09
Dec '10

Cara Backup Apps Blackberry dengan Desktop Manager versi 6

Bagi semua yang sering menggunakan Desktop Manager Blackberry, pastinya udah ga asing lagi dengan aktivitas kayak backup atau restore data juga aplikasi untuk Blackberrynya. Awalnya pake Desktop Manager (DM) versi 5 bawaan CD yang dikasih dalem kotak Blackberry waktu kita beli, tapi setelah tau udah ada versi baru, saya coba aja untuk upgrade ke versi 6 tanpa banyak tau kalo ternyata DMnya beda banget tampilannya.

Nah, kebingungan melanda saya saat saya harus backup aplikasi, karena tutorial dari suhu BB saya disini, sudah tak sama lagi tampilannya. Jadi, setelah saya pusing kiri kanan, saya menemukan cara backup aplikasi untuk DM versi 6. Begini caranya :


Seperti biasa silahkan colok kabel data BB dan buka DM versi 6, setelah konek ke BBnya, di sudut kiri atas pilih Device lalu pilih Switch Device.

Maka akan muncul tipe BB yang sedang terhubung berikut pinnya, klik di keterangan BB tersebut.

Lalu akan muncul select optional data, untuk backup aplikasi (apps) silahkan conteng Third-party applications-nya saja, lalu pilih next.

Setelah itu proses backup dimulai, tunggu saja hingga proses backup selesai.

Jika sudah selesai, maka akan muncul pesan seperti ini, abaikan saja dulu. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencari file backup yang sudah disimpan. Jika menggunakan Windows XP bisa cari file backupnya di C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp atau di kolom address Windows Explorer, ketikkan %Temp% lalu cari folder NOMORPIN, misal pinnya 12345678 nah silahkan pindahkan folder itu ke tempat yang mudah ditemukan, bisa di desktop atau di MyDocument. Di dalam folder tersebut akan tersedia nomerpin.alx itulah file backupnya.

Caranya mudah kan? Semoga bisa membantu semuanya dan memudahkan kita untuk upgrade OS Blackberry