E-KTP Yang Tak Kunjung Selesai

Saya adalah tipe orang yang malas sekali harus mengurus ini itu yang membuang waktu lama. Pengennya sih semua jadi lebih mudah dan cepat, itu tho yang kita semua inginkan? Makanya dibuatlah sistem online. Tapi sepertinya Indonesia atau orang-orang pemerintahannya (apalagi daerah)  seperti tidak mau cepat-cepat belajar untuk sistem yang lebih cepat dan mudah.
Menyebalkan!

Sekitar 2 bulan sebelum KTP lama saya mati, itu awal Januari 2014 saya dan suami mengurus e-KTP. Datanglah kami ke kecamatan, trus dilakukanlah scan sidik jari, ya kesepuluh jari tangan (yang entah apa gunanya sampe harus 10 jari) sampe retina. Saya berdecak kagum karena ternyata orang kecamatan lumayan cekatan dalam hal ini dan juga alatnya. Berikut foto menggunakan kamera DSLR yang disediakan.

Setelah selesai kami pun berharap akan segera selesai dong ya ektpnya. Orang kecamatan bilang akan selesai dalam jangka waktu 1-2 bulan. Tapi… Hingga sekarang ektp yang dijanjikan belum juga selesai.
Sudah setahun lebih, entah apa dan bagaimana seharusnya mengapa semuanya yang harusnya menjadi mudah malah jadi lebih lama.

Tadinya jika memang bisa saya memilih untuk tidak menggukan ektp. Ktp biasa sajalah. Tapi Pak RT bilang ya harus ganti ektp. Kami sudah tanya ke kecamatan dan hasilnya masih belum selesai juga. Bosan bertanya kenapa. Lanjut katanya semua kepengurusan ktp ada di Disdukcapil. Cobalah kesana dan orang sana malah bilang harus di proses ulang. Malesin kan.

Jadilah saya saat ini gak punya ktp. Ktp saya mati sejak tahun lalu. Jika memang perlu ktp saya kasih aja ktp saya yang mati itu.

Mungkin saya memang bukan warga negara yang baik karena membiarkan diri saya gak punya ktp yang masih berlaku, tapi saya rasa petugas yang seharusnya menyelesaikan tugas inilah yang harusnya dengan sigap membenahi sistem yang tadinya lambat sekali menjadi lebih cepat dan lebih baik.

Kalo cuma presiden aja yang maunya punya sistem yang lebih baik tapi orang-orang di bawahnya dan daerahnya gitu-gitu aja ya tetep aja susah.

Ya.. Saya berdoa saja semoga suatu hari (dan gak lebih lama lagi) ktp saya bisa kelar.

5 thoughts to “E-KTP Yang Tak Kunjung Selesai”

  1. Lebih lanjut, lalu apa gunanya punya e-KTP? Waktu pindah alamat Jakarta, dibuatin KTP sementara dan disuruh balik 2 bulan lagi buat bikin e-KTP. Sampe sekarang blum balik karena pakai KTP biasa aja bisa buat macem-macem, bikin SIM, nyicil ini itu, dkk.
    galihsatria´s last blog post ..Tarhib Ramadhan 1436H: Mencoba Lebih Menghayati

    Reply

    Nike Reply:

    Gak jelas juga apa gunanya itu ektp, semoga sih maksudnya baik walau udah keliatan malah gak jelas arahnya.

    Reply

  2. Minta bikinin KTP sementara Nik, tapi request yang masa berlakunya lama mengingat eKTP ini gak punya kejelasan berapa lama proses pembuatannya. Aku dulu waktu bikin hampir setahun loh baru jadi. Entahlah kenapa bisa selama itu

    Reply

  3. iya mbak sekarang e ktp rumit kalau pengen cepat kita harus pakai calo lagi biar cepat selesai tapi geluarin uang juga 100rb haduh pusing masak buat ktp aja di persulit kayak cari jodoh aja

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.