12
Jan '10

Maraknya Penculikan Bayi

Alaya new born

Masya Allah. Rasanya cuma bisa ngelus dada deh denger maraknya penculikan bayi sekarang-sekarang ini.

Sebagai seorang ibu dari seorang anak rasanya mungkin saya berhak membahas soal ini. Pada saat melahirkan, ya Allah…. rasanya ga usah ditanya deh, sakitnya minta ampuuuun…. (yang lahiran normal yah, bukan operasi caesar). Wajar aja, kalo ibu yang baru aja selesai melahirkan ga berdaya, tepar, kecape’an, ga bisa ngapa-ngapain selaen pengen istirahat dan yang pasti pengen liat bayinya sendiri.

Apa jadinya, kalo pas mau diliat bayinya udah ga ada?
Yang tadinya mau nangis terharu karena bisa melahirkan seseorang ke dunia ini berubah jadi tangisan tragis, histeris dan bisa jadi bersimbah darah (kalo di buat komik).

Sumpah ya, saya ga abis pikir, apa yang ada di benak orang yang tega-teganya menculik bayi? yang baru lahir pula? dan yang nyulik itu wanita? apa ga ada hati nurani yah tuh orang? ya Allah…. semoga kita dijauhkan dari orang-orang seperti itu.

Saya bukan bermaksud menyalahkan pihak rumah sakit atau puskesmas tempat para ibu melahirkan anak-anaknya, tapi selayaknya ini menjadi bagian dari pelajaran paling berharga untuk para perawat dalam menjalankan tugasnya. Apalagi perawat bayi.

Hmmm…. sebenernya saya bukan orang yang berkompeten untuk memberikan tips dalam hal ini, hanya saya pernah nonton tv dan mendapatkan beberapa langkah yang harus diperhatikan ketika istri/adik/kakak/sepupu/kerabat yang habis melahirkan, ini dia :

  • Cari tempat melahirkan yang baik dalam persalinan dan perawatan bayi, seperti rumah sakit yang tidak punya masalah atau track record jelek soal persalinan dan perbayi-an
  • Pastikan anak anda setelah dilahirkan diperhatikan kalo perlu ikutin perawatnya dari brojol sampe dimandiin/dibersihin, dipakein bedong, disinar/dipanasin
  • Pastikan anak anda diberi label (gelang label ditangan) sesuai dengan nama ibunya
  • Jangan lupa untuk foto anak anda pas lahiran, selaen sebagai dokumentasi juga sebagai bukti otentik bahwa itu bayi anda
  • Ingetin perawat yang bawa bayi anda pas abis lahiran, pastikan dia perawat legal (lihat namanya, berseragam)

Gitu aja dulu tipsnya. Semoga kejadian seperti itu ga terulang lagi dan ga ada lagi bayi yang diculik serta merta setelah dilahirkan. Amiin.