Review Komik 5 cm

cover komik 5 cm
cover komik 5 cm

Judul Buku : Komik 5cm
Penulis : Donny Dhirgantoro
Desain cover & ilustrasi : Is Yuniarto & Azisa Noor
Penerbit : Grasindo
Jumlah Halaman : 176 Halaman
Harga : Rp. 45.000
ISBN : 9789790815926

Masih inget sama Novel 5cm? Udah lama emang novelnya keluar, jadi best seller dan entah sekarang udah cetakan keberapa. Jaman itu, saya cuma bisa minjem aja novelnya di salah satu taman bacaan deket sekolah. Adek saya baca dan nge-fans abis sama novel 5cm ini, dan akhirnya dia pun beli novelnya.

Entah karena memang adek saya suka naek gunung dan kebetulan ceritanya bersetting di Mahameru, yang paling saya suka adalah pesan moral yang ada dalam novel ini. Sungguh membawa kita pada semangat nasionalisme, cinta tanah air dan yang pasti kegigihan mencapai cita-cita juga impian tapi tak lepas dari persahabatan. Apa coba yang kurang dari novel ini, iya kan? Saya mungkin punya nilai sendiri, entah kenapa saya kurang suka aja endingnya, kurang ‘dapet’ pengennya saya (siapa saya, ya suka-suka penulisnya dong ya ).

Setelah berhasil dengan novelnya, akhirnya diterbitkan lah komiknya dengan judul yang sama “Komik 5 cm”. Pas nemu kemaren di Gramedia, saya langsung bawa aja ke meja kasir tanpa pikir panjang karena saya udah suka banget sama novelnya, ekspektasi saya komik akan sama baiknya atau bahkan bisa lebih baik dari novelnya.

Read More

Bersiap untuk Tuan Rumah Sea Games 2011

Logo Sea Games 2011
Logo Sea Games 2011

SEA GAMES tahun ini tuan rumahnya Palembang dan Jakarta loh, tau kan? kan? kan? Saya sendiri sebagai orang Palembang menyambut hal ini dengan riang gembira, kenapa ga? akan ada banyak wisatawan luar dan juga domestik di akhir tahun ini yang bakal nonton Sea Games, hotel-hotel penuh, tempat-tempat belanja akan lebih banyak dikunjungi, yang seneng siapa? kita juga kan, saya juga sebagai warga Palembang. Keriang-gembiraan saya diawal ternyata harus sedikit pupus oleh berita-berita ga enak dari pemerintah kita sendiri soal Sea Games ini. Acaranya blom juga mulai apalagi kelar, eh udah ada kasus korupsinya Nazarudin. Wisma atlet dan beberapa venue belum kelar hingga sekarang (saat saya publish tulisan ini) padahal udah tinggal 2 bulan lagi. Oke lah ya, saya ga akan bahas gimana ceritanya Nazarudin bisa mengambil dana segitu besar dari negara, biarlah pihak KPK dari pemerintah saja yang pusing mikirin itu semua. Sebenernya saya sendiri bosan mendengar berita korupsi yang terlihat seperti ga pernah ada habisnnya.

Terlepas dari pendanaan yang dikorupsi, yang ternyata belum keluar untuk Sea Games ini, saya rasa pemerintah Palembang sendiri harusnya bisa lebih kreatif dalam mengajak masyarakat Palembang lebih semangat menyambut Sea Games di kota ini. Saya merasa pemerintah daerah sendiri ga kreatif dalam menciptakan suasana menyambut Sea Games ini. Bendera semua negara yang ikutan Sea Games berdiri di tiap gedung dan perkantoran, tapi apa… masangnya kelamaan, udah keburu kotor semua tuh benderanya. Pasang spanduk/banner gitu di tiap titik segede gaban dan diganti tiap beberapa bulan, kenapa sih harus buang duit untuk bikin spanduk/banner trus diganti tiap berapa bulan? coba ya duit yang ternyata ga seberapa banyak yang ada itu dibuat kayak sovenir maskot si modo-modi itu, dijual dijalan, dihimbau untuk dibeli dan dipasang di mobil mungkin, trus bikin stiker kek. Sampe sekarang ya, saya blom nemu yang jual maskot Sea Games 2011 itu di Palembang raya ini.

