11
Nov '16

Haruskah Berlangganan Aplikasi Baca dan Nonton? 

Masuk ke dunia digital begini, apa apa udah banyak berubah. Dari kebiasaan baca koran tiap pagi bisa digantikan dengan baca media online. Begitu juga dengan nonton. Kebanyakan mungkin udah gak takut lagi ketinggalan serial kesayangan yang mungkin ditayangkan malam hari, sekarang udah bisa nonton tayangan ulangnya dengan nonton online. Gak punya tv pun Atau lagi di jalan pun bisa nonton club bola kesayangan lagi tanding melalui smartphone. 

Nah, kebiasaan itu juga saya lakukan. Membaca buku udah banyak juga yang saya merasa lebih enak baca ebook. Walau punya Kindle, saya juga gak jarang baca ebook lainnya dengan hp atau tablet. Ditambah lagi sekarang banyak banget apps yang memberikan fasilitas baca buku digital baik yang lokal maupun yang luar. Buku fisik sekarang makin mahal, saya merasakan banget sih dan membaca ebook agak lebih ringan dikantong memang. 

Gitu juga nonton. Saya mah memang suka nonton serial apalagi K-Drama, rasanya suka gimanaaaa gitu kalo gak nonton K-Drama yang baru dengan aktor favorit itu. Kayak Apps yang memberikan fasilitas membaca buku, Apps yang memberikan fasilitas nonton juga banyak.

Apps yang memberikan banyak fasilitas baca dan nonton itu juga gak memberikan kita gratis baca seluruh buku dan film yang mereka punya, kita diminta untuk berlangganan setelah beberapa hari trial. Setelah mendaftar dan nyobain pake apps tersebut kita bisa baca banyak buku, nonton banyak film yang kita mau, setelah masa trial habis ya kita diminta untuk berlangganan dengan membayar sekian rupiah per bulan atau per tahun agar bisa baca dan nonton semua yang ada di apps tersebut.

Sebagai orang yang sukanya gratisan saya pastinya seneng banget di masa trial bisa baca dan nonton apa aja kan ya. Selesai masa trial, saya mulai galau pas baca buku yang ini ga bisa dan episode terbaru serial yang saya tonton gak bisa saya tonton lagi kalo gak bayar langganan dulu. Kalo langganan tv kabel sih iya ya, bayar terus supaya bisa nonton. Lah, untuk apps kayaknya saya ragu untuk berlangganan. 

Kenapa ragu? 

1. Karena belum tentu saya nonton atau baca di apps tersebut tiap hari, jadi kan ya rugi kalo sebulan cuma baca atau nonton beberapa kali (itung itungan itu mesti!). 

2. Karena kalo ada yang ngasih gratis ya kenapa harus bayar? Ini berlaku buat tontonan. Kalo emang di apps tersebut mesti bayar, saya sih langsung pindah haluan ke web yang menyediakan nonton online. Ya gitu aja kan ya? Namanya nonton kan gak ngebet amat gitu. Nonton yang lagi tayang juga kadang nyebelin, soalnya bikin penasaran. Jadi ya tunggu aja samp serialnya udah komplit, batu nonton

3. Ada yang langganannya ga bisa bayar cuma sebulan gitu, jadi langsung diminta setahun. Yaaa jatuhnya emang lebih murah, tapi kalo gak dipake ya sayang kan yang sudah dibayar. 

Akhirnya sampe sekarang saya masih bingung mau langganan apa gak dan kemungkinan besar gak akan langganan karena hal-hal tersebut diatas. Padahal yaaa, saya rela kok baca dan nonton di appsnya dengan beberapa iklan. Ya gak apa aja buat saya kalo harus baca/nonton ada iklannya tapi appnya dibikin gratis (ini sih maunya saya ya 😁.

Kalo temen-temen gimana? Ada yang langganan baca atau nonton via apps kah? 

*Oh ya, yang bikin saya galau itu appsnya namanya : Scribd dan Viu.