Buku Bacaan Ramadhan 2011 (1432H)

Besok, insya Allah udah mulai puasa Ramadhan 1432 H, maaf lahir bathin ya semuanya…
Semoga kita memulai puasa dengan hati yang bersih sampai bertemu dengan hari yang fitri membuat kita kembali putih :) amiiiin….

Melanjutkan ritual bulan puasa tahun lalu, tahun ini saya juga mau berbagi kira-kira buku apa aja yang mau saya baca di bulan puasa kali ini. Ga banyak-banyak kok, mungkin cuma 4 buku saja, syukur-syukur kalo 4 buku ini bisa saya baca semua di bulan puasa ini tanpa meninggalkan amalan ibadah wajib dan sunah lainnya ya, mengingat saya masih punya PR 2 buku yang harus sudah saya baca dalam 2 minggu ini :p

Sebagai kutu buku pembaca buku yang punya target baca per tahun saya merasa selalu terpompa semangatnya untuk terus bisa baca dan baca buku, apalagi waktu puasa ini, rasa malas dan ngantuk semoga bisa diusir dengan banyak membaca selain mengaji Al-Quran ya tentunya :)

Baiklah, ini daftar 4 buku yang saya masukkan dalam daftar baca bulan puasa ini.

Buku, buku dan buku
Buku bacaan di bulan puasa
  1. Rumah Seribu Malaikat. Yuli Badawi. Hikmah Publishing House.
  2. Pesantren Dongeng. Awang Surya. Mizan.
  3. Alena. Ifa Avianty. Mizania.
  4. Cinta Suci Zahrana. Habiburrahman El-Shirazy.

Buku-buku tersebut diatas udah beberapa bulan lalu saya beli, jadi tinggal pilih aja mana yang mau dibaca :D Untuk buku Kang Abik yang nomer 4, bukunya sih sebenernya lagi dipinjem, jadi semoga saja dibalikin waktu masih bulan puasa ya.

Semoga bulan puasa kali ini ibadah kita lebih baik dari puasa tahun kemarin ya. Amiiiin :)

Review Buku 11 Patriot

Sebelas Patriot

Judul Buku : Sebelas Patriot
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Jumlah Halaman : 108 Halaman
Harga : Rp. 39.000
ISBN : 9786028811521

Kalo sebutan untuk fansnya Real Madrid namanya Madridistas, nah kalo PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) namanya apa? Andrea Hirata menyebutnya Patriot. Patriot PSSI!

Apa yang ada dalam benak kita jika mendengar kata ‘patriot’? Pahlawan!
Seperti itulah yang ingin dituturkan Andrea Hirata di novel keenamnya ini. Andrea Hirata menawarkan cerita yang saya pikir akan bernilai nasionalisme, tentang betapa mencintainya Ikal dengan PSSI dan sepak bola.
Ya, memang ada nasionalisme yang tergambar jelas dalam buku ini, namun ternyata tidak sebesar ekspektasi awal saya terhadap buku ini.

Diceritakan Ikal akhirnya mengetahui jika Ayahnya adalah seorang pemain sepakbola, lebih tepatnya pemain sayap kiri berbakat yang harus mundur karena pada saat itu (jaman penjajahan Belanda) ditentang oleh Belanda dan Ayah Ikal harus menerima semuanya. Ikal mengetahui hal tersebut karena sebelumnya melihat foto sang Ayah sedang memegang piala dan memakai pakaian sepakbola. Sejak saat itu Ikal bertekad ingin menjadi pemain junior PSSI, namun gagal.

Saya selalu salut kepada Andrea Hirata yang mampu mengemas tulisannya dengan gaya melayu jenaka dan penuh dengan kata-kata bijak yang memompa semangat para pembaca. Tak usahlah diragukan lagi kepiawaian seorang Andrea Hirata kalo soal itu. Buku-bukunya akan selalu bisa dinikmati dan ditunggu-tunggu para pembacanya. Apalagi saat dituliskan pelatih Toharun melatih Ikal cs dengan filosofi buah-buahan, menarik sekali. Apalagi ditambah dengan korelasi antara pantat dengan kemahiran bermain sepakbola, benar-benar bikin saya ketawa sendiri.

Read more

Review Film Catatan Harian si Boy

Catatan Harian si Boy

Judul Film : Catatan Harian si Boy
Sutradara : Putrama Tuta
Pemain : Ario Bayu, Carrisa Putri, Poppy Sovia, Abimana Setya, Albert Halim, Onky Alexander, Didi Petet
Produksi : 700 Pictures
Durasi : 98 menit

Sungguh saya kangen nonton Catatan si Boy yang legendaris itu, pas denger akan dibuat filmnya, langsung semangat banget deh. Pas tanggal 1 Juli 2011, saya langsung ngecek 21cineplex.com untuk tau jadwal pemutaran filmnya, dan…. saya kecewa karena di Palembang cuma di puter di Internasional Plaza (IP) saja.

FYI ya, di Palembang sekarang ada 2 tempat nonton, ya di IP sama di Palembang Indah Mall (PIM). Nah, yang paling enak itu di PIM, emang sih HTMnya lebih mahal dikit, cuma lebih dingin, lebih nyaman dan lebih enak deh pokoknya. Saya, Mbak Ira dan Suzan akhirnya bela-belain deh menurunkan sedikit gengsi untuk nonton di IP demi melihat aktingnya Ario Bayu dkk ini.

