20
Oct '12

Masih Suka Baca Koran?

Kalian masih suka baca koran tiap pagi?
Kalo saya sih gak ya. Emang pada dasarnya gak suka baca koran sih

gambar : howstuffworks.com

Di era serba digital begini, udah pasti beberapa dari kita udah mulai gak lagi langganan koran walo udah murah sekalipun. Yang biasanya tiap pagi sambil ngopi (saya juga gak ngopi) dan sarapan itu baca koran sekarang malah liat gadget, baca berita dari portal online, lebih update sih ya, apalagi jaman Twitter begini.

Saya gak bisa bandingkan buku dengan koran ya. Jelas saya lebih suka baca buku beneran, nyium bau kertas dari buku baru dan juga pembatas bukunya ketimbang baca buku digital atau ebook. Kalo koran? Dulu sih iya diperluin banget buat tugas kliping dari sekolah. Lah sekarang udah sekolah udah gak banyak yang nyuruh cari kliping koran. Tapi gak dengan sebagian orang, termasuk orang tua kayak Papa saya misalnya, dari dulu langganan koran, sehari bisa beli lebih dari satu koran.

Saya rasa memang masih banyak yang termasuk golongan seperti itu, baca koran sambil sarapan pagi dibanding baca koran digital atau majalah digital yang sekarang bermunculan di Indonesia. Portal berita yang lebih cepat update informasi pun tetap tidak mengubah kebiasaan sarapan dengan koran tadi. Jika di beberapa negara ada media cetak yang runtuh gegara internet, saya kok masih melihat banyak koran-koran baru ya yang bermunculan di Indonesia walau memang sekarang medianya ada cetak ada elektronik. Soal persaingan yang heboh kayaknya sekarang justru di media elektroniknya.

Saya mah yakin ya, media cetak di Indonesia gak akan runtuh karena kayaknya masih ada aja peminatnya. Eh, tapi entahlah, mungkin jika semakin bagus kecepatan internetnya akan semakin memungkinkan pula internet meruntuhkan media cetak di Indonesia. Sayangnya, Indonesia koneksi internetnya belom merata, apalagi untuk kawasan timur Indonesia.