kartu kreditnya, karena pembayaran sendiri-sendiri, tidak ditagih ke pemegang kartu utama saja. Agak susah kan ya?
  • Berbeda dengan BCA, layanan pembelian pulsa di ebanking Mandiri sudah berjalan dengan baik untuk semua provider kecuali Axis *entah kenapa cuma Axis doang yang ga ada dalam daftar pembelian pulsa* (hingga posting ini diterbitkan)

3. Ebanking Bank Negara Indonesia (BNI)

Tampilan ebanking BNI

  • Banyak digunakan nomer 3 setelah BCA dan Mandiri
  • Tidak browser friendly, berjalan baik di Firefox tapi tidak di Chrome (saya pengguna Chrome sih soalnya)
  • Belum ada layanan mobile ebanking
  • Login tidak mudah, sering kali kita harus mengulang submit data-data login hingga 2 kali baru deh bisa kebuka
  • Untuk layanan pembayaran kartu kredit sama halnya dengan BCA, lebih mudah karena setelah kita input nomer kartu kreditnya langsung keluar nama pemilik kartu kredit serta jumlah tagihan sehingga bisa langsung dibayar tanpa liat tagihan datang. Oh ya, untuk pengguna kartu tambahan, semua tagihan masuk ke tagihan kartu utama jadi cukup sekali bayar. Mudah ya Namun, sama kayak BCA ga ada pesan sudah dibayar nih, jika kita udah melunasinya :p
  • Untuk pembayaran tagihan handphone, BNI kurang enak. Mungkin tagihan beberapa provider bisa dengan mudah dilakukan, tapi tidak dengan pengguna Matrix. Entah kenapa muncul pesan klo kita harus menghubungi call center BNI dulu melalui handphone kita itu, ribeeeet ajaaaa…..
  • Untuk pembelian pulsa, yang ini sama kayak Mandiri, sudah berjalan baik untuk semua provider kecuali AXIS. Entah kenapa AXIS mungkin blum berteman baik dengan beberapa bank ya kayaknya :p

Kayaknya untuk sementara itulah beberapa hasil riset yang saya lakukan selama ini terhadap tiga layanan ebanking itu. Bagi yang ingin mulai mencoba, silahkan saja pilih mana yang menurut kalian lebih enak dan banyak bisanya