Soal Selasa Tanpa Nasi itu

Selasa tanpa nasi minggu ketiga.

selasa tanpa nasi

Ya, saya menjalani selasa ketiga tanpa nasi. Banyak yang bertanya kenapa saya akhirnya mencoba hal semacam ini via tuiter, jadi ya saya tulis aja kali ya.

Berawal dari berita selasa tanpa nasi yang digalakkan oleh pemkot Depok yang saya tonton kira-kira sebulan yang lalu. Dianjurkan untuk bisa mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain, karena katanya tingkat konsumsi beras di Indonesia itu tinggi sekali sehingga diharapkan bisa mempercepat penganekaragaman konsumsi pangan selain beras.

Nah, saya kira bagus juga ya kalo dicoba, kan banyak tuh sumber karbohidrat lain misal singkong, talas, sagu, ubi, jagung, kentang. Cuma, ya orang Indonesia itu merasa gak kenyang aja kalo belum makan nasi. Saya juga sih sependapat kalo nasi memang top banget mengenyangkan, cuma gak ada salahnya kan ya mencoba yang laen selain nasi. Lah, itu bule-bule walo gak makan nasi masih bisa hidup aja gitu *lebay*

Trus, untuk apa? Diet?
Sepenuhnya saya jawab gak!
Apalah saya ini perlu diet-dietan, secara tiap kali klo mau donor darah mesti ditolak gara-gara gak cukup berat.
Saya hanya mencoba untuk bisa belajar makan sumber karbo selaen nasi aja kok, itu aja. Walo memang katanya diet karbo cepet gitu bisa nurunin berat badan.

Trus, makan apa?
Terus terang saya jarang bisa sarapan pagi sesuai waktunya, entah kenapa. Kadang berasa belom laper aja sih, jadinya suka dirapel ama makan siang. Makan siang juga kadang kesorean dan juga begitu dengan makan malam. Saya memang tergolong gak bener soal jam makan. Saya berusaha memperbaiki kebiasaan ini juga dengan selasa tanpa nasi ini.

Pagi = milo dingin + oatmilk
siang = mie pangsit/ayam goreng + kentang/chicken teriyaki
malem = sate ayam/martabak HAR

Ternyata, setelah 3 minggu ini saya bisa lho. Malah kadang gak cuma selasa, tapi dibeberapa hari lainnya juga udah mulai bisa. Berarti kan sebenernya kita bisa mengganti nasi dengan panganan lain. Energi tetap ada dan juga gak bikin cepet kekenyangan dan ngantuk lho.

*Gambar diambil dari sini*

12 thoughts to “Soal Selasa Tanpa Nasi itu”

  1. Justru aku pikir mbak Nike sudah bener tu re: soal jam makan. “Makanlah sesudah lapar dan berhenti sebelum kenyang” kita udah punya pedoman udah yang paling bagus.

    Reply

  2. #IndonesiaTanpaNasi dong kalo dibikin hashtagnya kak hihihihi. aku kadang juga kebiasaan bisa sampe dua hari ngga nyentuh nasi, kalo udah gitu malah jajan makanan nya yang tambah banyak
    rian´s last blog post ..Hidup di Tahun 2021

    Reply

  3. lah aku dari dulu hampir tiap hari ga makan nasi, ga cuma gara-gara ada program ini sih )

    soalnya yang aku rasain kalo makan siang nasi, bawaannya ngantuk. Kadar gulanya tinggi banget soalnya si nasi itu. Kerja jadi ga efektif. Jadi lah ini udah taun ke-5 aku bener-bener ngurangin makan nasi.
    Chic´s last blog post ..1st Anniversary Monolog Coffee

    Reply

    Nike Reply:

    bener mbak, klo makan nasi rasanya cepet banget ngantuk.
    5 tahun? wooo kereen…!
    aku baru tahun ini sih, jadi nyoba jadi kebiasaan dulu gitu.

    Reply

  4. kadang suka lupa juga sih seharian gak makan nasi dan hanya makan makanan karbo lain selain nasi. tapi abis itu biasanya anemia langsung kumat yanv obat manjurnya hanya dengan makan nasi hehehehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge