Review Buku Kartini Nggak Sampai Eropa

Tenang… tenang…. ini bukan buku perjalanan hidup Ibu kita Kartini yang harum namanya

KNSE
KNSE

Judul : Kartini Nggak Sampai Eropa
Pengarang : Sammaria
Penerbit : Gagas Media

Awalnya berpikir buku ini ga bagus-bagus amat, tapi setelah mbaca, buku ini keren!

Bercerita tentang Anti dan Tesa yang sama-sama belajar di negara Eropa, masing-masing di Jerman dan Perancis. Keduanya menceritakan kehidupan mereka lewat email. Ini yang menarik dari buku ini. Seperti tidak ada pengarang, hanya memperlihatkan email yang di balas dengan email per halaman. Sehingga, kita berasa seperti membaca email orang yang sifatnya pribadi.


Anti yang bercerita tentang rentetan pacarnya yang bule dan Tesa yang bercerita tentang banyaknya kegiatan sosial yang ia lakukan di Indonesia setelah menyelesaikan sekolah arsitekturnya di Jerman. Ga cuma soal percintaan yang diceritakan Anti dan Tesa, tapi juga korupsi oleh pejabat Indonesia dan tentang beberapa kejadian alam seperti gempa dan tsunami. Ya, email mereka berdua pada tahun 2004 – 2005.

Banyak hal yang saya tarik dari buku ini. Pertama, untuk saling membantu, tak ada kata jauh. Walo berbeda negara pun kita bisa saling membantu. Kedua, sahabat selalu membantu di kalah sedih dan selalu ada di saat kita butuh.

Kenapa judulnya Kartini Nggak Sampai Eropa ? karena…. saya melihat ada jiwa-jiwa Kartini pada Anti juga Tesa, dan mereka ada di Eropa

7 thoughts to “Review Buku Kartini Nggak Sampai Eropa”

  1. Jadi inget buku nya Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang…

    Eh, Iya yah… Dulu kan eropa itu pernah mengalami dark age, sekarang mereka malah terang gemilang jadi patokan gtu yah. Huhu…

    Berarti yg sampe ke Eropa bukan Kartini nya, tapi judul bukunya…

    *ngawur…

    Posting terakhirnya adit-nya niez…Pendakian Malam Pertama…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.