16
Aug '12

Review Buku Aliens on Vacation

Aliens on Vacation

Judul Buku : Aliens on Vacation
Penulis : Clete Barrett Smith
Penerjemah : Justine Tedjasukmana
Penerbit : Atria
Jumlah Halaman : 314 Halaman
Harga : Rp. 42.000
ISBN : 9789790245013

Selamat datang di penginapan antargalaksi!

Apa yang terjadi jika kalian bisa melihat alien? kaget trus pingsan kah? atau malah suka karena melihat sesuatu yang baru?
Ini terjadi pada Scrub, seorang remaja yang tadinya males banget harus menghabiskan liburannya di rumah sang nenek, tidak ada internet dan televisi. Scrub awalnya menilai pergi berlibur seorang diri ke rumah nenek adalah hal yang akan sangat membosankan, tapi ternyata tidak lah demikian setelah Scrub merasakan sendiri serunya berada di penginapan antargalaksi kepunyaan neneknya.

Scrub langsung terpesona ketika mendapati rumah bergaya victorian tiga lantai yang dicat hitam, terlebih melihat namanya ‘Penginapan Antargalaksi’. Sesuai dengan namanya, penginapan ini menerima pengunjung beragam spesies dari seantero galaksi. Makhluk-makhluk yang biasa kita sebut alien itu senang berlibur di planet kecil yang kita cintai ini, bumi! Demi keselamatan mereka, para turis ini—demikian sebutan mereka—akan dipakaikan penyamaran mirip manusia sehingga mereka bisa berjalan-jalan di Bumi dan merasakan hidup di peradaban manusia.

Scrub yang tadinya bingung, lama kelamaan menikmati bagaimana melayani para ‘turis’ yang datang ke penginapan melalui transporter, apalagi mendandani para alien dengan penyamaran selayaknya manusia hingga orang-orang sekitar penginapan tidak mengetahui siapa sebenarnya yang datang kesana. Liburan menjadi terasa lebih menyenangkan ketika Scrub bertemu dengan Amy, salah satu ‘turis’ di penginapan itu yang membuatnya jatuh cinta.

Tapiii… ada Sherif Tate yang curiga ada yang gak beres dari penginapan Grandma-nya Scrub ini dan dia berusaha keras menguak apa yang ada di penginapan antargalaksi tersebut. Apa Sherif Tate berhasil? Baca aja ya…

Awalnya saya pikir buku ini akan sangat malesin, liat aja judulnya, soal alien gitu. Tapi ternyata saya salah, buku ini bukan hanya buku fantasi anak-anak, lebih dari itu buku ini memberikan bentuk imajinasi yang menurut saya keren sekali dan tentunya juga memberikan banyak pesan.

Scrub yang merasa kurang percaya diri dengan tubuhnya yang pendek dan tidak disukai banyak cewek, menjadi merasa beruntung dan lebih percaya diri sejak liburan tersebut. Grandma memperlakukan Scrub dengan baik, memberikan kepercayaan atas tugas kepadanya, memberikan pujian jika melakukan tugas dengan baik.

Yang paling keren adalah bagaimana pesan Clete Barrett Smith dalam buku ini, bahwa kita haruslah dapat menerima perbedaan. Menjadi berbeda belum tentu jahat, bagaimana kita bisa menerima yang berbeda dengan tangan terbuka dan memperlakukan mereka dengan baik, bukan malah membeda-bedakan.

Scrub : “Jika ada kehidupan di planet lain, mungkin itu tidak menyerupai kehidupan di sini. Kehidupan itu akan berkembang dalam kondisi yang jauh berbeda. Kita mungkin tak akan bisa mengenalinya.”
Amy : “Kau jelas-jelas tak pernah mempelajari ciri-ciri universal dalam hal evolusi fisiologi.”

Percakapan tersebut akan berkembang dengan istilah ilmiah lainnya, seperti bukan percakapan remaja kan ya?