Berencana Solo Traveling Dengan Kereta? Coba Ke Jawa Timur Yuks!

Udah lama gak jalan-jalan?
Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri deh, dalam negeri juga banyak rasanya yang pengen dijelajahi
Saya tuh kepengen bisa solo traveling naik kereta api ke daerah Jawa Timur. Kenapa Jawa Timur? Karena memang belum jalan-jalan ke sana. Trus kenapa pake kereta api? Karena pengen aja sih, bisa pake kereta malem gitu kan, dan sepanjang perjalanan bisa diisi dengan baca buku. Tambah lagi, naik kereta bisa jauh lebih murah jadi kan bisa menghemat biaya liburan pendek kita.

foto : @ihnalfmuh

Nah, di Jawa Timur ada beberapa kota yang kayaknya asyik banget buat singgahi. Kota mana aja? Ini yang masuk dalam daftar saya nih ;

1. Surabaya
Ibu kota Jawa Timur, kota besar kedua di Jawa dan juga kota pahlawan. Surabaya gak cuma kota besar yang punya banyak mall tapi juga di sana banyak tempat wisata seperti Taman Bungkul, Kebun Binatang Surabaya, hutan bambu, Monumen Kapal Selam (Monkasel) dan yang pasti Tugu Pahlawan. Gak cuma itu, kalo jalan-jalan ke Surabaya, kulinernya juga wajib dicoba dong, sebut aja Rawon, bebek khas Surabaya, sego sambel Wonokromo, lontong balap, rujak cingur, dan banyak makanan sedap lain deh.

2. Banyuwangi
Letaknya di ujung paling timur, Banyuwangi punya banyak banyak tempat wisata alam yang menarik. Ada Pulau Merah dengan pantainya yang cakep, G-Land yang jadi tempat para bule berselancar, dan beberapa pantai lainnya yang gak kalah bagus. Selain itu kita harus nyicipin rujak soto yang katanya mantep banget.
Harga tiket kereta api ke Banyuwangi juga terjangkau, jadi pastiin Banyuwangi masuk ke daftar kota yang wajib dikunjungi ya.

gambar : jmaluw.blogspot.co.id

3. Malang
Selain Banyuwangi, yang tak boleh dilewatkan adalah kota Malang. Kota ini bisa dibilang lengkap banget, tempat wisatanya banyak, dari museum, sampe objek wisata alam kayak gunung dan pantai, ada di kota ini. Makanannya juga gak boleh dilupain ya, wisata kuliner juga wajib deh. Kudu nyobain Orem-Orem kalo di Malang sih ya.

4. Lamongan
Lamongan ada taman bermain Wisata Bahari Lamongan yang katanya seru abis kalo ke sana, apalagi lengkap dengan resort yang nyaman dan punya pemandangan langsung ke laut lepas dengan senja yang kabarnya romantis. Eh iya, sekarang di Lamongan juga ada mesjid besar bernama Mesjid Namira yang bernuansa Masjidil Haram. Jadi pengen mampir ke sana deh.

sumber : uangteman.com

5. Blitar
Blitar ada apa sih? Ada makan proklamator Indonesia, Bung Karno. Gak cuma itu kita bisa liat juga megahnya Candi Penataran. Kota Blitar memang kota kecil, tapi sepertinya nyaman banget buat dikunjungi. Harga tiket ke Blitar juga terjangkau dan dilewati oleh hampir semua kereta yang mengambil jalur selatan pulau Jawa.

sumber : tempat.co.id

6. Kediri
Kabarnya kota Kediri ini kota yang cantik, ada Monumen Simpang Lima Gumul. Bangunannya mirip dengan sebuah gerbang di Perancis tapi dengan kearifan lokal. Yang paling dikenal dari Kediri itu tahu kuning, jadi kita akan ketemu dengan aneka olahan tahu, mulai dari stik tahu sampe kerupuk kulit tahu. Buat oleh-oleh, bisa beli gethuk pisang yang katanya cuma ada di Kediri lho. Lebih unik lagi, kita bisa cobain sate bekicot yang dipadu dengan gurihnya bumbu kacang.

Jadi, ada yang kira-kira mau bareng liburan ke Jawa Timur, gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.