Review Buku Life On The Refrigerator Door

Life on The Refrigerator Door

Judul : Life on The Refrigerator Door
Penulis : Alice Kuipers
Penerbit : Gramedia

Entah kenapa akhirnya tertarik untuk membeli buku terjemahan ini, mungkin juga karena pengaruh review di majalah CoGirl edisi lalu. Biasanya saya males beli buku terjemahan dikarenakan saya merasa berbeda dengan penulis-penulis dalam negeri yang tulisannya udah bagus-bagus juga, kecuali yah bukunya JK Rowling dan Dan Brown, kalo dua orang itu mah saya baca, buku wajib baca tuh

Buku ini mengisahkan tentang kehidupan ibu dan anak perempuannya yang kebanyakan berdialog melalui tulisan di pintu kulkas. Sang Ibu, single parent, yang seorang dokter kandungan dan anak perempuannya, Claire yang berusia 15 tahun. Karena kesibukan si Ibu dan aktivitas Claire yang banyak di sekolah membuat mereka jarang bertemu, klo ketemu malem aja dan itu pun dah tidur kayaknya. Makanya, mereka sering menuliskan pesan di pintu kulkas.

Berbeda dengan buku lain, buku ini tak ada narasi dan deskripsi panjang lebar seperti novel kebanyakan, hanya ada pesan. Iya… pesan si Ibu dan si Anak di tiap lembar buku ini. Sehingga kita diajak untuk membaca pesan-pesan mereka satu per satu. Dari pesan biasa yang isinya cuma beberapa baris kata sampe curhat sepanjang 1 halaman dari si ibu atau si anak sendiri. Nah, dari sinilah berbagai cerita disampaikan, dari Claire yang sudah punya cowo, kerinduan anak akan kebersamaan dengan ibunya sampai si ibu yang akhirnya di vonis penyakit mematikan.

Read More

Review Buku La Tahzan for Mother

La Tahzan for Mother
La Tahzan for Mother

Judul : La Tahzan for Mother
Pengarang : Asma Nadia, DKK
Penerbit : Lingkar Pena

Kebiasaan beli buku, jadi lupa kapan tepatnya beli buku ini. Cuma, karena tugas kampus yang udah dicicil jadinya lumayan jadi ada waktu untuk baca buku dan nonton dvd serial lagi. Beda dengan nonton yang sering ketiduran, kalo baca buku mah kuat sampe khatam dulu tuh buku baru ketiduran

Saya sadari, sebentar lagi saya akan menjadi ibu. Sebelumnya, saya adalah seorang anak dari seorang ibu. Buku ini membawa saya untuk lebih mencintai ibu saya. Buku ini mengingatkan saya tentang betapa berat perjuangan ibu melahirkan kita, membesarkan kita dan yang paling sulit adalah mendidik anak-anaknya untuk menjadi anak yang saleh dan saleha, juga berguna bagi negara.

Berat memang. Seberat cerita yang dilukiskan beberapa ibu dalam buku ini, yang tetap berjuang dengan sabar untuk membesarkan anak-anaknya walo berbagai cobaan diberikan. Saya belajar untuk bisa seperti mereka (ibu dalam buku ini), karena saya sadari sepenuhnya, bukanlah hal mudah untuk menjadi ibu sekaligus orangtua yang sempurna dimata anak-anak kita.

Allah, karuniakanlah kepada setiap Bunda
Rasa ikhlas, kesabaran dan cinta

Woot ? Maryamah Karpov Jilid 2 Tidak Diterbitkan?

Baru aja baca dari tempat reviewnya Mas Tanzil, dan bener-bener kaget baca postingannya soal Maryamah Karpov. Ini nih, di kutip langsung ya :

Kejanggalan tersebut dan juga endingnya yang menggantung pada akhirnya memunculkan spekulasi bahwa akan ada Maryamah Karpov jilid 2. Untuk itu saya mencoba mengkonfirmasikan hal ini langsung pada Andrea Hirata. Dalam perbincangan telponnya, Andrea menegaskan bahwa Maryamah Karpov memang dibuat menjadi dua jilid. Jilid pertama yang sekarang telah terbit memang tak banyak membicarakan Maryamah Karpov karena di jilid ini Andrea bermaksud membangun karakter tokoh-tokoh yang kelak akan dimatangkan di jilid keduanya. Dan di jilid keduanyalah Maryamah Karpov akan banyak berperan.

