12
Nov '11

Meriahnya Opening Ceremony SEA Games 2011

Rasanya seneng banget mendengar kabar dari Adit kalo temen-temen Wongkito bisa ikut opening ceremony SEA Games 2011. Kami berkumpul malah sebelum sholat jumat di rumah Mbak Ira. Setelah sempat disuguhi makan siang nan nikmat akhirnya kami beranjak ke stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring. Gate dibuka pukul 15.00 dan sampai disana, udah rame banget dan parkirannya ya lumayan jauh dari stadion.

sebelum masuk ke stadion Gelora Sriwijaya

sebelum masuk ke stadion Gelora Sriwijaya

Setelah sempet foto-foto bentar di depan, akhirnya kami semua masuk melewati cek tiket dan pemeriksaan. Dari depan gerbang, masih harus jalan lagi menuju stadion Gelora Sriwijaya, tapi ternyata memang sudah banyak disediakan sepeda fixie, becak dan angkutan umum, karena emang ga terlalu jauh, ya mending jalan aja, apalagi acara masih lama banget dimulai.

invitation media

Karena dapet undangan media, jadi kami ber-20 itu dapet tempat di tengah, depan panggung, disisi kiri tempatnya Bapak Presiden. Ya, namanya undangan media ya, yang ada di tempat kami itu semuanya para wartawan, baik wartawan lokal, nasional sampe negara asia tenggara lainnya. dari yang cuma pake kamera kecil sampe yang segede bakul kayaknya ya cuma kita aja yang buat rusuh disana, yang laen pada adem ayem motret-motret gitu.

Mulai jam 17.00 udah ada tarian dan juga lagu-lagu dari XO IX, Elfa’s Singer juga dari lagu-lagu nasional dari Bina Vokalia. Lumayan, yang saat itu udah di dalem stadion jadi ada hiburan. Nah, mulai jam segini juga sinyal provider yang katanya sponsor resmi itu mati total. Yang tadinya saya masih bisa nge-twit di luar stadion, sampe di dalem hp semua saya taruh dalem tas saking keselnya ga ada sinyal.

giant screennya

Jam 18.00 mulai masuk Indra Bekti dan Nirina Zubir yang akhirnya menemani penonton yang sudah memenuhi stadion Gelora Sriwijaya. Lighting udah pada nyala, big screen yang keren nan gede sangat itu juga udah nyala. Sampe jam 19.00 acara dimulai, tepat setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan istri masuk dan menduduki singasananya. Bendera Merah Putih dikibarkan, Indonesia Raya dinyanyikan. Kembang api muncul sebagai ucapan selamat datang, keren banget! Saya sampe melongo liat kembang api segitu bagusnya.

Kembang apinya

Dilanjutkan dengan tarian yang menceritakan Palembang dan Musi oleh 4000 penari. Bayangin deh, penarinya banyak banget. Saya baru kali ini menyaksikan tarian luar biasa dengan cerita yang dibuat sedemikian rupa menggambarkan kehidupan di Kerajaan Sriwijaya. Ditambah lagi kapal yang seolah-olah melewati Sungai Musi itu, keren banget. Menjura deh sama koreografernya. Belum lagi sama banyaknya penari-penari itu ya, dengan kostum keren, tata cahaya nan apik, musiknya juga bagus. Saya merasa Palembang itu kaya banget sama budaya.

tarian yang keren itu

Dilanjutkan dengan lagu apa gitu ya, dari Agnez Monica dan 2 diva asal negara lainnya. Suara dan lagunya bagus banget, tapi saya dan yang lain kayaknya ga bisa ngeliat muka Agnez Monica yang cantik itu dari tempat duduk kami, jauhnya…. jadinya ngeliat mereka yang dipanggung gede dan bisa maju sendiri (ndeso deh sayah) itu mesti pake handycam :p Lanjut sama tarian bercerita soal sepak bola oleh 1000 anak-anak yang salto-salto gitu di lapangan. Tiba-tiba big screen (apa giant screen yak?) menampilkan skor kayak pertandingan bola beneran, sampe kegembiraan mereka waktu GOOOOAAAL

panggung keren itu

panggung keren itu

Tiba-tiba hujan mulai turun, semua pada ngambil sesuatu dalam goodie bag yang sudah disediakan. Ya, sudah ada jas hujan dan payung, semua menggunakan jas hujan dan payung saat semua kontingan dari 11 negara SEA Games melewati lapangan Gelora Sriwijaya disertai mobil hias landmark setiap negara. Bapak Menpora, Andi Malarangeng dan Ketua INASOC pun rela berbasah-basah mengucapkan kata sambutan. Sayangnya, Pak SBY ga ikutan basah-basahan ya dibawah :p Top banget deh buat semua atlet yang rela hujan-hujanan juga penonton yang masih ditempat. Apalagi ketika Tantowi Yahya memanggil kontingan Indonesia, semua berteriak kencang sambil tepuk tangan “INDONESIA….” Rasanya tidak ada yang lebih menyenangkan ketika melihat para pahlawan olahraga kita tersenyum mendengar kobaran semangat dari penonton semua.

barisan bendera

Terakhir, para mantan atlet yang sudah mengharumkan nama bangsa di ajang SEA Games sebelumnya berlari dengan obor yang estafet diberikan hingga Susi Susanti. Saya bener-bener ga percaya, ketika Susi Susanti naik ke kapal dan akhirnya kayak flying fox gitu dengan menombakkan obor ke kaldron. Yah, walopun keliatan ya itu apinya meleset dan udah nyala duluan di kaldron, tapi tetep aja buat saya Susi Susanti hebat euy, ketar ketir juga deh itu pasti.

Acara opening ceremony ini ditutup dengan kembang api lagi. Saya bener-bener takjub tak terhingga atas keindahan kembang api ini. Buat saya yang baru kali ini mengikuti event besar kayak gini, saya lebih banyak takjub atas yang saya liat secara langsung malam itu. Kembang apinya emang spektakuler sih ya, kabarnya menghabiskan dana 2M untuk kembang api ini aja.

obor kaldron

Saya rasa memang tidak pernah ada yang sempurna, begitu juga acara besar ini. Walau diwarnai hujan, microfon mati waktu sambutan Pak Andi Malarangeng, dan karut marut panitia yang masih bingung tiket ini masuk lewat mana, bertanya kesiapa, dsb lah. Semoga kekurangan yang ada, bisa diperbaiki untuk closing ceremony nanti.

Overall, saya rasa opening ceremony berlangsung lancar dan berhasil membuat saya takjub!

Foto-fotonya Lia dan Ferdi.