24
Apr '07

Kala

Kala
Kala
Kala

Semalem nonton film barunya Joko Anwar~Kala bareng ma adek.

Filmnya soal si Janus (Fachri Albar), seorang wartawan yang dibebastugaskan dari kerjaannya dan punya penyakit narkolepsi yang mengetahui tentang pesan rahasia sebuah tempat yang ternyata tuh tempat harta karun. Nah, harta karun itu peninggalan presiden pertama tuh negara (tapi kok aku ngerasa Indonesia bgt, maksudnya Soekarno).

Pesan rahasia itu hanya bisa diketahui oleh satu orang, klo ada lebih dari satu yang tau maka akan mati, makanya Joko Anwar tulis “You Know The Secret, Now You Die”. Termasuk istri Janus (Shanty) sendiri yang menceraikan Janus karna penyakitnya itu juga mengkhianatinya demi uang, tapi sebenernya dia masih cinta sama Janus.

Serasa nonton wujud negara kita jaman dulu waktu kemerdekaan, polisi tunduk sama menteri walopun untuk hal yang salah, kayak film G 30 S PKI yang dulu hampir tiap tahun ditayangin di tipi tapi katanya penuh kebohongan. Sejarah kan ga mungkin berulang dan cuma orang2 yg hidup di jaman itu yang tau bener gimana ceritanya.



Settingnya sekitar tahun 1940-an gitu (bener ga yah ) jadi kesannya jadul bgt tapi sekaligus keren karna hebat bgt sampe hunting mobil tua, bus, dan gedung-gedung lama itu. Akting Fachri Albar yg keren, ga nyangka klo penyakit narkolepsi itu beneran ada. Secara singkat aja yah, seseorang yg mengidap penyakit itu ga bisa terlalu semangat, terlalu capek, gugup klo kejadian dia langsung tertidur. Aneh, baru sekali ini denger penyakit kayak gitu..

Anyway, tuh film keren, buat kita mikir sama sejarah. Cuma efeknya itu loh agak dipaksakan…

Gambar di unduh disini.