Namun sangat disayangkan, dengan tegas Andrea menyatakan bahwa hingga saat ini jilid 2 Maryamah Karpov tidak akan diterbitkan !. Andrea mengungkapkan bahwa ada berbagai pertimbangan yang menyebabkan ia terpaksa menolak untuk menerbitkan Maryamah Karpov jilid 2 dan memilih ‘menghilang’ sementara dari dunia kepenulisan. Pertimbangan apa? Daripada saya salah mengutip pernyataan Andrea yang disampaikan pada saya lewat telpon, biarlah Andrea atau Renjana Organizer sendiri yang akan menjelaskannya pada publik kelak karena pembaca Tetralogi Laskar Pelangi butuh penjelasan yang tuntas dari penulis mengenai tidak tuntasnya novel pamungkas ini.

Wah… ngutipnya kebanyakan ya? Biar ga lewat atuh bacanya…

Berarti emang bener, kalo Maryamah Karpov ada 2 jilid, dan jilid terakhir tidak akan diterbitkan, itu menurut penuturan Andrea sendiri via telpon…. ah… ga keren ah kalo ga diterbitin. Saya justru menunggu hal yang menarik di jilid 2….

Review Buku Allah Maha Pemberi

Judul : Allah Maha Pemberi | Maka Engkau Gampang Naik Gaji
Pengarang : Ust. Yusuf Mansur
Penerbit : Salamadani
Jumlah halaman : 52 halaman
Harga : Rp. 20.000

Allah Maha Pemberi
Allah Maha Pemberi

Hayo, siapa sih yang ga mau naek gaji? Bener kan ya, semuanya pengen!
Ini bukan buku yang memberikan tips bagaimana agar bos anda menyukai anda lalu menaikkan gaji anda, sama sekali bukan. Ini buku mengajarkan kita untuk meminta kenaikan gaji bukan pada bos-bos tempat anda bekerja, tapi meminta pada yang Maha Memberi, yaitu Allah.

Bagaimana caranya ? yaitu dengan bersedekah.
Sebenarnya, buku-buku Ust. Yusuf Mansur ini semuanya bertema sedekah, dan saya suka itu. Saya berasa ust ini spesialis mengulas soal sedekah.

Tidak cukup dengan semua kerja keras, tapi juga harus dilengkapi dengan doa dan ibadah. Kita harus meminta rezeki kepada Allah Yang MahaKaya. Maka, sedekahlah yang dapat memancing rezeki yang berlipat-lipat jumlahnya. Khalifah Ali bin Abi Thalib juga berkata, “Pancinglah rezeki dengan sedekah”.

Perhitungan matematika sedekah :
10-1 = 19
10-2 = 28
10-3 = 37
10-4 = 46
10-5 = 55
10-6 = 64
10-7 = 73
10-8 = 82
10-9 = 91
10-10 = 100

Darimana ngitungnya? mau tau? ayo… beli bukunya

Read More

Jangan Meremehkan Karyawan Magang

Malem ini, karena keinginan membaca dan menonton semakin kuat, maka saya ngajakin kakak ke Palembang Square (PS) Mall untuk beli DVD dan buku-buku.

Saya ga akan cerita banyak soal dvd dan buku-buku apa yang saya beli malam ini, tapi saya ingin memberikan penghargaan dan rasa terima kasih saya pada karyawan magang yang telah membantu saya nyari buku.

Buku-Buku
Buku-Buku

Awalnya, saya searching di komputer Gramedia dan saya menemukan buku yang saya cari stoknya tinggal 2. Saya udah pesimis masih dapet kecari tuh buku. Akhirnya, saya panggil salah satu karyawan magang disana yang kebetulan ada di dekat saya, “Mas, bisa tolong cariin buku ini” sambil menunjukkan detail buku yang saya maksud di layar komputer. Ga banyak omong, langsung deh si Mas itu bantuin saya mencari tuh buku, dan saya merasa harus mencari juga, makanya mata saya ada di rak buku laen untuk melihat satu per satu deretan judul buku.

Sumpah. Saya udah hopeless buku itu ketemu, sambil saya bergumam dalem hati “tuh, kan kemarenan kenapa jg ga jadi beli. Sekarang udah susah kan nyarinya” ya, saya menyalahkan diri saya sendiri. Ini juga salah satu alasan kenapa saya kalap beli buku, takut bukunya kehabisan dan susah nyarinya.

Waktu saya masih ngejogrok nyari buku, eh Mas menghampiri saya dan bilang “Mbak, yang ini bukunya?” sambil membawa buku yang saya cari. Waaaa…. seneng banged rasanya, dan gak banyak cin cong lagi, langsung ke kasir setelah sebelumnya tak lupa memberikan senyum manis dan terima kasih kepasa mas karyawan magang nan baik hati.

Read More