Review Buku GokilMom vs Istri Dodol

Kali ini buku yang di review sekaligus dua deh, karena kedua buku ini, walo beda pengarang, beda latar belakang tapi sama. Sama-sama tentang emak-emak gokil dan dodol

Istri Dodol vs GokilMom
Istri Dodol vs GokilMom

Judul : Diary Dodol Seorang Istri
Pengarang : Beby Haryanti Dewi
Penerbit : Lingkar Pena

Buku ini udah lama saya beli dan udah lama juga kelar saya baca. Baca buku ini buat saya ketawa-ketawa sendiri dah kayak orang gila. Beby sang penulis bercerita tentang kesehariannya bersama suami dan kedua anaknya di Jerman. Suaminya saat itu ngambil S3 disana *kalo ga salah ya, dah lupa soale*. Buku ini bercerita dengan jujur semua yang ada dipikirannya sang istri. Mulai dari suaminya yang diminta beli cabe merah eh belinya cabe ijo dan si suami jawab gini “ya di simpen aja dulu, lama-lama kan jadi merah itu mah jadi busuk. Blom lagi cerita dodolnya si Beby. Beneran bikin ngakak deh. Buku ini menghibur buat para ibu muda, dan kejadian-kejadian yang ada itu adalah kisah aseli yang mungkin ga berbeda dari kehidupan saya *ngaku*. Bikin ketawa. Ya lebih enak dong ketawa sama suami dibanding berantem

Judul : GokilMom | diari seorang mami dodol
Pengarang : Yenny Lesiy
Penerbit : Gradien Mediatama

Read More

Review Buku A Cat in My Eyes

Sebenernya saya pengen mengambil beberapa kalimat di buku ini, tapi… yah sekalian aja saya review nih buku

Kucing dimataku
Kucing dimataku

Judul : A Cat in My Eyes | Karena bertanya tak membuatmu berdosa
Pengarang : Fadh Djibran
Penerbit : Gagas Media

Saya kira sebelumnya, ini buku soal bagaimana kita melihat kucing, ya ada yang suka dan ada yang ga *termasuk saya*, itu juga yang saya dapati diawal cerita buku ini. Mau dibilang kumpulan cerpen, mungkin benar, tapi kok saya berasanya beberapa nama, muncul kembali di judul yang berbeda, seperti ceritanya nyambung begitu.

Buku ini tentang pertanyaan, ya… tentang pertanyaan dari seorang tentang banyak hal yang tidak ia mengerti, pertanyaan tentang apa itu cantik, apa itu cinta, apa itu kebahagiaan, Tuhan itu bagaimana…. semua yang biasa kita pertanyakan pada hidup. Fadh, mampu membawa pertanyaan itu sebagai jendela dimana dia memperlihatkan apa yang ada dipikirkannya.

Kata-kata yang ditulis, ada yang begitu sederhana tapi cukup membawa saya menyatakan bahwa pengarang buku ini tidak hanya mampu berimajinasi, namun juga mampu menulis. Karena, buku ini berbeda dengan buku fiksi yang hanya mengandalkan imajinasi saja. Pembaca dibawa untuk berpikir dan serasa diajak untuk berdiskusi tentang jawaban atas segala pertanyaan dalam buku ini.

Read More

Review Buku Maryamah Karpov

Saya emang telat buat review ini, udah pada besebaran dah pokoknya tentang buku ke-4 dari tetralogi Laskar Pelangi ini. Beli karena pengen cepet akhirnya saya beli online, walo akhirnya si kakak dulu yang selesai baca. Kenapa? karena, baru baca 50 halaman saja membuat saya berhenti. Tapi, itu awalnya loh…

Judul : Maryamah Karpov | Mimpi-Mimpi Lintang
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Sastra Bentang

Sebelum kelar membaca Maryamah Karpov ini pun, saya sudah bisa menulis reviewnya sebenarnya, tapi rasanya tidak lega kalo blom mengkhatamkan buku ini. Bercerita tentang kembalinya Ikal, inilah topik utama buku ini. Ya iyalah ya, secara yang nulis si Ikal sendiri. Mulai dari sidang tesis yang bikin Ikal ketar ketir hingga dia sampai ke tanah Belitong untuk melepas rindunya pada Ayah dan Ibu. Tak hanya itu, Ikal juga bertemu dengan Arai, ini yang paling saya tunggu-tunggu. Arai akhirnya mendapatkan cinta Zakiah Nirmala dan melanjutkan kembali studinya.

