14
Nov '07

Tanggal Kadaluarsa

Seberapa sering kalian liat tanggal ekspayer di tiap kemasan makanan, kosmetik dan obat?
Harusnya setiap kali kita belanja.

Sebenarnya kalo pun pertanyaan diatas saya jawab sendiri, saya dengan jujur akan jawab : ‘ga pernah’.
Emang gitu kok. Mungkin kelewat percaya sama supermarket yang jual ato mungkin saya blom ngeh sama pentingnya untuk tau tanggal keramat itu. Saya mikirnya gampang aja, klo di supermarket saya taunya itu barang pasti udah lewat sensor yang kayak gitu-gituan, jadi konsumen tinggal ambil tanpa perlu liat tanggal di bawah botol, di belakang kemasan makanan ringan, dsb. Ternyata, saya emang salah, beberapa kali ditayangkan di tipi ketauan masih byk yg jual dengan tanggal ekspayer yang udah lewat.

Tanggal itu penting temen-temen. Emang blom pernah saya sakit perut karena makan makanan yang udah lewat tanggal kadaluarsanya, tapi saya pernah liat klo makanan yang udah lewat tanggal baik digunakannya, makanan itu akan berubah. Yang biasanya seger warnanya, itu dah jadi pucet, udah gitu biasanya baunya juga udah ga sedap, dan lagi bentuknya udah ga bagus.

Yah… Kita harus menyadari klo apa yang kita konsumsi, boleh aja makanan yang siap saji atopun siap santap, tapi kita perlu tau waktu yang baiknya digunakan. Jadi ga asal makan tapi juga selektif memilih makanan. Ga hanya bikin kenyang tapi juga baik buat kesehatan (cielaaaa…., lagaknya kayak saya ngerti kesehatan aja).

Saya tersenyum tiap kali orang ini ngingetin saya untuk liat tanggal kadaluarsa setiap belanja.