07
Nov '11

Torch Relay SEA Games 2011 di Palembang

SEA Games 2011 dimulai 4 hari lagi, hari ini obor SEA Games sudah sampai di kota Palembang. Menggunakan kapal Tunas Wisesa 03, kapal yang mengangkut para pembawa obor dari Jakarta ini, tiba di Pelabuhan Boom Baru, Palembang jam 7 pagi. Saya dan temen-temen Wongkito yang hadir disana sejak jam 6 pagi, sudah menanti bersama ratusan anak-anak SMP dan SMA. Selain itu ada juga rombongan dari komunitas Harley Davidson yang nantinya akan mengikuti kirab obor.

Torch Relay Sea Games di Palembang

persiapan dan kapal datang

Semakin tinggi matahari, semakin banyak para wartawan yang hadir, ada dari media lokal baik itu tv dan koran hingga media nasional, mungkin kalo dihitung ada kali mencapai 100 orang itu wartawannya aja. Pak Gubernur, Wakil Walikota dan dari INASOC pun hadir pagi itu. Setelah kapan Tunas Wisesa 03 yang diiringi puluhan kapal jukung (perahu kecil) semua tambah antusias melihat lebih dekat, tentu saja pihak keamanan kewalahan mengatur semua barisan. Sepanjang acara lagu Ayo Indonesia Bisa diperdengarkan dan memang lagu ini secara tidak langsung mempengaruhi semangat nasionalisme semuanya.

tarian obor sriwijaya

penyerahan obor

Penyerahan obor dari Icuk Sugiarto

Sebagai pembukaan, ada sebuah pertunjukan tarian Obor Sriwijaya oleh beberapa pemuda Palembang, disusul juga pertunjukan marching band. Icuk Sugiarto, si pembawa obor dari Jakarta langsung melakukan serah terima obor pada Pak Gubernur dan terakhir diterima oleh Abbas Akbar, seorang mantan atlet pencak silat yang sudah 5 kali menjuarai Sea Games dan sekarang menjadi seorang pelatihan untuk cabang olahraga Pencak Silat. Mungkin karena alasan inilah, Abbas Akbar diminta untuk menjadi pembawa obor Sea Games kali ini. Selain Abbas Akbar, ada banyak lagi atlet Palembang yang menjadi Torch Runner yang nantinya akan menjelajah Sumatera Selatan sampai akhirnya kembali ke Palembang tanggal 11 November 2011 nanti. Perjalanan kirab obor Sea Games ini berlangsung lancar dan disambut antusias para warga yang ingin melihat lebih dekat api obor ini.

Abbas Akbar

Kirab obor keliling kota Palembang

Kirab obor keliling kota Palembang

Temen-temen semua boleh kok ikut dukung Indonesia sebagai juara umum Sea Games kali ini. Dukungan temen-temen bisa dalam bentuk live tweet dengan tagar #DukungIndonesia atau #AyoIndonesiaBisa. Coba deh maen-maen ke site dukungindonesia.com itu api obornya akan semakin besar sesuai dukungan temen-temen yang semakin banyak.

AYO, INDONESIA BISA!