25
Jan '08

Tips Membuat CV

Bagi yang baru lulus SMU or baru aja lulus kuliah dan yang pengen kerja, pasti udah persiapan buat lamaran kerja, curriculum vitae (CV), fotokopi sertifikat ini itu dan pastinya cari-cari kerjaan di situs lowongan kerja, lirak-lirik bukaan CPNS ato malah bangga dengan 100% pengangguran.

Mau bagi-bagi tips nih biar bisa buat CV yang bagus.
1. Tepat Sasaran
Musti tau dulu, mo menempati posisi apa di perusahaan yang dituju, baru buat CV yang menunjukkan kemampuan kalian di bidang tersebut. Jangan ngelamar ke bagian front office eh malah banyak nyebutin accounting

2. Pake Bahasa Inggris
Disarankan pake bahasa Inggris. Ada nilai tambah kalo CV kamu pake bahasa Inggris.

3. Bentuk CV
Buatlah CV yang menarik, mulai dari jenis kertas, jenis huruf sampe kata-katanya. Bagi yang tulis tangan, pastiin tulisannya bagus, ya minimal dapat dibaca dengan baik. Kalo dokter, ga pake cv lagi makanya tulisannya ga pernah bagus

4. Data Standar
Masukan data-data standar yang lengkap, seperti data pribadi (nama, alamat, no yang bisa dihubungi, status, ttl, email), riwayat pendidikan, pengalaman kerja (penting!), keahlian/kemampuan, pengalaman berorganisasi.

5. Foto Cakep
Pilih foto yang paling cakep/cantik menurut kalian, berwarna, yang enak diliatlah, karena tetep aja, yang cakep itu ada hitungannya sendiri.

6. Kirim yang Cepet
Kalo kalian mengirimkan via pos, jangan sampe cv kalian dateng ke perusahaan yang dituju malah setelah lowongan ditutup.

Diinget :
• CV jangan ketebelan
• Bahasa yang bener
• Kalo kirim CV via email, ukuran filenya jangan kegedean
• Jangan sampe salah tulis nama perusahaan ato no telpon kalian
• Jangan telat kirim.

Nah, bagi yang lagi berburu pekerjaan. Silahkan dicoba…!!

Sumber : Chic edisi 02, 2008.