Komik Indonesia Gak Kalah Bagusnya

Kalian penyuka komik kah temen-temen?
Saya rasa gak ada orang di dunia ini yang bener-bener gak suka komik. Semua pasti pernah baca komik, paling gak sekali dalam hidupnya, walau udah tua sekalipun.

koleksi komik strip

Dulu waktu kecil saya suka banget baca Paman Gober, sampe langganan gitu, gedean dikit jaman SMP mulai ke komik-komik Elex Media macem Doraemon, dari yang emang komik buat perempuan kayak serial cantik sampe komik berseri kayak Detektif Conan. Dulu di deket SMP dan SMA saya ada taman bacaan. Jadi hampir tiap hari pulang sekolah pasti mampir kesana, minjem buku. Jadi tiap ada yang baru gak akan ketinggalan. Saking seringnya ke taman bacaan itu, si mbak yang jaga itu hapal deh bacaannya yang mana aja

Beberapa komik seri

Waktu kuliah udah mulai males baca komik, yang ada baca novel dan buku-buku yang gak ada gambarnya. Ya seiring waktu lah ya. Tapi…. sekarang ini, mungkin sekitar 3 tahun terakhir saya udah suka lagi baca komik. Malah ngumpulin. Gak koleksi juga sih, paling gak balik lagi membaca komik. Kalo Conan, saya udah males beli, kebanyakan dan gak kelar-kelar. Alhasil saya minjem mulu sama Ardy.

Read More

Suka Komik? Cobain Ngomik.com

Ngomik.com

Siapa coba yang gak suka komik?
Dari kecil juga udah disuguhi bacaan komik, misalnya aja Doraemon, Paman Gober, Kariage Kun dan lain-lainnya. Sampe tua pun masih banyak kok yang masih suka baca komik. Saya rasa kita ga bisa menilai orang dari hanya dari selera bacaannya. Komik itu universal, kesukaan semua orang, tua muda, laki perempuan, semua suka. Begitu juga saya, sayangnya saya tak lagi sering minjem temen untuk komik-komik serial yang tak ada habisnya macam Doraemon dan Detektif Conan

Seiring waktu, orang-orang Indonesia semakin sering membuat komik-komik dengan berbagai cerita. Yang dulunya cerita pewayangan dan cerita daerah, sekarang sih udah beragam tema komiknya. Yang paling saya suka komik biografi, kayak Gus Dur van Jombang, Steve Jobs, enak bener bacanya. Untuk tau soal tokoh-tokoh memang lebih mudah dengan membaca komik, menjadi tidak terlampau jadi ‘bacaan berat’ deh itu biografi. Saat ini, saya lumayan sering beli komik Indonesia, karena ilustrasinya yang semakin baik dan ceritanya pun yang gak kalah menarik sama komik-komik luar. Lho, siapa lagi kan ya yang mau membaca dan mencintai hasil karya bangsa sendiri kalo bukan kita?

Beberapa komik di Ngomik.com

Kecintaan terhadap komik saat ini menjadi lebih mudah diapresiasi. Udah ada media yang memfasilitasi kreatifitas temen-temen yang suka bikin komik. Ngomik.com contohnya. Ngomik ini memberikan kemudahan bagi semua yang mau memperlihatkan hasil bikin komiknya. Jadi, klo kalian suka bikin komik bisa nih di upload di Ngomik inih. Gak cuma itu, bagi yang suka baca, bisa baca komik disana dengan GRATIS. ya, gratis. Buanyak banget lho komik yang bisa dibaca, dan semuanya dengan tema berbeda. Ada yang lucu kayak serial si Gundul yang cerita tentang Afika (yeah Afika anak kecil yang lucu model iklan makanan dijilat trus dicelupin itu) trus Si Fino yang juga lucu. Kalo saya sih suka komik lucu, jadinya ya bacanya yang lucu-lucu gitu deh

Read More

Review Komik 5 cm

cover komik 5 cm
cover komik 5 cm

Judul Buku : Komik 5cm
Penulis : Donny Dhirgantoro
Desain cover & ilustrasi : Is Yuniarto & Azisa Noor
Penerbit : Grasindo
Jumlah Halaman : 176 Halaman
Harga : Rp. 45.000
ISBN : 9789790815926

Masih inget sama Novel 5cm? Udah lama emang novelnya keluar, jadi best seller dan entah sekarang udah cetakan keberapa. Jaman itu, saya cuma bisa minjem aja novelnya di salah satu taman bacaan deket sekolah. Adek saya baca dan nge-fans abis sama novel 5cm ini, dan akhirnya dia pun beli novelnya.

Entah karena memang adek saya suka naek gunung dan kebetulan ceritanya bersetting di Mahameru, yang paling saya suka adalah pesan moral yang ada dalam novel ini. Sungguh membawa kita pada semangat nasionalisme, cinta tanah air dan yang pasti kegigihan mencapai cita-cita juga impian tapi tak lepas dari persahabatan. Apa coba yang kurang dari novel ini, iya kan? Saya mungkin punya nilai sendiri, entah kenapa saya kurang suka aja endingnya, kurang ‘dapet’ pengennya saya (siapa saya, ya suka-suka penulisnya dong ya ).

Setelah berhasil dengan novelnya, akhirnya diterbitkan lah komiknya dengan judul yang sama “Komik 5 cm”. Pas nemu kemaren di Gramedia, saya langsung bawa aja ke meja kasir tanpa pikir panjang karena saya udah suka banget sama novelnya, ekspektasi saya komik akan sama baiknya atau bahkan bisa lebih baik dari novelnya.

Read More