Menulis itu Soal Pengalaman

Gimana caranya bisa bersepeda? Ada gak buku panduan biar bisa bersepeda?
Cuma latihan terus, akhirnya juga bisa sendiri kan?
Begitu juga dengan menulis, semakin sering kamu menulis, maka tulisan akan semakin baik.

tinggal tulis…

Paling gak, itu yang saya yakini selama ini.
Kalo ada yang bilang tulisan saya bagus, itu berarti saya lumayan banyak latihan menulis, ya dalam blog ini contohnya. Liat deh tulisan-tulisan lama saya, bisa dibilang galau banget, jarang ada yang penting, cuma yaa.. itu tadi, menulis itu soal pengalaman. Semakin sering menulis ya akan semakin baik tulisannya.

Sekarang banyak banget kompetisi blog, itu sama artinya banyak sekali kesempatan kita belajar menulis dengan mendapatkan suatu hadiah. Gak salah memang, sejauh itu bisa membuat kita mengeluarkan ide-ide nan brilian dari kepala untuk dituliskan dalam blog. Kadang hadiah memang mendorong kita untuk menulis. Sebut aja deh temen-temen saya yang banyak banget dapet hadiah dari lomba nulis di blog. Kadang saya suka takjub melihat mereka yang menang terus.

Saya gimana?
Beberapa kali ikut kompetisi nulis jarang banget menang, eh malah seringkali diminta justru jadi juri lomba nulis. Yaa… rejeki mah beda beda ya. Saya pun gak terlalu peduli dengan hadiah biasanya, kalo memang pengen ikut ya karena saya memang pengen nulis soal tema tersebut. Soal menang dan kalah, itu sih biasa, ambil sisi positifnya, bisa latihan nulis terus kan ya

Ikut kompetisi menulis blog ya gak ada salahnya. Pengalaman saya menjadi juri lomba nulis Pesona Sumsel sebulan yang lalu misalnya, saya mendapati tulisan-tulisan menarik dan juga baik gak cuma dari orang-orang Sumsel tapi juga seluruh Indonesia. Dan lagi, saya mendapati banyak hal-hal menarik yang diceritakan disana yang malah saya aja belum pernah tahu. Rencananya, tulisan-tulisan tersebut akan dibukukan yang nantinya tidak akan diperjualbelikan tapi akan diberikan ke banyak perpustakaan di Sumsel.

Kata siapa yang ikut lomba blog biasanya cuma ngarep hadiahnya? Kumpulan Emak-Emak Blogger (KEB) pernah ngadain lomba blog dalam waktu seminggu dan hadiahnya bisa dibilang gak ada yang mahal, biasa aja, dan tebak berapa banyak yang ikut? 62 orang lho. Itu membuktikan bahwa gak selamanya hadiah bikin orang tertarik ikutan lomba nulis. Bisa karena tema yang diambil. Tapi ya gak dipungkiri juga, semakin menggiurkan hadiahnya ya akan ada banyak aja yang ikutan, apalagi kalo hadiahnya mobil gitu ya *ditoyor*

Yang perlu diingat adalah bagaimana kita bisa menulis, apapun idenya, apapun hal yang mendorongnya (entah itu lomba atau memang hanya berbagi saja) tetaplah menulis, tetaplah berbagi. Jangan sampe gak ada lomba lagi malah gak ada lagi juga tulisannya.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit

Emang sepenting apa sih jaga kesehatan kulit?

Penting! Sebagaimana kulit punya arti banyak untuk tubuh manusia, segitu juga pentingnya menjaga kesehatan kulit. Sama seperti kita menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Tubuh perlu vitamin, begitu juga dengan kulit yang mendominasi tubuh kita.

Untuk menjaga kesehatan kulit sebenernya ga harus mahal, cukup mandi 2x sehari, pake pakaian yang bersih untuk menghindari jamur dan penyakit kulit, minum juga air putih dan makanan yang mengandung vitamin untuk kulit. Nah, produk yang ada sekarang itu memberikan kita kemudahan untuk membuat kulit tetap sehat dan juga cantik.

Banyak dari kita, para cewe khususnya lupa kalo harus menjaga kesehatan kulit, bukan cuma buat wangi-wangian doang atau buat biar keliatan cantik aja, lebih dari itu cewe tetap harus tau bahwa kulit yang cantik itu ya kulit yang sehat. Apalagi di Indonesia masih aja orang mikirnya cantik itu identik dengan kulit yang putih, tapi kulit putih juga harus diikuti dengan kulit yang sehat. Percuma dong ya kalo punya kulit putih doang tapi ga sehat?

Tidak perlu disebutkan banyaknya produk kecantikan yang memberikan formula cantik yang sesungguhnya, yaitu kulit putih, padahal kalo kita lebih teliti, ga banyak kan produk kecantikan itu bisa cocok sama kulit kita. ada 5 jenis kulit manusia yaitu kulit normal, kering, berminyak, sensitif dan kombinasi diantaranya. Untuk bisa cocok sama produk kulit tertentu kita harus bisa mengetahui dulu jenis kulit kita, karena beberapa produk sudah membedakan sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Nah, klo udah tau jenis kulitnya, selanjutnya cari juga yang aman digunakan. Cari yang aman gimana? ya salah satunya bisa produk itu sudah lulus uji klinis oleh para ahli dermatologi.

Read More