07
Feb '17

Nonton Drama Korea Melalui Aplikasi Android

Siapa yang masih belum move on dari Goblin? Atau masih dengan sabar nunggu kelanjutan cerita Voice?

Kalo kamu ngerti judul-judul drama Korea itu berarti sah lah kamu sebagai salah satu penggemar K-Drama. Saya juga salah satunya.

Sebagai penyuka K-Drama ada beberapa tipe penonton yang bisa saya kategorikan ;

Pertama, ada yang dengan sabar nunggu dramanya kelar tayang sampe tamat trus baru download semua episodenya lalu nonton (atau beli dvd bajakannya? 😁).

Kedua, ada yang gak sabar maunya nonton langsung sehari setelah episode tayang di negaranya. Biasanya sudah bisa ditonton secara online itu sehari setelah episode tersebut tayang di Korea.

Ketiga, nonton melalui tv berbayar.

Saya sendiri pernah jadi yang pertama (karena gak update drama Korea waktu itu), tapi sekarang perpaduan antara kedua dan ketiga. Menurut saya menonton di tv itu lebih enak emang, lebih nyaman bisa ditonton rame-rame, tapi sayangnya saya gak bisa berada didepan tv pada saat jam tayang serial kesayangan diputar dan kadang harus ngalah sama anak nonton Nick Jr.

Nah, yang kategori kedua ini paling banyak diminati. Rata-rata penyuka K-Drama akan lebih mudah dengan nonton online. Yang agak fakir kuota biasanya akan download dulu dimana gitu (kantor, cafe) terus baru nonton kemudian secara offline. Tapi sekarang lebih gampang lagi nonton K-Drama sejak ada aplikasi android. Jadi, tinggal download aja aplikasinya melalui gadget terus tinggal nonton deh.

Aplikasi yang biasanya saya pake yaitu Viu. Di Viu ini bisa dibilang update banget lah K-Dramanya. Gak cuma drama Korea sih, ada juga Jepang gitu, beberapa film Indonesia (yang udah lawas) juga ada. Saya sih yakin banget, yang banyak ditonton ya pastinya drama Korea. Viu juga udah dilengkapi dengan subtitle Inggris dan Indonesia, jadi pas nonton enak banget lah. Bagi yang fakir kuota, tenang aja, kalo nanti ketemh Wifi kenceng kamu bisa download dulu jadi bisa ditonton offline deh. Trus enaknya lagi, Viu ini ngebaca sampe mana kita terakhir nonton dalam satu judul. Jadi ibaratnya kalo buku kan pake pembatas buku ya biar tau sampe dimana bacanya, nah kalo di Viu juga bisa langsung tau itu judul yang kita tonton, sampe episode mana terakhir ditonton. Kekurangannya, Viu menerapkan sistem regular dan premium untuk keanggotaannya. 

Premium bisa nonton semua film dan serial yang ada disana, yang serialnya masih tayang dinegaranya itu cuma bisa ditonton bagi premium user. Nah kalo reguler biasanya cuma bisa nonton yang serialnya sudah kelar episodenya atau sudah tamat. Untuk jadi premium user mesti bayar 30rb per bulan. Eh, tapi baiknya Viu, bagi yang pengguna baru daftar ada masa trial 30 hari lho.

Kurangnya lagi di Viu ini selain pake bayar-bayar gitu (ya, saya anaknya suka gratisan 😁), beberapa judul Drama Korea yang kamu cari mungkin gak ada (atau belum ada) karena bisa dibilang saat ini sepertinya Viu masih ngumpulin banyak judul yang memang dicari oleh para Viuers. Misal saya nyari Solomon’s Perjury itu belum ada di Viu, padahal itu bagus banget ceritanya. Misaeng yang udah agak lama juga belum ada di Viu. Yong Pal si dokter mafia juga belum ada disana.

Karena beberapa judul yang kadang dicari itu gak ada di Viu, saya akhirnya mencari lagi aplikasi mana lagi yang memungkinkan saya bisa nonton K-Drama. Akhirnya, saya menemukan Drakor.id yang juga memberikan fasilitas nonton K-Drama online maupun offline dan saya menemukan Solomon’s Perjury. Walaupun saya merasa ini Drakor.id lambar sekali untuk nonton onlinenya, fasilitas nonton offlinenya lumayan lho dan sepertinya bisa dijadikan pilihan kedua setelah Viu. Jadi gak perlu buka laptop lagi, nonton via hp buat saya sudah cukup.

Jadi, kalian mau nonton judul yang mana lagi nih?

Oh ya, kalo ada aplikasi lain yang ciamik buat nonton online share juga ya di kolom komen.😃