12
Jan '12

Review Buku The Enchanted Castle

The Enchanted Castle

Judul Buku : The Enchanted Castle
Penulis : Edith Nesbit
Penerjemah : Alva Indriani dan Teguh Hari
Penerbit : Atria
Jumlah Halaman : 378 Halaman
Harga : Rp. 40.000
ISBN : 9789790244832

Kalian suka cerita sihir? Suka dongeng? Buku ini ceritanya pas bener, dongeng sihir klasik!

Saya merasa buku ini adalah gabungan banyak buku-buku sihir dan buku-buku dongeng Klasik, mungkin penulisnya memang penyuka dongeng dan sihir. Berasa kayak potongan dongeng dengan sentuhan sihir ala Harry Potter. Seperti juga dongeng, buku ini juga memberikan beberapa pesan yang memang ditujukan untuk anak-anak.

Bercerita tentang tiga orang anak yaitu Jerry, Jimmy dan Cathy yang menemukan terowongan menuju sebuah kastel, lalu kastel tersebut pura-puranya dijadikan mereka sebagai kastel sihir. Mereka berjalan-jalan di labirin kastel, bermain membangunkan putri tidur, hingga akhirnya mereka menjelajah kastel lalu menemukan ruang rahasia. Nah, dari ruang itulah mulai sihirnya beneran seperti kenyataan. Mereka menemukan cincin yang katanya bisa mengabulkan permohonan.

Bisa dibayangkan tiga orang anak dengan cincin permohonan, mereka bingung dengan apa yang hendak mereka mohon. Akhirnya mereka harus melewati pengalaman menakjubkan dari permohonan mereka sendiri, karena permohonan yang dikabulkan tidak sesuai dengan keinginan mereka. Anak-anak itu harus melewati Dinosaurus, hantu, menjadi tak kasatmata dan harus menghadapi Ugly-wugly yang menyeramkan.

“Mintalah sesuatu yang benar-benar kau inginkan.”
“Tentu saja. Aku akan mengucapkan satu-satunya permohonan yang bener-benar aku inginkan. Aku mohon agar temanku hadir disini.”

Anak-anak itu akhirnya menyadari banyak hal dalam perjalanan sihir mereka. Perjalanan yang menakjubkan dan membawa pesan yang betul-betul pas menurut saya untuk anak-anak. Dongeng selalu seperti itu, hanya saja bumbu-bumbu sihir yang kental membawa buku ini semakin menarik ceritanya. Tapi, sayangnya saya merasa ada beberapa terjemahan yang kurang pas dalam buku ini.

Ya, bisa kalian hitung kan ya, sudah ada berapa kumpulan dongeng hebat disana, ada putri tidur, ruang rahasia, cincin permohonan plesetan dari lampu ajaib kali ya, tak kasatmata ala mantel Harry Potter dan permohonan terbaik ala film Zathura: A Space Adventure itu. Nesbit membuat cerita ini amat menarik yang dipersembahkan untuk anaknya tercinta. Bagi yang suka dongeng klasik, buku ini direkomendasikan deh.