14
Feb '11

Mengamalkan 3M untuk Kehidupan Selanjutnya

Masih inget kan dengan istilah 3M yang diperkenalkan Aa Gym?
1. Mulai dari diri sendiri
2. Mulai dari hal kecil
3. Mulai sekarang

Ketiga hal itu saya tulis dengan post it lalu saya tempel di depan kaca meja rias saya sewaktu masih kuliah hingga sekarang, dengan tujuan agar saya selalu inget akan apapun impian saya waktu itu. Hingga saat ini post it tersebut tidak dibuang oleh ibu saya walau saya sudah menikah dan tidak lagi menempati kamar di rumah ibu saya.

Sepertinya ketiga hal itu sepele sekali ya, tapi coba kita kaitkan dengan isu lingkungan saat ini, mungkin akan sedikit lebih sulit untuk diterapkan jika kita tidak coba menghitung-hitung apa yang akan terjadi nanti dengan bumi ini.

Cuaca sekarang yang tidak menentu, pencemaran dimana-mana, harusnya saat inilah 3M itu bisa kita lakukan untuk kehidupan selanjutnya. Dulu, kita masih bisa memperkirakan musim dengan bulan. Kata ibu saya, klo bulannya udah berakhiran ‘ber’ (maksudnya oktober, september, november, desember) itu berarti musim hujan, mungkin itu berlaku dulu, tapi saat ini hitungan kayak gitu ga berlaku lagi, malah bulan-bulan itu kita bisa mendapati matahari lagi seneng-senengnya bersinar bahkan sampe ga turun hujan.

Siapa yang akan menjaga lingkungan kita kalo bukan kita sendiri, iya kan?
Lalu, saya coba untuk bisa memulai semuanya dari hal kecil yang saya bisa lakukan untuk bumi tercinta ini, seperti :
1. Mengurangi penggunaan kantong plastik.
Kayaknya udah banyak ya kalo di mall-mall kantong plastik diganti dengan semacam shopping bag yang bisa digunakan terus-menerus, atau paling tidak menggunakan plastik yang sendirinya akan rusak dalam jangka waktu 2-3 bulan (kayak di Carrefour, Gramedia). Lah, klo belanja di pasar tradisional? Jangan harap bisa dapet plastik kayak gitu, apalagi shopping bag keren, yang ada plastik atau kantong kresek warna item, klo ga merah, biru atau bahkan putih biasa. Tiap belanja cabe, diplastikin, belanja kangkung plastiknya beda lagi. Maka, semakin banyak belanjaan akan semakin banyak pula plastiknya.

keranjang pasar

– Untuk mengurangi banyaknya plastik itu, coba deh beli keranjang belanjaan yang lumayan muat untuk belanjaan ibu-ibu klo ke pasar.

tas buku dari Gagas Media

– Untuk belanja buku nih. Karena saya ga bisa jauh-jauh dari buku, paling enak bawa semacem tas (bisa dari kain) yang lumayan besar untuk belanjaan buku ini. Selaen lebih enak dibawa juga mengurangi penggunaan plastik.

2. Buang sampah pada tempatnya.

Kayaknya udah hapal bener deh nih kalimat. Cuma ga banyak dari kita yang ngerti bahwa penting banget untuk kita membuang sampah pada tempatnya. Sebagian dari kita masih menganggap ini hal yang sepele. Tapi, justru hal sepele inilah yang bisa membangun kota kita jadi lebih bersih, bumi kita lebih segar nantinya. Coba deh, jangan buang sampah sembarangan di tempat umum. Klo abis makan di mobil, bisa kumpulin dulu terus ntar dibuang ke tempat sampah. Klo di rumah, bisa pisahin mana yang sampah organik dan yang no-organik.

3. Coba Sepedaan dan ga usah bakar membakar
Karena semakin hari semakin banyak kendaraan di kota tercinta ini, maka akan semakin banyaklah asap-asap yang bikin polusi meningkat. Klo perlu kemana-mana yang deket, coba jalan kaki aja deh atau ga sepedaan, biar sehat pula itung-itung olahraga. Satu lagi, buat yang hobi bakar membakar sampah (kayak tetangga depan rumah saya), coba deh dikurangi. Sampahnya, bisa langsung kasih ke tukang sampah kan ya, ga perlu dibakar. Selaen tetangga yang laen ga batuk-batuk dengan asapnya, jemuran tetangga kan juga jadi ga bau asap

4. Punya halaman di depan rumah atau di belakang rumah? Tanamilah sesuatu.

Alaya ikutan bercocok tanam

Saya sebenernya orang yang ga suka bercocok tanam, cuma sifat ini beda banget sama orangtua saya yang sukaaa banget sama tanam-menanam. Kadang dengan malas saya ngikutin keinginan mereka untuk tanam ini dan itu di rumah, tapi akhirnya saya ngerti klo semua itu untuk mengajarkan kita tetap dekat dengan alam, dekat dengan tumbuhan. Apapun tanamannya, coba tanamlah, mau itu buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Lumayan kan, dengan itu kita bisa menghirup udara yang lebih baik

Hal-hal mudah diatas dengan gampang bisa kita lakukan klo kita mau kok. Saya pikir itu hal kecil yang akan berdampak besar dikemudian hari. Percayalah…. Percayalah

Sedikit aja usaha kita, akan berarti banyak buat kehidupan kita nantinya