Woot ? Maryamah Karpov Jilid 2 Tidak Diterbitkan?

Baru aja baca dari tempat reviewnya Mas Tanzil, dan bener-bener kaget baca postingannya soal Maryamah Karpov. Ini nih, di kutip langsung ya :

Kejanggalan tersebut dan juga endingnya yang menggantung pada akhirnya memunculkan spekulasi bahwa akan ada Maryamah Karpov jilid 2. Untuk itu saya mencoba mengkonfirmasikan hal ini langsung pada Andrea Hirata. Dalam perbincangan telponnya, Andrea menegaskan bahwa Maryamah Karpov memang dibuat menjadi dua jilid. Jilid pertama yang sekarang telah terbit memang tak banyak membicarakan Maryamah Karpov karena di jilid ini Andrea bermaksud membangun karakter tokoh-tokoh yang kelak akan dimatangkan di jilid keduanya. Dan di jilid keduanyalah Maryamah Karpov akan banyak berperan.

Namun sangat disayangkan, dengan tegas Andrea menyatakan bahwa hingga saat ini jilid 2 Maryamah Karpov tidak akan diterbitkan !. Andrea mengungkapkan bahwa ada berbagai pertimbangan yang menyebabkan ia terpaksa menolak untuk menerbitkan Maryamah Karpov jilid 2 dan memilih ‘menghilang’ sementara dari dunia kepenulisan. Pertimbangan apa? Daripada saya salah mengutip pernyataan Andrea yang disampaikan pada saya lewat telpon, biarlah Andrea atau Renjana Organizer sendiri yang akan menjelaskannya pada publik kelak karena pembaca Tetralogi Laskar Pelangi butuh penjelasan yang tuntas dari penulis mengenai tidak tuntasnya novel pamungkas ini.

Wah… ngutipnya kebanyakan ya? Biar ga lewat atuh bacanya…

Berarti emang bener, kalo Maryamah Karpov ada 2 jilid, dan jilid terakhir tidak akan diterbitkan, itu menurut penuturan Andrea sendiri via telpon…. ah… ga keren ah kalo ga diterbitin. Saya justru menunggu hal yang menarik di jilid 2….

Review Buku Maryamah Karpov

Saya emang telat buat review ini, udah pada besebaran dah pokoknya tentang buku ke-4 dari tetralogi Laskar Pelangi ini. Beli karena pengen cepet akhirnya saya beli online, walo akhirnya si kakak dulu yang selesai baca. Kenapa? karena, baru baca 50 halaman saja membuat saya berhenti. Tapi, itu awalnya loh…

Judul : Maryamah Karpov | Mimpi-Mimpi Lintang
Pengarang : Andrea Hirata
Penerbit : Sastra Bentang

Sebelum kelar membaca Maryamah Karpov ini pun, saya sudah bisa menulis reviewnya sebenarnya, tapi rasanya tidak lega kalo blom mengkhatamkan buku ini. Bercerita tentang kembalinya Ikal, inilah topik utama buku ini. Ya iyalah ya, secara yang nulis si Ikal sendiri. Mulai dari sidang tesis yang bikin Ikal ketar ketir hingga dia sampai ke tanah Belitong untuk melepas rindunya pada Ayah dan Ibu. Tak hanya itu, Ikal juga bertemu dengan Arai, ini yang paling saya tunggu-tunggu. Arai akhirnya mendapatkan cinta Zakiah Nirmala dan melanjutkan kembali studinya.

Ikal kembali untuk mencari cinta sejatinya, A Ling. Dengan susah payah Ikal mencari hingga perlu membuat perahu yang dinamainya ‘Mimpi-Mimpi Lintang’. Ya, karena kemunculan dan ide brilian Lintang lah yang akhirnya membuat Ikal mampu membuat perahu dan akhirnya menemukan A Ling. Namun, buku ini ditutup dengan penolakan ayah Ikal terhadap keinginan Ikal untuk meminang A Ling. Kenapa ? Saya juga ga tau, lebih baik mungkin tanya Mas Koen yang sekantor sama Andrea Kabarnya memang buku ini akan dilanjutkan dengan Maryamah Karpov jilid 2 dengan sub judul berbeda.

Read More

Toko Buku Online Pilihan

Mungkin yang sering berkunjung ke blog saya sering mendapati saya memposting review buku dan film. Iya, saya memang hobi baca buku dan nonton film

Bersyukur lagi saya karena mendapatkan suami yang juga punya hobi baca buku, membeli buku bagi kami adalah satu biaya tersendiri yang ga bisa di budget karena terbiasa kalap liat buku bagus, apalagi dengan prinsip ‘Beli dulu, urusan bacanya kapan itu nanti’.

Nah, karena hobi itu tak urung membuat saya jadi suka juga berkeliling dunia maya untuk mencari buku baru mana yang sudah saya tunggu-tunggu kehadirannya dan juga buku lama yang udah jarang bisa ditemui di toko buku biasanya. Jawaban dari semua itu, saya bisa mendapatkan buku yang saya mau dari toko buku online, sebut saja Kutukutubuku (KKB) punya Mbak ollie, Bukukita (BK), Inibuku (IB), Rumahbukuislam (RBI) dan yang lainnya. Semua toko buku online tersebut sering saya kunjungi dan beberapa kali mempergunakan jasa mereka. Karena itu saya bisa sedikit menilai mereka dari kacamata saya *emang. saya lagi pake kacamata*

Koleksi Buku
Untuk koleksi buku diantara KKB, IB dan BK sama banyaknya. Rata-rata buku yang saya cari ada di tb online tersebut. Hanya RBI lebih spesifik untuk buku-buku islam saja, walau juga ada beberapa buku umum.

Sistem Order

Read More

Merchandise Official Laskar Pelangi

Kemarenan, waktu buka puasa bersama temen-temen WongKito, saya ditawarin beli PIN Laskar Pelangi, ya saya dan adek saya beli satu.

Tau dong ya Laskar Pelangi. Novel best seller karya Andrea Hirata ini lagi gencar-gencarnya diomongin media dan banyak orang. Selaen bukunya emang TOP BGT, filmnya pun bentar lagi diputer serentak di seluruh Indonesia.

Saya salah satu penggemar berat karya Andrea Hirata, walopun yang saya baca dulu adalah Sang Pemimpi, dilanjutkan dengan Laskar Pelangi dan Edensor. Tetralogi memang, buku terakhir Maryamah Karpov sedang ditunggu-tunggu juga oleh banyak orang, karena ini buku terakhir, yang denger-denger dah selesai dibuat Andrea Hirata, namun belum juga dipublikasikan.

Read More