Jejaring Sosial

Apa sih jejaring sosial itu?

Menurut Wikipedia, Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

Gini deh, langsung ke contohnya aja, biar pada ngeh yang namanya jejaring sosial itu apa. Biasanya pada tau contohnya aja tapi ga tau kalo itu termasuk ke yang disebut jejaring sosial.

Contohnya banyak, antara lain yang paling terkenal itu sebangsanya Friendster, Facebook sampe ke Plurk (maenan yang heboh saat ini).

Gunanya apa tuh Jejaring sosial? Sebenernya satu media berbeda dengan media jejaring lain, kalo kayak Friendster saya merasa tujuan utamanya adalah mengumpulkan teman yang mungkin sudah betebaran dimana-mana atau malah menjalin pertemanan baru. Itu baru Friendster yah, ada banyak yang mirip dan juga banyak service lain yang memberikan berbagai kemudahan bagi kita untuk bersosialisasi walo hanya di dunia maya.

Entah berapa banyak media jejaring sosial yang ada di dunia permayaan ini , saya belum pernah melihat blogger ga ada kerjaan yang dengan rajinnya melisting media tersebut. *Mungkin nanti malah saya :p*. Berikut saya kasih skrinsut beberapa service yang saya gunakan :

Dari Ping.fm

Dari MyBlogLog

Klik aja gambarnya biar keliatan, kegedean soalnya

Wuih…banyak kan yah…
Jangan tanya saya, itu service apa aja, bisa berbuih-buih kalo saya jelasin satu-satu datau bisa pegel jari-jari saya kalo yang nanya via ym
Sebenernya, tidak perlu kita register semua service yang ada, pilih aja yang mana yang bener-bener fun buat kamu dan emang kamu butuhin, kalo ga ada kerjaan, ya ikut aja semuanya :p

Bagi saya, semua service itu bertujuan sama yaitu membuat kita tetep eksis di dunia permayaan ini.

32 thoughts to “Jejaring Sosial”

  1. Sejak popularitas friendster menurun, saya udah males aktif di social-networking. males ber-facebook. sekarang cuma ngeblog saya. diajak ke plurk sama seseorang yang ternyata tampilan blognya berganti itu juga malas. he he he

    Reply

  2. heheheh…aku juga punya account di hampir semua tempat. kwippy, identi.ca, twitter, jaiku, facebook, dll dll dll. tapi ga pernah diurusin. pusing kalo kebanyakan account

    Reply

  3. sy ga ngikutin lg. kyknya cukup 1 aja, soalnya isinya pasti itu2 jg orangnya. ya adalahhh network2 baru dikit. trs klo kebanyakan jg repot sndr klo mo ngupdate.
    *salam kenal..

    Reply

  4. entah kenapa saya kok ndak terarik dengan media beginian ya.. saya lebih suka ngeblog. blog pun, bisa jadi “jejaring sosial” yang bagus. saya mendapat banyak teman ya dari blog. bahkan saya bisa bilang, pertemanan dari blog itu “lebih nyata” daripada pertemanan dengan media lain, bahkan dengan “pertemanan sesungguhnya”..

    i love blogging!

    Reply

  5. I found your website browsing google and read a few of your other articles too. I’ve just added you to my yahoo rss Reader. Just wanted to say” keep up the good work” and congrats on a job well done!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.