14
Feb '11

Mengamalkan 3M untuk Kehidupan Selanjutnya

tas buku dari Gagas Media
tas buku dari Gagas Media
tas buku dari Gagas Media

keranjang pasar

– Untuk mengurangi banyaknya plastik itu, coba deh beli keranjang belanjaan yang lumayan muat untuk belanjaan ibu-ibu klo ke pasar.

tas buku dari Gagas Media

– Untuk belanja buku nih. Karena saya ga bisa jauh-jauh dari buku, paling enak bawa semacem tas (bisa dari kain) yang lumayan besar untuk belanjaan buku ini. Selaen lebih enak dibawa juga mengurangi penggunaan plastik.

2. Buang sampah pada tempatnya.

Kayaknya udah hapal bener deh nih kalimat. Cuma ga banyak dari kita yang ngerti bahwa penting banget untuk kita membuang sampah pada tempatnya. Sebagian dari kita masih menganggap ini hal yang sepele. Tapi, justru hal sepele inilah yang bisa membangun kota kita jadi lebih bersih, bumi kita lebih segar nantinya. Coba deh, jangan buang sampah sembarangan di tempat umum. Klo abis makan di mobil, bisa kumpulin dulu terus ntar dibuang ke tempat sampah. Klo di rumah, bisa pisahin mana yang sampah organik dan yang no-organik.

3. Coba Sepedaan dan ga usah bakar membakar
Karena semakin hari semakin banyak kendaraan di kota tercinta ini, maka akan semakin banyaklah asap-asap yang bikin polusi meningkat. Klo perlu kemana-mana yang deket, coba jalan kaki aja deh atau ga sepedaan, biar sehat pula itung-itung olahraga. Satu lagi, buat yang hobi bakar membakar sampah (kayak tetangga depan rumah saya), coba deh dikurangi. Sampahnya, bisa langsung kasih ke tukang sampah kan ya, ga perlu dibakar. Selaen tetangga yang laen ga batuk-batuk dengan asapnya, jemuran tetangga kan juga jadi ga bau asap

4. Punya halaman di depan rumah atau di belakang rumah? Tanamilah sesuatu.

Alaya ikutan bercocok tanam

Saya sebenernya orang yang ga suka bercocok tanam, cuma sifat ini beda banget sama orangtua saya yang sukaaa banget sama tanam-menanam. Kadang dengan malas saya ngikutin keinginan mereka untuk tanam ini dan itu di rumah, tapi akhirnya saya ngerti klo semua itu untuk mengajarkan kita tetap dekat dengan alam, dekat dengan tumbuhan. Apapun tanamannya, coba tanamlah, mau itu buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Lumayan kan, dengan itu kita bisa menghirup udara yang lebih baik

Hal-hal mudah diatas dengan gampang bisa kita lakukan klo kita mau kok. Saya pikir itu hal kecil yang akan berdampak besar dikemudian hari. Percayalah…. Percayalah

Sedikit aja usaha kita, akan berarti banyak buat kehidupan kita nantinya