19
May '11

Apa yang salah dengan ‘kritik’?

Ketika kita mendengar atau membaca kalimat dengan sebutan ‘kritik’, apa yang harus dilakukan dan apa yang kalian rasakan?

Menurut wikipedia :
Kritik adalah masalah penganalisaan dan pengevaluasian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan.

Kebiasaan untuk mengkritik memang mungkin tidak dimiliki oleh setiap orang, tapi tidak dengan saya. Saya biasa berkomentar baik dan buruknya sesuatu hal, entah itu cara berpakaian, tentang buku yang saya baca, tentang film yang saya tonton dan tentang banyak hal. Saya terbiasa dengan mudah memberikan komentar baik di blog maupun di sepanjang 140 karakter yang disediakan twitter. Tapi, kita harus sadar bahwa ternyata masih ada yang belum bisa menerima kritik dengan senyum

Dari sikap seseorang setelah mendengar kritikan kita lantas bisa menilai, mana yang terlihat bisa menerima dan mana yang tidak. Dan atas sikap dari penerimaan itu pula lah, seseorang dinilai. Yang nilainya baik, maka akan lebih mudah punya banyak teman dan yang nilainya buruk, saya rasa akan banyak yang mundur teratur.

Kritik yang datang bisa saja terdengar keras dan tajam, tapi cobalah untuk belajar menerima itu semua dengan bijak. Jadikan itu sebagai sesuatu yang memompa semangat kita untuk lebih baik. Tariklah kesimpulan atas sebuah kritik untuk menjadi saran yang mampu diterima dengan senyum