16
Dec '11

Review Buku The Jungle Book

The Jungle Book

Judul Buku : The Jungle Book
Penulis : Rudyard Kipling
Penerjemah : Anggun Prameswari
Penerbit : Atria
Jumlah Halaman : 246 Halaman
Harga : Rp. 35.000
ISBN : 9789790244900

Buku ini mengingatkan dengan film berjudul sama ya, The Jungle Book yang dirilis tahun 1967. Bagi penggemar film-film Disney, maka saya rasa buku ini pun harusnya menjadi buku yang harus dibaca karena ga kalah bagusnya dengan film itu. Liat aja covernya yang ciamik itu ya, menarik banget kan?

Bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Mowgli yang dibesarkan oleh serigala. Dari serigala dan di dalam hutan lah kehidupan Mowgli dan teman-temannya dimulai. Cerita Mowgli ini adalah kumpulan fabel, yaitu kisah kisah yang bercerita tentang hewan yang ditujukan untuk memberikan pesan moral. Lebih mudah bagi anak-anak untuk menonton filmnya memang, tapi menurut saya anak-anak juga harus diberikan cerita-cerita mendidik dari hal-hal kecil yang ada dalam buku ini.

Soal terjemahannya pun enak banget dibaca, jadi ga sulit buat para orangtua untuk bisa menceritakan kembali isi buku ini pada anak-anaknya. Selain itu, walo ini buku gak kayak komik yang ada gambar menariknya, buku ini tetap ngasih gambar hewan di awal bab barunya.

Ayo ikut melompat di antara pinus yang berjajar rapat,
Melesat cepat, tinggi terpencar, seperti ayunan anggur liar,
Sampah kami di singgasana, dan keramaian yang kami cipta
Yakin saja, percayalah, akan kami buat sesuatu yang indah!

Saya pikir buku ini akan menceritakan kisah petualangan Mowgli bersama Baloo beruang dan Bagheera panther saja, tapi ternyata ga cuma itu. Ada beberapa kisah hewan yang bisa bicara dalam buku ini, kumpulan cerita yang enak banget dibacain buat dongeng anak-anak sebelum tidur. Rudyard Kipling memang spesialis deh dalam memberikan cerita anak-anak yang penuh pesan moral. Apalagi bagi penyuka cerita klasik, saya rasa buku ini patut punya dan dibaca.