Nominasi Festival Film Indonesia 2009

Cinema
Cinema

Inilah nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2009, lets cekedaut dan siap-siap tebak siapa yang bakalan menang

Nominasi Pemeran Wanita Terbaik :

  1. Atiqah Hasiholan (Rumah Maida)
  2. Aty Kanser (Emak Ingin Naik Haji)
  3. Leony (Identitas)
  4. Revalina S Temat (Perempuan Berkalung Surban)
  5. Titi Sjuman (Mereka Bilang Saya Monyet)

Nominasi Pemeran Pendukung Wanita Terbaik :

  1. Ayu Pratiwi (Emak Ingin Naik Haji)
  2. Henidar Amroe (Mereka Bilang Saya Monyet)
  3. Niniek L Karim (Ketika Cinta Bertasbih 2)
  4. Widyawati (Perempuan Berkalung Surban)

Nominasi Pemeran Pria Terbaik :

  1. Tio Pakusadewo (Identitas)
  2. Emir Mahiri (Garuda di Dadaku)
  3. Reza Rahardian (Emak Ingin Naik Haji)
  4. Vino G Bastian (Serigala Terakhir)
  5. Yama Carlos (Rumah Maida)

Nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik :

  1. Deddy Mizwar (Ketika Cinta Bertasbih 2)
  2. Frans Tumbuan (Rumah Maida)
  3. Mamiek Prakoso (Garuda di Dadaku)
  4. Reza Rahardian (King)
  5. Verdy Sulaiman (Rumah Maida)

Nominasi Sutradara Terbaik :

  1. Ari Kusumadewa (Identitas)
  2. Djenar Maesa Ayu (Mereka Bilang Saya Monyet)
  3. Hanung Bramantyo (Perempuan Berkalung Surban)
  4. Ratna Sarumpaet (Jamila dan Sang Presiden)
  5. Teddy Soeriatmadja (Rumah Maida)

Nominasi Penata Musik Terbaik :

  1. Aksan Syuman dan Titi Syuman (Garuda di Dadaku)
  2. Jaduk Ferianto (Jagad Kali Code)
  3. Aksan Syuman dan Titi Syuman (KING)
  4. Bobi Suryadi (Rumah Maida)
  5. Arge Swara (Merah Putih)

Nominasi Penata Suara Terbaik :

  1. Edo Sitanggang (identitas)
  2. Iwan Akbar dan Edo Sitanggang (Emak Ingin Naik Haji)
  3. Satrio B dan Jajang Muslim (Jamila dan Sang Presiden)
  4. Hikmawan Santoso (Rumah Maida)
  5. Trisno dan H Santoso (Serigala Terakhir)

Nominasi Film Terbaik :

  1. Identitas
  2. Jamila dan Sang Presiden
  3. Mereka Bilang Saya Monyet
  4. Perempuan Berkalung Surban
  5. Rumah Maida

Ngeliat nominasi film terbaik diatas membuat saya lesu. Secara ya, dari kelima nominasi film itu cuma no 3 dan 4 yang nonton, yang laen dak nonton. Lagi-lagi film yang mungkin dibilang banyak orang bagus malah ndak masuk hitungan macem Laskar Pelangi (yang memang ga dimasukin sama Miles), Ketika Cinta Bertasbih, Merah Putih.

Entahlah bagaimana penjurian nanti, mereka orang-orang yang lebih kompeten untuk menilai sepertinya, orang awam yang suka nonton macam saya ini hanya bisa memberi penilaian dengan cara orang awam pula.

Kita liat aja nanti siapa yang menang ya?

11 thoughts to “Nominasi Festival Film Indonesia 2009”

  1. eh bukannya film-film bikinan miles dan kawan-kawan itu diblacklist masuk ke FFI, gara-gara mereka mengembalikan piala waktu tahun kapan itu? Kalo ga salah sih gitu deh, jadi artis-artis dan film maker yang waktu itu ikut petisi mengembalikan piala diblack list untuk masuk daftar FFI…
    .-= Chic´s last blog ..Antara Gaul dan Sombong =-.

  2. Bukan di blacklist buu…dalam ajang ini kan memang pihak PH film nya yg musti mendaftarkan diri ke pantia, dan tampaknya memang film2 yg kamu bilang bagus tadi tidak ikut mendaftar. Mungkin mereka ikutan Jiffest (coba check aja) – ajang yg tidak kalah bergengsi kok.

    Beberapa film yg masuk nominasi memang mengalami banyak ‘hambatan’ ketika hendak masuk ke cinema 21 (yg kamu tau sendiri, me monopoli distribusi film di tanah air). Jangan kira di dunia bisnis film nggak ada Markus nya juga lho. Makanya film2 yg ‘apa adanya’ kadang suka dipermainkan seenaknya oleh distributor. Kadang ada lho yg baru naik 1 hari di bioskop, lalu diturunkun oleh mereka. Kenapa? Tanya sama tembok…kita juga nggak tau pasti.

    Buktinya, Jamila aja bisa sampai Oscar..sedangkan di Indonesia gak banyak yang tau…jadi siapa yang dodol nih? Semua pihak pastinya kan? Termasuk kita juga karena tidak bisa menghargai karya bangsa sendiri.

  3. Terima kasih atas komentarnya Mbak Imey.
    Seperti yang saya katakan, saya hanyalah penonton sekaligus penikmat film yang bisa dikatakan awam dalam hal perfilman, hanya tau dan bisa beropini sesuai dengan apa yang saya tonton. Itu saja.

  4. Laskar Pelangi nggak masuk bukan karena gak bagus, coz gak diikutsertakan oleh produsernya coz lagi… Laskar Pelangi diproduseri oleh MIra Lesmana yang merupakan salah satu Anggota Masyarakat Film INdonesia (MFI). FYI, MFI memboikot acara FFI. Jadi.. tentusaja Laskar Pelangi gak masuk nomine…. *Kepanjangan ya….*

    Saya juga baru nonton yang film ke 3 n 4..
    Dan saya menjagokan, “Perempuan Berkalung Sorban”

  5. semua film yang masuk nominasi emang layak kok, cuma sayang film Pintu terlarang cuma masuk 2 nominasi saja, padahal film tersebut menurut saya layak masuk baik dari Penyutradaraan, Skenario dan keseluruhan.
    Untung saja film Ketika cinta Bertasbih gag masuk nominasi Film Terbaik atau yang lainnya (KCB hanya masuk di nominasi Pemeran Pendukung Pria dan Wanita : Deddy Mizwar dan Niniek L. Karim). sebab masih banyak film yang tidak bertema sinetron yang masih layak masuk nominasi.

  6. mengapa sih film sebagus KCB tidak menjadi nominasi…..
    padahal kan film tersebut mendapatkan sambutan meriah oleh seluruh jagat masyarakat,,, penonton nya paling banyak diantara film film yg lainnya yaitu mencapai nilai 2000000 penonton hanya dalam waktu 2 minggu…..
    sebenarnya bagaimana sih penilainya….
    terus terang dari film2 yg msuk dlam nominasi tersebut tidak ada yang saya acungkan jempol…..
    mohon maaf jika ada salah kata..

  7. Kacamata kita sebagai penonton beda Mas sama kacamata juri yang sudah malang melintang di dunia perfilman, mereka menilai dengan objektif Insya Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.