Ikal kembali untuk mencari cinta sejatinya, A Ling. Dengan susah payah Ikal mencari hingga perlu membuat perahu yang dinamainya ‘Mimpi-Mimpi Lintang’. Ya, karena kemunculan dan ide brilian Lintang lah yang akhirnya membuat Ikal mampu membuat perahu dan akhirnya menemukan A Ling. Namun, buku ini ditutup dengan penolakan ayah Ikal terhadap keinginan Ikal untuk meminang A Ling. Kenapa ? Saya juga ga tau, lebih baik mungkin tanya Mas Koen yang sekantor sama Andrea Kabarnya memang buku ini akan dilanjutkan dengan Maryamah Karpov jilid 2 dengan sub judul berbeda.

Read More

Review Buku Bidadari-Bidadari Surga

Review lagi? Iyah…. maapkeun klo blog ini jadinya review semua. Ga review film ya review buku. Secara ya, emang hobi baca buku dan nonton sih sayah.

Judul : Bidadari-Bidadari Surga
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Jumlah halaman : 365 halaman
Harga : Rp. 47.500,-

Dari judulnya, mungkin bagi yang sering baca buku Ketika Cinta Bertasbih (KCB), Ayat-Ayat Cinta (AAC), Trilogi Syahadat Cinta (SC) akan berpikir kalo buku ini ga jauh-jauh dari cerita percintaan. Tapi, bagi yang pernah baca buku-bukunya Tere Liye kayak Hafalan Shalat Delisa dan Moga Bunda di Sayang Allah pasti akan setuju kalo buku ini sama sekali bukan cerita percintaan ala buku ‘…… cinta’ yang sekarang banyak beredar.

Tere Liye selalu mengangkat cerita tentang kemanusiaan itu yang membuat saya mengangkat dua jempol untuk buku-bukunya. Kalo blom pernah baca karyanya, saya merekomendasikan Hafalan Shalat Delisa untuk di baca. Boong deh kalo ga tersentuh bacanya :up: jujur saya sampe

Kalo tertulis Tere Liye di buku, pasti langsung ambil, ga perlu baca resensi lagi

Bidadari-Bidadari Surga ini pun tak kalah dahsyat, lagi-lagi Tere Liye mampu membawa kita dalam cerita nan cantik berbalut persaudaraan.

Read More

Review : Siapa Bilang Kawin itu Enak ?

Judul Buku : Siapa Bilang Kawin itu Enak ?
Pengarang : Tria Barmawi
Penerbit : Metropop – Gramedia

Siapa Bilang Kawin itu Enak
Siapa Bilang Kawin itu Enak

Mungkin dah banyak yang pernah baca buku ini. Kumpulan cerita pendek tentang pasangan muda dan berbagai ceritanya mengenai perbedaan dalam pernikahan. Yah, judulnya membuat kita mengasumsikan bahwa kawin atau nikah itu ga enak pada cerita dalam buku ini. Itu juga sebabnya mengapa saya membeli buku ini. Hanya sebagai bacaan pembanding banyak buku yang sebelumnya pernah saya baca, sebut saja Diary Pengantin, Kisah Kasih di Negeri Pengantin dan Kisah Seru Pengantin Baru. Ketiga judul tersebut lebih bercerita tentang bagaimana indahnya pacaran setelah menikah. Mungkin saya boleh bilang, kebanyakan bercerita tentang indahnya pernikahan. Oh ya, yang perlu di garis bawahi adalah ini fakta, true story ya teman.

Tidak seperti buku sebelumnya yang pernah saya baca, buku ini justru menceritakan banyak perbedaan dalam rumah tangga yang baru dijalani. Misalnya cerita tentang kecape’an waktu mempersiapkan pernikahan. Itu saya akui dan saya mah setuju pisan. Waktu resepsi, kerasa capek banged, berdiri dalam waktu lumayan lama, orang makan kita blom pada bisa makan, pake high heels, harus senyum dan nyalamin begitu banyak orang. Itu pas resepsi, sebelumnya udah capek dan ruwet ini dan itu untuk preparing nikahan.

Ada lagi cerita tentang kebiasaan tidur. Biasanya sebelum nikah tidurnya selalu meluk guling dan ngadep ke tembok, eh setelah nikah masih kebawa dan si suami jadi kesel karena kebiasaan itu. Untung kebiasaan tidur saya dan suami biasa-biasa aja, suami juga ga ngorok. Ada yang bilang ngorok juga kebiasaan yang bikin istrinya sempet shock

Read More