Lesung Pipi, Cacat yang Jadi Anugerah

Hari itu saya baca buku yang menyebutkan ‘lesung pipit’, saya pun akhirnya bertanya pada semua temen-temen di Twitter :

nanya lesung pipi

Saya yakin yang bener itu adalah lesung pipi bukanlah lesung pipit. Entah kenapa masih banyak saja yang bilang ‘lesung pipit’, termasuk juga buku yang saat itu sedang saya baca. Saya juga akhirnya mengetik kata kunci lesung pipi di Google, dan ternyata… memang masih ada yang menyebutkan lesung pipit.

hasil googling

Akhirnya, beberapa temen menjawab pertanyaan saya via twitter tadi dengan jawaban yang sama, LESUNG PIPI. Nah, jawaban seorang temen justru ada tambahan seperti ini :

twitnya @da_carola

abnormal? akhirnya dibalas juga sama @indahonly :

twitnya @indahonly

Nah loh, saya baru tau kalo ternyata lesung pipi ini masuk kategori cacat alias abnormal. Lanjut, akhirnya saya cari tau soal cacat yang dimaksud Indah. Dulu, saya pernah bertanya pada Mama saya gimana caranya biar punya anak yang ada lesung pipinya? Jawabannya, ‘Mama ga tau’. Dan saya menemukan artikel ini :

Seperti dikutip dari NCTimes, Dr Joel Pessa, seorang ahli bedah plastik di University of Texas Health Science Center dalam makalah yang diterbitkan jurnal Clinical Anatomy tahun 1998, menuturkan lesung pipit disebabkan oleh kecacatan dari otot zygomaticus utama.

Lesung pipit yang muncul pada wajah seseorang diakibatkan oleh otot zygomaticus utama yang lebih pendek daripada ukuran sebenarnya atau otot ini terbelah menjadi dua, kondisi ini menyebabkan adanya lekukan pada pipi.

Ya, dalam artikel tersebut pun tertulis ‘lesung pipit’ Saya baru tau kenapa yang namanya lesung pipi itu ga bisa dibuat oleh manusia (secara alami), wong itu kan emang ketidaknormalan, ya siapa yang mau coba punya anak/bayi yang ga normal, ya kan? Nah, mungkin untuk yang satu ini cacat yang ada malah menjadi anugerah karna membuat si empunya lebih manis/cakep (kata orang-orang loh ya :p).

Foto bareng Indah

Dan ternyata, ga sedikit juga yang bertanya gimana caranya buat lesung pipi, bahkan ada yang ingin operasi untuk membentuk lesung pipi loh.

operasi lesung pipi

Akhirnya, saya mengaitkan keabnormalan ini pada kemungkinan karena saya lahir hanya dengan 8 bulan dikandungan Mama. Mungkin kah juga karena itu salah satu penyebab belum sempurnanya janin?

20 thoughts to “Lesung Pipi, Cacat yang Jadi Anugerah”

  1. lesung pipi itu cacat ? I love someone who has it … itu membuat seseorang jadi keliatan cute, hahahaha …
    aku punya satu, di kiri, pengen punya dua kaya’ nike

  2. yg aneh itu justru kenapa punyamu masih disebut lesung pipi? sebab, lesung kan buat numbuk padi kalo di jawa. padahal, kamu kan orang palembang?

    *siap2 ditabok.

  3. bhahaha aku baru nyadar kalo Nike yg manis itu oleh sebab lesung pipi, baru sadar kalo ternyata Nike punya lesung pipi. Tapi kayaknya bukan karena lahir di usia kehamilan 8 bulan deh. Karena setau aku, segala fusi dan segala pembentukan wajah itu telah selesai di trimester pertama.

    Dan aku jg pernah denger mitos nih, kalo pengen anak punya lesung pipi, waktu bayinya pipi si bayi sering-sering ditusuk-tusuk pake cabe rawit hehehe

  4. Wah aku juga punya lesung pipi, tapi cuma sebelah mbak

    nice info loh mbak, baru tau kalo lesung pipi itu ternyata suatu hal yang abnormal. ^^

    pertama komen di blognya mbak nih

  5. Nice info nih, br tau kalo lesung pipi sebenarnya abnormal…gue ada dua di kiri kanan, tapi kayaknya ini gejala turunan Ɣªª, secara mama gue dan anak gue Ɣαηƍ msh bayi jg punya lesung pipi hehehe

  6. . berarti waktu aku jatuh itu anugrah..
    coz, gara* aku jatuh pipi aku jd ada lesung pipi nya…
    waduh* sesuatu banget…
    hoho ..,/

  7. aku juga punya kak tapi ini sepertinya memang genetik dari ayahku. Beliau juga berlesung pipi soalnya..
    amiiiiiiiiiiiiiiiiiinn yang punya lesung pipi dikatain manis amiiiiiiiiiiiiiin hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.