08
Nov '10

Review Buku Trilogi Zona

Zona @ Tsunami

Judul Buku : Zona @ Tsunami
Penulis : Dewie Sekar
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 384 Halaman
Harga : lupa
ISBN : 9789792216257

Mutiara, si copy writer benci tapi cinta sama Zona Dwiputra. Blom sempet bilang cinta, Zona harus ke Aceh dan nyatakan terkena tsunami disana. Mutia yang sebenernya cinta sama Zona akhirnya ke Aceh untuk mencari Zona.

Dalam pencarian itu, tergambar jelas dalam buku ini bagaimana Aceh kala itu. Sampe ikutan sedih membayangkan ceritanya. Mutia akhirnya bertemu dengan Ari yang ternyata saudara kembar Zona juga Sakti, si dokter cakep yang juga membantu korban tsunami.

Pencarian Zona memang ga gampang ternyata, dan Zona lebih memilih untuk menutupi keberadaannya, sampai akhirnya Zona menyadari kesalahannya namun semuanya merubah keputusan Mutia.

Awalnya agak tersendat baca nih buku, tapi sampe tengah ngebut deh bacanya sampe akhir. Diceritakan dengan banyak sudut pandang (dari berbagai tokohnya) tapi dibedakan dengan bab-bab juga font yang berbeda, sehingga kita ga dibuat pusing, ini yang cerita siapa.

Walau endingnya menurut saya agak mengecewakan saya, tapi saya suka ceritanya, saya suka cara Dewie Sekar menyampaikan ekspresi hingga kedalaman hati para tokohnya.

Perang Bintang

Judul Buku : Perang Bintang
Penulis : Dewie Sekar
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 400 Halaman
Harga : Rp. 43.000
ISBN : 9789792220636

Setelah baca Zona @ Tsunami, saya segera baca buku ini, berharap masih tentang Zona, taunya saya salah euy, ini udah beda lagi dari cerita kehidupan Zona. Tapi, Zona nyelip juga dicerita ini.

Bercerita tentang janda 1 anak, Rezia yang bekerja di kantor biro wisata, yang punya bos junior yaitu Wira Yudha Nugraha yang tak lain adalah anak dari bos besarnya sendiri yaitu Pak Nugraha. Karena Pak Nugraha sakit, lalu tampuk kekuasaan perusahaan sementara waktu diberikan pada Wira, dan sebagai sekertaris, Rezia wajib membantu Wira.

Wira yang digambarkan ganteng buanget ini akhirnya naksir Rezia yang 3 tahun lebih tua darinya. Buat Wira itu ga masalah, tapi buat Rezia itu masalah banget, apalagi status Wira yang masih bujangan.

Ceritanya hanya seputar perasaan Wira dan Rezia. Mungkin itu yang bikin ceritanya jadi membosankan menurutku.

Dewie Sekar, menulis dari sisi Rezia dan Wira, sama seperti buku sebelumnya. Dengan sudut pandang seperti ini memang membuat kita sebagai pembaca lebih ngerti kedalaman perasaan para tokohnya. Untungnya tokoh yang bercerita disini ga sebanyak yang di buku pertama, jadi ga sulit membedakan font-nya ya

Oke, selanjutnya saya pingin tau gimana perpaduan buku pertama dan kedua ini di buku selanjutnya. Mari lanjut ke Zona @ Last.

Zona @ Last

Judul Buku : Zona @ Last
Penulis : Dewie Sekar
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 349 Halaman
Harga : Rp. 48.000
ISBN : 9789792223774

Buku terakhir ternyata tidak semenarik buku pertama, Zona @ Tsunami. Buku kali ini sama kayak buku kedua, Perang Bintang yang boring di awal dan di tengah-tengah sampe akhir lumayan seru, walau endingnya sudah bisa ditebak.

Dari buku kedua, saya sudah bisa mengira buku ketiga ini akan mengulas tentang hubungan Nora dan Zona. Keunikan Nora akhirnya bisa menggetarkan hati Zona, walau ribet cinta mereka, tapi ujung2nya bersama jua *halah*

Dewie Sekar masih menulis dalam berbagai tokoh yang mengalir enak dan tau kedalaman hati mereka, para tokohnya. Hanya saja, mungkin Dewie harus mencoba membuat cerita di awal lebih menarik.