Obrolan Santai bersama Tere Liye

Temen-temen kenal dengan Tere Liye?
Beberapa dari kalian pasti kurang tau siapa itu Tere Liye iya kan?
Itu tuh penulis novel Hafalan Sholat Delisa

buku Tere Liye
buku-buku Tere Liye

Itu buku pertama sekaligus yang paling terkenal dan nantinya akan dibuat sebuah film.
Saya justru tau Hafalan Sholat Delisa dari seorang teman, sampe akhirnya suami saya (dulu blom jadi suami saya :p) beli dan baca trus saya akhirnya dipinjamkan. Tebak? ya….. saya nangis loh

Sejak itu saya mengikrarkan diri sebagai fans dari Tere Liye. Saya beli dan baca semua bukunya. Sebelum ada Toko Buku Online (TBO) Delisa yang dipegang oleh Mbak Kiki (istri Bang Tere), saya bela-belain cari kemana-mana bukunya, sampe nitip Rembulan Tenggelam di Wajahmu sama Emel di Jogja. Setelah ada TBO Delisa, hampir tiap ada buku baru dari Bang Tere Liye saya selalu pesen disana dan biasanya dikirim cepet sama Mbak Kiki (tengkyu Mbak ).

Akhirnya, setelah sering berkomunikasi tidak langsung (via email, Goodreads, FB) saya akhirnya bertemu langsung dan ngobrol santai bersama Bang Tere Liye. Bang Tere menghubungi saya kalo beliau ada acara mendadak balik ke Lahat (daerah asalnya), untungnya Bang Tere mau diajakin ketemuan untuk sekedar ngobrol2 dengan para penyuka buku-bukunya.

Read More

Review Buku Burlian

Burlian

Judul Buku : Burlian | Serial Anak-Anak Mamak Buku 2
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Jumlah Halaman : 343 Halaman
Harga : Rp. 50.000
ISBN : 9799791102681

Ini adalah buku Tere Liye ke 6 yang saya baca. Betul, Bang Tere Liye adalah salah satu penulis favorit saya. Alhamdulillah sampe saat ini saya punya 9 bukunya

Tidak seperti buku-buku lainnya, buku kali ini dibuat tetralogi alias 4 buku, ya dimulai dari buku Burlian ini yang dibuat namanya sebagai Serial Anak-Anak Mamak. Jangan heran ya tetralogi ini emang mulai dari buku 2 (Pukat), 3 (Eliana) dan 4 (Amelia) terakhir baru buku 1. Kok gitu? jangan tanya saya, langsung aja tanya Bang Tere kenapa begitu urutannya. Kalo jumlah 4 itu karena anaknya Mamak memang berjumlah 4 orang yaitu Yuk Eli, Kak Pukat, Burlian dan Amelia.

Saya pikir ini bakal jadi serial keren bagi anak-anak Indonesia. Apalagi dimulai dengan cerita Burlian, si anak ketiganya Mamak yang disebut sebagai ‘si anak spesial’.

Bercerita tentang kehidupan seorang anak berumur 7 tahun, Burlian dengan setting tahun 80an sepertinya, membuat cerita kecilnya Burlian ini penuh dengan kelucuan khas anak kecil. Ga cuma kelucuan tapi juga buku ini menggambarkan bagaimana cara Mamak dan Bapak mengajarkan banyak hal pada anak-anaknya. Kadang sebagai anak kecil kita bandel, ingin tahu segalanya, ingin mencoba apa yang dilakukan orang dewasa, begitu juga yang dilakukan Burlian. Mulai dari bolos sekolah sampai ikutan judi SDSB.

Read More

Review Buku Rembulan Tenggelam di Wajahmu

Rembulan Tenggelam di WajahMu
Rembulan Tenggelam di WajahMu

Judul Buku : Rembulan Tenggelam di WajahMu
Pengarang : Tere Liye
Penerbit : Republika
Jumlah Halaman : 427 Halaman
Harga : Rp. 60.000

Ini buku ke 4 dari Tere Liye yang saya baca, setelah sebelumnya puas dengan Hafalan Shalat Delisa, Moga Bunda disayang Allah, dan Bidadari-Bidadari Surga. Seperti yang sudah saya bayangkan, lagi-lagi Tere Liye membuat saya terpesona dan saya nobatkan sebagai salah satu pengarang buku terbaik Indonesia. Ketiga buku yang sudah saya baca sebelumnya mempunyai cerita tersendiri, ya… tentang kehidupan yang membuat air mata terkadang jatuh tak tertahankan.

Adalah Rehan (Ray), seorang anak yatim piatu dengan kehidupannya yang diceritakan dengan alur mundur. Perjalanan hidupnya sedikit demi sedikit dikuak dengan jawaban atas 5 pertanyaan besar yang selama ini tak ia dapatkan sepanjang hidupnya. Ia mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaannya dan mulai mengerti akan hubungan sebab akibat yang telah ia lalui dan tak jarang ia sesali.

Ray seolah mereview sepanjang hidupnya di saat-saat terakhir hidupnya dengan mendengarkan dan mencoba mengerti semua jawaban atas pertanyaan2 besar dalam hidupnya. Yah… andai semua orang mendapat kesempatan seperti ini, mungkin di akhir kita menutup mata akan ada kelegaan dan juga mungkin penyesalan.

Read More

Review Buku Bidadari-Bidadari Surga

Review lagi? Iyah…. maapkeun klo blog ini jadinya review semua. Ga review film ya review buku. Secara ya, emang hobi baca buku dan nonton sih sayah.

Judul : Bidadari-Bidadari Surga
Penulis : Tere Liye
Penerbit : Republika
Jumlah halaman : 365 halaman
Harga : Rp. 47.500,-

Dari judulnya, mungkin bagi yang sering baca buku Ketika Cinta Bertasbih (KCB), Ayat-Ayat Cinta (AAC), Trilogi Syahadat Cinta (SC) akan berpikir kalo buku ini ga jauh-jauh dari cerita percintaan. Tapi, bagi yang pernah baca buku-bukunya Tere Liye kayak Hafalan Shalat Delisa dan Moga Bunda di Sayang Allah pasti akan setuju kalo buku ini sama sekali bukan cerita percintaan ala buku ‘…… cinta’ yang sekarang banyak beredar.

Tere Liye selalu mengangkat cerita tentang kemanusiaan itu yang membuat saya mengangkat dua jempol untuk buku-bukunya. Kalo blom pernah baca karyanya, saya merekomendasikan Hafalan Shalat Delisa untuk di baca. Boong deh kalo ga tersentuh bacanya :up: jujur saya sampe

Kalo tertulis Tere Liye di buku, pasti langsung ambil, ga perlu baca resensi lagi

Bidadari-Bidadari Surga ini pun tak kalah dahsyat, lagi-lagi Tere Liye mampu membawa kita dalam cerita nan cantik berbalut persaudaraan.

Read More