21
May '13

Yang Muda Dan Keinginan Untuk Melakukan Perubahan

Saya bisa saja melakukan perubahan di Gurukul, tapi mungkin saya harus jatuh bangun dan juga banyak kecewa sebelum sedikit perubahan terjadi disana. Sebaliknya, saya akan merasa lebih bisa memberikan ide bagus dan menjalankannya dengan pemimpin saya yang mau mendengarkan anak muda dan atas ide perubahan baik/positif yang dikatakan dan dilakukan.

Begitu juga dengan birokrasi ala pemerintahan kita dan unsur-unsur yang mungkin sangat terkait dengannya. Saya dan seorang teman malah punya kalimat andalan jika berurusan dengan pemerintahan, yaitu ‘apa kata saya…’. Karena beberapa kali yang ini sudah mengingatkan, selalu saja yang terjadi begitu-begitu saja. Si teman akhirnya mencoba melakukan perubahan dengan menjadi pemimpin untuk badan yang erat kaitannya dengan pemerintahan. Beliau merekrut orang-orang muda dan punya tujuan baik melakukan banyak perubahan. Saya yakin dia akan memberikan perubahan.

Pandji berhasil menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan anak muda sekarang, lewat lagu, buku dan lain sebagainya karena dia didukung banyak orang. Wahyu Aditya dengan KDRI-nya yang juga mampu memberikan semangat nasionalis.

Saya percaya, untuk melakukan perubahan haruslah dimulai dari apa saja yang bisa kita lakukan, tapi pihak-pihak terkait adalah unsur yang juga penting dalam menentukan keberhasilan suatu perubahan. Jika kamu punya ide brilian tapi pak menejer dan bos mu gak suka, apa idenya bakal jalan? jelas gak kan

Apalagi ngomongin susunan organisasi yang pake birokrasi. Jika yang muda dan berada di bawah dan selalu diposisikan sebagai orang yang gak tahu apa-apa dan menjadi tangan kedua, hanya akan ada kekecewaan yang diterima.

Saya pernah kecewa dan mungkin sering, apabila saya diikutsertakan tapi saya tak di dengarkan idenya, diposisikan sebagai orang yang muda dan gak tahu apa-apa, ya saya memilih untuk tidak diikutsertakan

Jika, kamu tidak bisa melakukan perubahan apapun karena hanya dianggap si pemasang telinga dan pengangguk setuju, jadilah pemimpin untuk perubahan lain yang bisa kamu lakukan.