Modo Modi
Modo Modi

Read More

Anten-Anten Nunggu Buko 2011

Temen-temen sekalian, daripada males-malesan bulan puasa gini, mending ikutan Anten-Anten Nunggu Buko yok. Jadi, acara ini semacem talkshow, sharing gitu. Berikut info kegiatannya ya :

ANTEN-ANTEN NUNGGU BUKO 2011
Tema: “Komunitas, Media dan Teknologi”
Bersama Onno W Purbo
Kamis, 18 Agustus 2011
Pukul 13.00 – 19.00

Aula Lantai 3 RSAB Az Zahra
Jl. Hasan Kasim No.1-2, Bkt Sangkal, Palembang

Susunan Acara :
13.00 – 14.30 : Akademi Berbagi, kelas tehnik security oleh Onno W Purbo
14.30 – 15.00 : Pembukaan acara Anten-Anten Nunggu Buko 2011
15.00 – 16.15 : Talkshow 1 : “Media Baru & Komunitas”
(Narasumber: Ardy Hidayat (Ketua Komunitas Blogger Wongkito), DetikCommunity, APJII / Relawan TIK Indonesia. Fasilitator: Onno W. Purbo)
16.15 – 17.30 : Talkshow 2 : “Cipta Media Bersama”
(Narasumber: AJI, Wikimedia Indonesia, ICT Watch, Ford Foundation. Fasilitator: Onno W. Purbo)
17.30 – 18.30 : Buka puasa dan ramah tamah

Karena tempat terbatas, pendaftaran langsung bisa mention @dreeva atau @itikkecil di Twitter atau kirim email ke nike [at] wongkito.net. Mohon yang mendaftar yang benar-benar bisa menghadiri acara ini ya, konfirmasi kehadiran kami tunggu hingga tanggal 13 Agustus 2011.

XL BIS Bizz, layanan sip juga irit

Dengan kemajuan teknologi yang sedemikian cepat, gadget pun kerasa cepet banget berasa tua ya.
Tua, maksudnya?
Iya, beli gadget yang paling baru eh ga lama udah ada lagi yang paling canggih.
Masih inget kan henpon sejuta umat jaman dulu kala? iya, itu si nokiyem
Lah sekarang, henpon sejuta umat sedikit lebih naek pamornya, yaitu Blackberry atau biasa disebut orang BB.
Saking pengen eksis dan dibilang ngikutin perkembangan zaman, semua orang kerasa berlomba-lomba punya BB, entah tipe mana aja yang penting punya BB aja gitu.

Seorang sepupu yang masih SMP sampe-sampe merengek minta dibeliin BB hanya biar bisa BBM (Blackberry Messanger)-an. Ya, karena orangtuanya tajir, ya dibeliin deh tuh, karena gengsi (biar bapaknya juga berasa ngikut teknologi terkini gitu). Oke, kita lupain soal gengsi2 itu ya. Si adek sepupu akhirnya bertanyalah pada saya, gimana caranya biar bisa BBM-an. Ya… saya bilang mesti ada pulsanya lah. Setelah ada pulsa harus registrasi untuk pemakaian BIS (Blackberry Internet Service) abis itu langsung bisa dipake deh. Setelah saya kasih tau gitu, ternyata dia cepet ngerti dan semuanya beres.

Eh, ternyata seminggu berikutnya saya justru dimintain tolong untuk registrasi buat bapaknya sepupu tadi. Akhirnya si oom beli BB juga, katanya biar bisa BBM-an sama anaknya Kalo si anak pengennya cuma biar bisa BBM-an, si oom justru pengen ditambah biar bisa nerima email karena kadang-kadang kerjaannya butuh cek email dengan cepat.

Fyi, buat yang blom tau, BIS itu bisa macem-macem ya, bisa cuma aktifin yang layanan chatting aja (termasuk BBM, YM), layanan Push Email, Social Networking (FB, Twitter) dan Internet Browsing. Jadi kalo mau aktifin semuanya bisa pake yang namanya full service, tapi kalo cuma dipake buat chat dan email aja mending aktifin yang diperluin aja. Kenapa? Ya yang pasti lebih irit, ga perlu isi pulsa sebanyak kalo kita aktifin full service.

Read More