Alaya Belajar Mengaji

Jika puasa Alaya sudah belajar sejak tahun kemarin, walau masih setengah hari sampai adzan zuhur, beberapa bulan ini Alaya lanjut belajar mengaji.

Sebagai orangtua, pendidikan agama memang saya setuju untuk diajarkan sedari kecil, setidaknya yang harus dia mengerti adalah berbuat kebaikan. Kalau kita baik, maka hidup kita akan jadi baik. Alaya sudah tau kalo berbuat salah itu jadi dosa. Pengertian dosa mungkin Alaya belum paham, tapi paling tidak dia tau mana keburukan yang tidak boleh dilakukan. Sejak Alaya masuk TK (umur 4 tahun) dia udah banyak dapet ilmu baik buruk dan pengenalan akan Tuhan dari gurunya.

Sejak tahun lalu, waktu Alaya umur 5 tahun, saya dan suami sepakat untuk memulai mengajari Alaya mengaji, tapi gak dengan cara memaksa, alhamdulilah Alaya udah mau. Kita gak masukin Alaya ke sekolah ngaji alias TK TPA (dulu saya belajar ngajinya di TK TPA) , Suami bilang dia yang akan mengajari Alaya langsung dari Iqro. Beroleh pahala dari ngajarin anak ngaji katanya. Ayahnya Alaya kan gak punya waktu sebanyak saya bersama anak-anak, jadi membangun kedekatan dengan anak sepulang kerja salah satunya dengan ngajarin ngaji.

Dikarenakan si ayah gak pernah ngajar ngaji sebelumnya, apalagi dulunya dia belajar gak pake Iqro, ya saya sempet ngintip cara dia mengajari Alaya ngaji. Sebelum ngajarin Alaya, Pak suami browsing cara ngajar ngaji, sampe nonton video di Youtube. Jadi, tiap abis sholat maghrib bareng di hari Senin – Jumat, Alaya lanjut ngaji. Tiap abis ngaji satu lembar, ada quiz yang dikasih ayah, kalo quiznya ada yang salah, Alaya belum boleh lanjut ke halaman berikutnya. Gak jarang Alaya nangis waktu sesi quiz, karena dia pengen semuanya lancar dan pindah halaman terus :)

Alhamdulilah, Alaya sejauh ini Alaya udah Iqro 4 hampir ke 5. Tiap kali mendekati pindah Iqro anaknya tambah semangat hehehe.

Ayah selalu punya cara tepat untuk Alaya. Karena Alaya suka main game di tablet, untuk hafalan bacaan sholat dan surat-sura.  pendek dimasukin tuh ke tabletnya Alaya. Biar sambil dia main, sambil belajar hafalan sholat. And… It works! Alaya bacaan sholatnya udah hampir bisa semua dan hafalan surat pendeknya pun sudah lumayan banyak. Alhamdulilah…

Ternyata memang kalo ngajarin anak sendiri jadi terasa lebih dekat dan kita juga ikut belajar juga banyak hal terutama sabar :)

4 thoughts on “Alaya Belajar Mengaji

  1. harus tuh mbak soalnya kebanyakan orang rugi gak tau pedoman hidup mbak mereka yang ada senang di dunia blm tentu nikmat di akhirat, semoga sukses ya mbak belajar mengajinya amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.