Berencana Solo Traveling Dengan Kereta? Coba Ke Jawa Timur Yuks!

Udah lama gak jalan-jalan?
Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri deh, dalam negeri juga banyak rasanya yang pengen dijelajahi
Saya tuh kepengen bisa solo traveling naik kereta api ke daerah Jawa Timur. Kenapa Jawa Timur? Karena memang belum jalan-jalan ke sana. Trus kenapa pake kereta api? Karena pengen aja sih, bisa pake kereta malem gitu kan, dan sepanjang perjalanan bisa diisi dengan baca buku. Tambah lagi, naik kereta bisa jauh lebih murah jadi kan bisa menghemat biaya liburan pendek kita.

foto : @ihnalfmuh

Nah, di Jawa Timur ada beberapa kota yang kayaknya asyik banget buat singgahi. Kota mana aja? Ini yang masuk dalam daftar saya nih ;

1. Surabaya
Ibu kota Jawa Timur, kota besar kedua di Jawa dan juga kota pahlawan. Surabaya gak cuma kota besar yang punya banyak mall tapi juga di sana banyak tempat wisata seperti Taman Bungkul, Kebun Binatang Surabaya, hutan bambu, Monumen Kapal Selam (Monkasel) dan yang pasti Tugu Pahlawan. Gak cuma itu, kalo jalan-jalan ke Surabaya, kulinernya juga wajib dicoba dong, sebut aja Rawon, bebek khas Surabaya, sego sambel Wonokromo, lontong balap, rujak cingur, dan banyak makanan sedap lain deh.

2. Banyuwangi
Letaknya di ujung paling timur, Banyuwangi punya banyak banyak tempat wisata alam yang menarik. Ada Pulau Merah dengan pantainya yang cakep, G-Land yang jadi tempat para bule berselancar, dan beberapa pantai lainnya yang gak kalah bagus. Selain itu kita harus nyicipin rujak soto yang katanya mantep banget.
Harga tiket kereta api ke Banyuwangi juga terjangkau, jadi pastiin Banyuwangi masuk ke daftar kota yang wajib dikunjungi ya.

Read More

Jalan-Jalan dan Diskusi di Singapura

Iya… iya… ini memang perjalanan pertama saya ke Singapura. Tapi ternyata gak sulit untuk mengerti jalanan disana dengan begitu banyak kemudahan yang disediakan pemerintahnya. Mau naik MRT tinggal liat jalurnya mau kemana, mau naik bus denah beserta nomer busnya pun lengkap di setiap pemberhentian. Kalo mau cepet ya naik taksi. Jadi ya kalo mau kemana-mana di Singapura, saya rasa gak akan tersesat, asal mau banyak baca dan cari tahu informasinya.

skytrain di Changi

Dari Palembang sebenernya ada pesawat langsung menuju Singapura, tapi karena ada diskusi fellow dan saya mesti sungkem ke para sepuh Internet Sehat ya saya mesti ke Jakarta dulu. Lagian ya, klo dihitung-hitung yang dari Palembang harga tiket pesawatnya kok ya lebih mahal dibanding mampir ke Jakarta dulu. Soal diskusi fellow akan saya tulis di posting lain ya. Kali ini mau nulis soal trip ke Singapura dulu.

Geylang road

Rabu, 1 Feb 2012 hari pertama di Singapura. Dari airport Changi mulailah kegalauan tiba, bebe saya pake Indosat entah kenapa walo udah nemu Starhub masih gak mau dipake. Ternyata ga cuma saya, ada Mbak Indah dan Mas Anton yang merasakan kegalauan serupa. Temen-temen laen kayak Mbak Luvie, Mbak Irma dan Mas Aris udah eksis aja gitu ngetwit sana sini. Naik MRT menuju Ideal Backpacker Hostel dikawasan Geylang Road. Gak lama, langsung keluar cari makan siang deket-deket hostel, nemunya restoran India, jadilah saya dan temen-temen makan nasi briyani dengan porsi gede, ga cuma nasinya yang banyak tapi juga ayamnya gede gitu. Alhasil saya ga abis makannya, kebanyakan kuah yang amat berbumbu, santannya banyak gitu deh.

Read More

Sehari Bersama Para Pencinta Buku

Sabtu tanggal 18 Desember 2010 kemaren saya berkesempatan ke Jakarta bersama suami.
Sebenernya ga direncanain banget sih. Kebetulan suami ikut pelatihan sebentar di Jakarta, karena kebetulan lagi ada diskon di Gramedia Grand Indonesia, akhirnya saya ikutan deh

Mengingat si kecil Alaya yang blom pernah ditinggal jauh, akhirnya diputuskan untuk sehari saja di Jakarta. Pergi pagi dan langsung pulang malemnya. Suami pelatihan di daerah Cawang dan saya pun ditemani sahabat saya, Inanda Tiaka jalan-jalan. Sempet mampir ke ITC Cempaka Mas untuk beli casing BB dan beli pakaian si Alaya, sampe akhirnya menuju Grand Indonesia yang nauzubile gede banget untuk belanja buku di Gramedia-nya.

Sibuklah saya hari itu dengan titipan para teman dan juga buku yang sebelumnya emang sudah jadi inceran saya. Sampe akhirnya saya membawa pulang sekitar lebih dari 2 lusin buku dan semua ini membuat tabungan saya jebol (terima kasih untuk suamiku yang sebelumnya mensubsidi). Ga lama akhirnya bertemulah saya dengan para pencinta buku lainnya *halah*, iya… temen-temen dari Goodreads Indonesia. Ketemulah saya dengan King of Metropop, Si Ijul, Kak Mia, Kak Roos, Harun, Mas Boni, Steve alias Silvero dan Jenny.

Ini foto-foto kita

Thx to Ijul, Steve juga Harun yang bergantian bawain belanjaan saya yang ternyata berat banget itu