Bercerita tentang pencarian Boy (Onky Alexander) oleh Natasha (Carrisa Putri) yaitu anak dari Nuke yang diceritakan sedang sakit parah dan hampir meninggal sambil terus mendekap catatan harian milik si Boy itu. Lantas, Natasha berusaha untuk mencari tau keberadaan Boy, dalam proses pencarian itulah Natasha bertemu dengan Satrio (Ario Bayu) dan ketiga sahabatnya, Andi, Heri dan Nina (Poppy Sovia), pemilik bengkel dimana Satrio, Heri dan Andi bekerja.

Satrio akhirnya membantu Natasha untuk mencari si Boy, mulai dari mencari tau lewat Emon (Didi Petet) sampe ke adeknya Boy sendiri. Masalah sebenernya bukan cuma mencari si Boy yang ternyata udah beda banget sama yang dulu, tapi juga pacar Natasha, si Nico juga masalah buat Satrio dkk. Nico cemburu sama Satrio. Biasa deh, klo cemburu semuanya bisa kejadian. Berantem sampe mobil dan bengkel milik Nina pun hancur karena cemburunya Nico pada Satrio.

Read more

Review Buku Narasi Romantis

Narasi Romantis

Judul Buku : Narasi Romantis
Penulis : Amril Taufik Gobel
Penerbit : Daeng Battala Publishing
Jumlah Halaman : 149 Halaman
Harga : Rp. 46.500

Saya dapet buku ini langsung dari sang penulis, Mas Amril bulan lalu. Jujur ini kali pertama saya membaca buku beliau. Ternyata….. Mas Amril ini romantis loh :)

Buku ini memang kumpulan cerita pendek yang berbau romantis. Dari kata-kata di semua cerpen dalam buku ini terasa banget romantisnya, berasa kayak baca kata-kata pujangga cinta *halah* :D
Kalo liat dari orangnya secara fisik, mungkin kalian ga pernah berfikir Mas Amril ini romantis banget, coba deh kalian baca blognya dan baca buku ini, beeuuuh… bisa klepek-klepek deh tuh sama uraian kata-kata manis nan romantis.

Ada 16 narasi romantis dalam buku ini yaitu :
1. Menyapamu di Ruang Rindu
2. Balada lelaki Petang Temaram dan Perempuan Kilau Rembulan
3. Kinanti Menanti Janji
4. Perempuan yang Menghilang di Balik Hujan
5. Tentang Cinta, Pada Tiada
6. Kesempatan Kedua
7. Tentang Dia, Yang Membawa Kelam dihatinya
8. Biarkan Aku Mencintaimu Dalam Sunyi
9. Luka Sang Bidadari
10. Pengantin Mata Biru
11. Takdir Cinta
12. M.F.E.O
13. Salju di Kyoto
14. Bintang di Langit Hati
15. Seorang Pelacur dan Supir Taksi
16. Asmara Suatu Ketika
Liat aja dari semua judulnya berasa banget ya ga jauh dari cinta :D

Aku kembali lagi disini, perempuanku.
Pada tempat dimana semua kenangan itu pernah berasal
Juga ketika kehilangan itu berawal

Saya suka sekali dengan cerita pertama dan terakhir. Gaya penulisan Mas Amril emang bagus, terlihat menarik untuk dibaca lembar demi lembar. Beberapa pengulangan kata menguatkan cerita yang ada. Saya terpukau dengan kata-kata yang tertulis dalam buku ini, benar-benar seperti penyair, dimana saya menemukan banyak kata yang jarang saya dengar dan saya lihat dalam sebuah novel.

Read more

Nyobain Google+ (Google Plus)

Dari 2 hari yang lalu udah heboh banget nih Google+ (Google plus).

Apaan sih Google+ ?
Google+ adalah aplikasi terbaru dari Google yang kegunaannya hampir sama kayak Facebook.

Profile di Google+
Profile di Google+

Bedanya?

  1. Google+ ga pake ‘like’ tapi +1
  2. Google+ pake yang namanya ‘cicrle’ yaitu lingkaran pengelompokan teman yang bisa dibuat semau yang punya akun. Misal, circlenya ‘Friends’, ‘Family’, dll. Sehingga, kita bisa update status bisa di setting yang bisa liat status kita itu circle mana aja, jadi ga semuanya bisa liat.
  3. Google+ cuma bisa buat yang punya akun Gmail
  4. Google+ sejauh ini baru bisa kalo punya undangan (invitation) dari temen kita yang udah bergabung duluan
  5. Google+ bisa share tulisan dengan format font, misal miring, tebal dan coret :D
  6. Google+ blom rame, jadi masih bersih dari ke-alay-an dan tagging dari online shop

Google+ vs Facebook
Google+ vs Facebook

Sejauh ini sih Google+ masih baru, jadi belom bisa dipastiin bisa mengalahkan Facebook seperti yang diprediksikan beberapa orang. Tapi, karena kekuatan Google, saya rasa bisa aja orang lebih enjoy berada di Google+ ini dibanding Facebook. Karena dengan 1 akun Gmail, udah banyak banget

Jadi, mau nyoba Google+ ? Ntar saya invite deh….. :)