06
Dec '07

Antara Flexi, Star One & Fren

Punya HP CDMA ?

Sekarang banyak tuh yang punya HP CDMA. Saya sendiri awalnya sudah merasa berkecukupan dengan menggunakan HP GSM. Sesuai toh dengan tujuannya? Bisa berkomunikasi baik pake telepon atau cuma sms. Tapi, setelah beberapa temen saya pake CDMA, saya liat kok ya asyik bgt bisa teleponan tapi pulsa ga cepet abis. Jadi, saya sempet masukin beli HP CDMA ke wishlist saya.

Yaa… Saya seneng banget waktu Bokap kasih HP CDMA dengan cuma-cuma ke saya tanpa ada moment apa-apa, saya ga lagi ultah. Yang pasti saya seneng dong. Dikasih gitu loh, jadi saya ga perlu lagi menyisihkan sedikit dari gaji (tapi akhirnya kepake juga beliin buat adekku).

Owkeh…
Selesai cerita tentang bagaimana bisa saya punya CDMA.
Trus, sudah ada HPnya, pake kartu apa?
Bokap-saya-yang-kayaknya-sedang-baik-hati itu ternyata juga dengan murah hati memberi saya sebuah kartu Flexi. Ya, saya pake ajah, di kasih ini

Nah, saya cuma mo buat sedikit perbandingan :

1. Kalo pake Flexi
Saya pake Flexi sejak saya punya CDMA.
Kelebihan :
• Tarifnya murah Rp. 49/menit sesama pengguna Flexi
• Yang pake Flexi byk
• Kayak telepon rumah, jadi klo yang mo telpon juga ga ragu pulsanya abis
• Cek pulsanya gampang, tinggal tekan *99# lalu yes maka akn muncul nilai pulsa anda
• No-nya gampang diinget, dikit soalnya
Kekurangan :
• Waktu nelpon sesama Flexi, sering kali kurang dari 1 menit (kurang lebih 45 detik) mati/putus, sampe dibilang “Telkom Flexi…. Bukan telepon biasa”
• Mesti pake Flexi Combo klo mo keluar kota, dan layanan ini pernah saya pake dan hasilnya “Gagal”

2. Klo pake StarOne
Saya coba pake Jagoan beberapa waktu lalu.
Kelebihan :
• Tarifnya klo ga salah lebih murah dari Flexi (saya ga tau brp, secara no-nya diksh)
• Klo lagi teleponan ga pake mati2, lancar.
• Sama kayak Flexi No-nya gampang diinget.
Kekurangan :
• Klo lagi hujan, ga ada sinyal, klo dirumah (rumah saya ditengah kota loh ya) sinyal cuma setengah
• Ribet cek pulsanya, mesti tekan *555# lalu yes, tunggu dulu baru akan muncul SMS dengan nilai pulsa anda

3. Klo pake Fren
Saya lagi coba pake Fren.
Kelebihan :
• Sejauh ini tarifnya murah Rp. 38/menit sesama Fren
• Walo baru masuk di Palembang, Fren relatif lebih bagus dalam hal sinyal dibanding StarOne
• Klo keluar kota ga perlu ganti nomor.
Kekurangan :
• Klo nelpon diluar Fren, mahal.
• Blom banyak yg pake Fren disini.
• Ribet juga cek pulsanya, mesti kirim SMS, ketik CEK kirim ke 999 (lupa, bener ga ya no nya?)
• No-nya panjang, kayak no GSM. Ngingetnya susah.

Nah itu. Bentar lagi katanya keluar ESIA, cuma denger2 dari orang waktu di Bandara, Esia susahnya mesti ngobrol 1 jam = Rp. 1000 klo kurang dari itu malah mahal. Bener ga-nya, ya… blom tau.

Jadi, kalian lebih pilih yang mana?
Saya sih masih pake Flexi