24
Dec '14

Youtube, Tempat Belajar Masa Kini

Siapa yang gak kenal Youtube di era gadget nan canggih sekarang? Hampir semua tahu, dan hampir semua orang mencari tahu banyak hal dari Youtube. Sebutan Artis Youtube pun juga ada, karena nama bisa terkenal dari Youtube.

Saya gak perlu bilang bagaimana semua yang kita cari, baik itu video clip lagu terbaru, tutorial sederhana kayak mengupas bawang secara mudah, hingga film pun ada di Youtube. Sebutan tempat belajar pun rasanya bisa, Youtube memang sarana mempermudah segalanya apalagi tutorial, cara membuat ini dan itu, tips begini dan begitu, dari yang kocak hingga serius.

Saya ingat, waktu saya harus keluar kota untuk beberapa hari, meninggalkan suami dan seorang sepupu laki-laki saja di rumah (anak dititip ke Mama :p). Saya tahu betul, suami saya gak akan masak, pasti beli makanan, tapi beda dengan sepupu saya, kadang dia mau juga masak walau cuma mie rebus atau telor ceplok. Suatu hari mereka mau makan, nasinya gak ada, dan sepupu saya dengan mudahnya mencari cara masak nasi di rice cooker. Saya yang denger ceritanya langsung ketawa, hal mudah memang, tapi bagi yang gak pernah masak menggunakan rice cooker kayak sepupu saya itu sih, hal pertama yang kepikiran ya liat di Youtube. Dan, bener aja, dia bisa karena Youtube.

Saya ingat lagi, waktu saya belajar beberapa tusukan crochet yang saya liat di dalam buku, tapi sulit saya praktekkan, saya tinggal search di Youtube, dan…. saya langsung bisa. Betapa Youtube memudahkan saya belajar crochet, hingga saat ini pun saya masih sering belajar crochet dari Youtube. Sekarang malah nyoba belajar knitting dari Youtube, temen saya udah nyoba dan dia bisa, saya pikir saya pun pasti bisa belajar.

Youtube memang memberikan banyak hal yang bisa kita pelajari, tutorialnya gak setengah-setengah dan bisa kita putar berulang-ulang. Sayangnya, yang lebih rajin bikin tutorial dari hal mudah sekalipun biasanya dibuat oleh orang luar, orang Indonesia malah lebih sering nyanyi dan bikin video lucu ketimbang tutorial Itu pun tak mengapa sih, ya buat hiburan

Sekarang, Alaya pun udah kenal Youtube, ayahnya biasanya dengerin beberapa lagu soundtrack serial anak-anak ke Alaya. Otomatis anaknya pengen denger terus, ntar denger udah nyanyi-nyanyi aja gitu Ost.nya Ryukendo yang walaupun bahasa Jepang, dia tetap suka nyanyiin. Belum lagi nanti mau nonton Sofia the First, nyanyi Let it Go-nya queen Elsa di Frozen dan segala macem, apalagi ini anaknya udah bisa pake fasilitas search di Youtube. Walau begitu saya sih selalu waspada, saya selalu liatin dia nonton apaan, karena takutnya dibagian suggestionnya ada video yang gak pantes ditonton anak kecil.

Youtube memang tempat belajar banyak hal kok, jadi bagi yang suka bikin video, gak papa banget lho bikin tutotial apa gitu sesuai hobinya ke Youtube, walau terlihat gampang kadang masih banyak lho ada yang gak bisa dan dimungkinkan belajar dari video yang kamu bikin.