25
Oct '17

Penyuka Drama Korea? Wajib Punya Aplikasi Nonton Ini!

Tribe
Tribe
Tribe

Viu

Viu :

  1. Bisa nonton tanpa berlangganan. Tapi tiap nonton, akan ada iklan. Bukan cuma 1 iklannya, bisa 2-3 iklan per episode yanng kamu tonton. Untuk judul yang lagi tayang di negaranya biasanya cuma bisa nonton episode 1 aja.
  2. Kebanyakan judul serial Korea, tapi juga ada serial Thailand, Jepang, Hongkong dan juga judul film Asia lainnya seperti India. Pokoknya serial dan film Asia lah.
  3. Langganannya Rp. 30.000/bulan (tapi biasanya ada promo misalnya bayar 3 bulan gratis 2 bulan, dsb). Bebas iklan dan bisa nonton serial yang sedang tayang.
  4. Pembayaran berlangganannya bisa melalui Google wallet, potong pulsa dan juga Tokopedia.
  5. Bisa nonton offline alias, kita bisa download dulu, dan nonton kemudian. Jadi gak ngabisin kuota data internet.
  6. Gak ada playlist atau favorit. Jadi pas mau nonton judul tertentu mesti search dulu. Lebih enak kan ya kalo ada ‘set as favorit’.
  7. Gak bisa nonton Live channel tv manapun.

Tribe

Tribe :

  1. Jika belum pernah mendaftar, bisa daftar dan kalian akan dapat free trial 30 hari. Sama sih kayak Viu juga gitu. Lewat masa itu kalian harus bayar untuk menikmati aplikasi ini. Walau sudah berlangganan pun tetap ada iklannya ya tiap episode, tenang aja, gak banyak kok cuma 1 iklan aja.
  2. Berlangganannya lumayan lebih murah dari Viu, yaitu Rp. 15.000/bulan Rp. 39.000/3 bulan.
  3. Bisa beli kupon langganannya dengan potong pulsa, doku wallet dan Elevenia.
  4. Di Tribe gak cuma film dan drama Korea sih, tapi ada juga tv show Amerika yang bisa ditonton. Dan beberapa judul yang mungkin gak ada di Viu bisa kalian cari di Tribe, siapa tau ada.
  5. Gak bisa nonton offline, jadi disarankan nonton dengan sambungan Wifi biar kuota data internet kamu gak cepet abis.
  6. Di Tribe ada playlist, jadi bisa nyimpen daftar film/serial mana aja yang mau kamu tonton, kayak watching list gitu deh.
  7. Di Tribe juga bisa nonton Live beberapa channel ngetop kayak Warner, K+, KBS World, Oh!K, TvN, dsb. Jadi kalo gak sempet nonton di tv biar gak ketinggalan bisa nonton di Tribe.

Awalnya saya merasa cukup dengan kehadiran Viu, hanya saja saya kadang tidak menemukan beberapa judul drama Korea yang saya inginkan, jadilah tadinya saya menggunakan Drakor.id (sekarang namanya Drakor.id+, langganannya murah cuma Rp.10.000/bulan). Lumayan di Drakor.id saya bisa menemukan beberapa judul yang tidak saya temukan di Viu tadi, sempat berlangganan sebulan saja, dan tidak lagi saya teruskan karena aplikasinya kurang stabil, sering sekali error dan kualitas gambarnya kurang bagus (memang katanya banyak digunakan yang fakir kuota :p).

Kalo Viu udah saya pake dari awal tahun 2017, Tribe ini baru beberapa hari ini sih saya gunakan, karena dapet kupon gratis 3 bulan hasil dari nuker GrabRewards. Lumayan kan ya, bisa dipake nonton ini itu selama 3 bulan ini. Pas nonton juga enak, kualitas gambarnya juga oke, nonton Live-nya juga lancar (sebaiknya emang nonton pas pake Wifi).

Buat saya, jika memang aplikasi itu dipakai setiap hari dan memang bagus, ya gak apa dong berbayar untuk akun premium atau berlangganan. Kayak gitu juga dengan aplikasi baca, kalo memang dipakai setiap hari alias dibaca tiap hari, bagus banget kalo berlangganan. Selain pengguna bisa mendapatkan kenyamanan nonton juga itung-itung support aplikasinya agar lebih baik.

Jadi, hari ini kalian mau nonton apa?