05
Sep '11

Cara Memindahkan Data Blackberry

Beberapa temen yang ganti device (maksudnya dari blackberry yang satu ke blackberry yang lain) suka repot dengan urusan mindahin data, malah ga jarang karena kontak BBM udah pada tau PIN BB yang lama jadi males ganti BB. Karena mungkin aja karena satu dan lain hal maka BB yang lama harus ditinggalkan, jadi kepaksa punya yang baru :p

Ga perlu khawatir dan bingung, ga usah juga mesti nge-add satu-satu lagi kontak yang ada di BB lama. Gampang, tinggal backup data BB yang lama trus pindahin deh ke BB yang baru. Gimana kalo misalnya beda tipe BBnya? Ga masalah kawan, karena kan ada Desktop Manager (DM) yang akan membantu mindahin datanya dan sekaligus men-sinkronkan (maafkan bahasanya ya) semua data dengan BB yang baru.

Caranya :

  1. Colok kabel data ke BB yang lama, dan di pc/laptop akan muncul dengan sendirinya Blackberry Desktop Manager. Atau kalo ga muncul ya di buka aja Blackberry Desktop Manager/Software (saya menggunakan DM versi 6)
  2. Akan muncul detil BB anda mulai dari jenis, OS dan juga PIN. Pilih menu Device di sudut kiri atas, lalu pilih Switch Device.
  3. Setelah itu akan muncul window baru Connect Your Device, pilih jenis BB yang lama tadi.
  4. Conteng kedua pilihan yaitu data dan juga third application, pilih Next dan simpan file backup.
  5. Tunggu dan jangan lepaskan kabel data hingga proses backup berakhir. Akan ada pemberitahuan jika proses backup selesai.
  6. Jika sudah selesai, lepaskan kabel data dari BB yang lama, lalu selanjutnya colok kabel data ke BB yang baru. Akan muncul detil device BB yang baru, pilih lalu Next. DM akan memproses pemindahan data dari backup BB yang lama ke BB yang baru. Jangan lepaskan kabel data hingga proses selesai.
  7. Proses selesai, lepaskan kabel data. BB yang baru akan reboot dan bisa langsung digunakan
Penting : Perlu dipastikan bahwa semua aplikasi yang digunakan seperti BBM dan lain sebagainya sudah ada di device yang baru. Jadi, untuk semua data seperti email, sms, dan kontak BBM yang ada di BB lama bisa langsung ada juga di BB yang baru.
Berikut beberapa tips lanjutan :
  1. Untuk kontak BBM, pastikan anda me-refresh kontak yang ada. Caranya lakukan Broadcast Message ke seluruh kontak anda, dengan isinya… ya terserah anda juga sih mau isi pesannya apa. Dengan begitu, PIN BB anda yang ada di seluruh kontak akan berubah otomatis. Jadi, ga perlu add ulang lagi satu-satu.
  2. Pastikan anda mengaktifkan kembali push mail yang ada. Diperlukan validasi di setting emailnya. Jika push mail ada 3 email, semuanya lakukan validasi ya, dengan memasukkan password emailnya masing-masing.
Gampang kan? Selamat mencoba ya