Review Buku Sakinah Bersamamu

Sakinah Bersamamu

Judul Buku : Sakinah Bersamamu
Penulis : Asma Nadia
Penerbit : Asma Nadia Publishing House
Jumlah Halaman : 344 Halaman
Harga : Rp.55.000
ISBN : 9786029672558

Boleh dibilang saya adalah salah satu pembaca setia buku-bukunya Mbak Asma Nadia. Hampir seluruh bukunya, apalagi yang non fiksi saya punya dan tentu saya sudah baca. Setelah tau Mbak Asma menelurkan buku baru, saya langsung pesen deh bukunya sama Mbak Retno (Halamanmoeka), karena setau saya pertengahan Desember 2010 lalu buku ini blom ada di Palembang. Saya suka sebel sih emang klo buku yang kita tunggu-tunggu nongolnya lama di Gramedia atau toko buku di Palembang sini.

Masih sama dengan beberapa buku Mbak Asma sebelumnya, Sakinah Bersamamu juga buku yang bercerita tentang pernikahan, lebih tepatnya cerita-cerita yang sering kita temukan dalam rumah tangga. Tapi, kali ini Mbak Asma mengemas ceritanya dengan menarik, ga cuma cerita saja tapi juga ditambah dengan pembahasan dari cerita tersebut.

Ada 17 cerita dalam rumah tangga yang kerap kali dirasakan banyak pasangan, seperti juga saya dan suami. Ga semua cerita memang, cuma beberapa cerita bikin saya senyum-senyum sendiri karena pas banget kayak apa yang saya rasain ke suami. Misalnya, cerita ‘Ngambek’ itu. Ah, suami saya juga tipikal seperti itu, suka ga ngeh kalo istri ngambek, yang ada kitanya yang gondok sendiri. Tapi setelah dijalani, saya mengerti banyak hal, saya ngerti kalo suami saya emang tipe yang harus apa-apa diomongin langsung. Jangan berharap ada kejutan deh Jadi, klo pengen dibeliin sesuatu langsung ngomong aja, klo nunggu dia inisiatif beliin, bisa kelamaan nunggunya

Read More

Review Buku Istana Kedua

Istana Kedua
Istana Kedua

Judul Buku : Istana Kedua
Penulis : Asma Nadia
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 243 Halaman
Harga : Rp. 29.000

Ini memang buku lama, sekitar tahun 2007, dan belinya pun tahun lalu waktu ke Gramedia Matraman balik dari PB08 cuma memang baru sempet baca bener sekarang, waktu kemarenan sempet nge-quote dikit ajah

Buku ini memang bercerita tentang poligami, bagaimana laki-laki dengan mudahnya bisa punya istri lagi, bahkan terkadang tanpa restu istri pertama. Seorang Arini yang menyadari suaminya, Prasetya, telah mempunyai istri lagi juga tanpa diketahuinya. Mei Rose, yang telah merampas Pras dari Arini dan dia cukup merasa puas dengan titel istri kedua.

Saya harusnya bertanya, mungkin pada suami-suami yang menganut Poligami, apa yang membuat mereka lantas beristri lagi? Istrinya tidak secantik dulukah? sudah melebar karena sudah punya anakkah? atau justru hanya karena sudah jatuh cinta dengan perempuan lain sehingga dengan mudahnya beristri lagi?

Saya baca dibuku ini, ada yang menginginkan istrinya mudah masuk surga, hingga sang suami berpoligami. Entah kenapa berasa klise deh jawaban yang kayak gitu. Setau saya, bila istri sudah menjalankan kewajibannya terhadap suami juga anak-anak dengan baik, dan suami ridho akan istrinya, sang istri telah mendapat tempat sendiri di surga-Nya. Itu pula sebenarnya yang ada dalam benak Pras, tapi kenapa akhirnya ia lantas tetap menikahi Mei Rose? Silahkan aja dibaca dibuku ini. Walo, jujur ya saya ga suka endingnya, kayak ndak ada akhir gitu

Akhirnya, saya juga bertanya pada suami, apa setelah saya melahirkan, lantas saya tidak terlihat cantik lagi? terlihat lebih lebar? dan saya menemukan jawaban yang saya yakini dalam senyum suami saya, bahwa insya Allah kami akan bersama sampe maut memisahkan

Review Buku Muhasabah Cinta Seorang Istri

Muhasabah Cinta Seorang Istri
Muhasabah Cinta Seorang Istri

Judul Buku : Muhasabah Cinta Seorang Istri
Penulis : Asma Nadia, dkk
Penerbit : Asma Nadia Publishing House & Lingkar Pena
Jumlah Halaman : 228 Halaman
Harga : Rp. 44.000

Satu lagi buku Asma Nadia, dkk yang saya baca, ini buku baru loh Buku kali ini mengumpulkan beberapa penulis untuk menulis tentang kelebihan dan kekaguman mereka terhadap suami mereka. Asli, ini buku keren abiz. Baru 2-3 kisah saya baca, saya langsung bilang ke suami, “Kak, kayaknya saya juga bisa nulis kayak gini, cerita soal suami, lancar banged deh pasti saya nulisnya” :p Ga lama kemudian, suamikupun ikutan baca

Sebagai istri, inilah saatnya mengakui kekaguman, kelebihan dan kecintaan pada suami. Walau suami juga punya kekurangan, jangan lihat itu semua sebagai hal yang menjadi kendala, terima apa adanya dan berusaha untuk melihat semuanya dari sisi positifnya.

Ada suami yang ga romantis, tapi istrinya pengen sekali-kali dikasih bunga, coklat atau candle light dinnerĀ  di hari ulang tahun pernikahan. Boro-boro memberikan salah satu dari itu, suaminya ga inget kalo hari itu di tiap tahunnya hari ultah pernikahan mereka. Ada istrinya yang cuek banged walo suaminya dah bersikap romantis, bawain bunga, malah istrinya bilang “buat apa bunganya?” huhehehehe :p Lucu-lucu memang, tapi mereka menceritakan betapa suami mereka adalah pemimpin keluarga yang terbaik. Satu lagi, usia pernikahan mereka rata-rata sudah menapai 10 tahun loh, jadi saya berasa masih cupu untuk nulis soal suami dan istri karena usia pernikahan kami aja belum genap 2 tahun.

Read More

Review Buku Emak Ingin Naik Haji

Emak Ingin Naik Haji
Emak Ingin Naik Haji

Judul Buku : Emak Ingin Naik Haji
Penulis : Asma Nadia
Penerbit : Asma Nadia Publishing House
Jumlah Halaman : 224 Halaman
Harga : Rp. 40.000

Buku ini adalah kumpulan cerpen dari Asma Nadia. Ya… seperti namanya ini cerita pendek, ya jadinya emang ceritanya pendek-pendek, terlalu pendek malah menurut saya. Tapi, salah satu cerita di buku ini dan sekaligus menjadi judul buku ini, yaitu Emak Ingin Naik Haji malah jadi sebuah film loh

Yup. Memang yang paling mengharukan adalah cerita Emak Ingin Naik Haji. Bercerita tentang keinginan seorang ibu tua yang ingin sekali naik haji, dan ia punya seorang anak yang berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi keinginan orangtuanya itu. Karena ongkos naik haji yang ga murah dan usaha Zein yang dirasa kurang akhirnya membawa Zein pada niat buruk. Niat buruk untuk ONH si Emak?

Bagaimana perjuangan Zein untuk Emak? Baca aja di buku ini dan kalo sabar bisa ntar nonton filmnya
Nih, tak kasih trailernya : Read More

Review Buku La Tahzan for Mother

La Tahzan for Mother
La Tahzan for Mother

Judul : La Tahzan for Mother
Pengarang : Asma Nadia, DKK
Penerbit : Lingkar Pena

Kebiasaan beli buku, jadi lupa kapan tepatnya beli buku ini. Cuma, karena tugas kampus yang udah dicicil jadinya lumayan jadi ada waktu untuk baca buku dan nonton dvd serial lagi. Beda dengan nonton yang sering ketiduran, kalo baca buku mah kuat sampe khatam dulu tuh buku baru ketiduran

Saya sadari, sebentar lagi saya akan menjadi ibu. Sebelumnya, saya adalah seorang anak dari seorang ibu. Buku ini membawa saya untuk lebih mencintai ibu saya. Buku ini mengingatkan saya tentang betapa berat perjuangan ibu melahirkan kita, membesarkan kita dan yang paling sulit adalah mendidik anak-anaknya untuk menjadi anak yang saleh dan saleha, juga berguna bagi negara.

Berat memang. Seberat cerita yang dilukiskan beberapa ibu dalam buku ini, yang tetap berjuang dengan sabar untuk membesarkan anak-anaknya walo berbagai cobaan diberikan. Saya belajar untuk bisa seperti mereka (ibu dalam buku ini), karena saya sadari sepenuhnya, bukanlah hal mudah untuk menjadi ibu sekaligus orangtua yang sempurna dimata anak-anak kita.

Allah, karuniakanlah kepada setiap Bunda
Rasa ikhlas, kesabaran dan cinta