10
Jan '11

Review Buku Ketika Bilqis Harus Cangkok Hati

Bilqis

Judul Buku : Ketika Bilqis Harus Cangkok Hati
Penulis : Dewi Farida
Penerbit : Progressio
Jumlah Halaman : 106 Halaman
Harga : Rp. 34.500
ISBN : 9786029685138

Hati ibu mana yang tak sedih ketika mengetahui sejak lahir bayinya sakit, apalagi sakit yang langka seperti Atresia Bilier. Dewi Farida akhirnya menuliskan seluruh perasaannya dalam merawat Bilqis Anindya Passa, bayi cantik yang divonis dokter mengalami Atresia Bilier yaitu penyakit dimana saluran empedu tidak berkembang secara normal.

Waktu itu saya sempat nonton di TVone satu ulasan tentang buku ini. Saya langsung terharu melihat Dewi Farida, ibunya Balqis saat menceritakan bagaimana ia akhirnya bisa menuturkan segala perasaannya dalam buku ini. Kemarin, waktu mampir ke toko buku saya langsung beli buku ini, apalagi saat melihat tulisan :
“Membeli buku ini bukti peduli Anda pada Atresia Bilier (Yayasan Bilqis Sehati)”

Bilqis yang awalnya saya kenal karena kegigihan ibunya dalam membuat komunitas kepedulian Koin Cinta Bilqis ditahun lalu, akhirnya dengan membaca buku ini saya jadi lebih banyak tau betapa hebatnya perjuangan hidup Balqis dan juga ketabahan ibunya.

Dewi mencatat semua hal tentang Bilqis begitu detil, dari mulai Bilqis lahir di tanggal cantik 20-08-2008, pertama kali Bilqis divonis penyakit, banyaknya rujukan dokter yang ini dan yang itu sampai detil waktu tanggal juga jam tepatnya pengobatan yang dilakukan. Saya salut, Dewi masih sempat mengingat semuanya dengan detil walau saya tau betapa lelah dan sedihnya Dewi sebagai ibu Balqis.

Tidak hanya itu, foto-foto Balqis juga mengisi buku ini dengan manis. Foto mulai dari Balqis lahir hingga foto Balqis terbaring lemah dengan infus dan selang oksigen ditubuhnya. Oh saya tidak bisa membayangkan kesedihan seperti apa yang dijalani Dewi Farida. Melihat anak saya demam saja saya sudah ga bisa tidur, ikutan sedih jika anak mulai terlihat lesu tak bersemangat, bagaimana dengan Dewi Farida?
Airmata saya pun tak tertahankan saat membaca bagian puisi yang dibuat Mami Balqis hingga akhirnya Balqis meninggal.

Saya belajar banyak hal dari cerita Dewi dalam buku ini. Perjuangan, ketabahan, kegigihan serta kasih sayang yang besar dari seorang ibu mampu menguatkan seorang anak untuk bisa hidup dan bertahan dari semua kesakitan yang dideritanya.

Buku ini akan membuat kita lebih dan lebih mencintai ibu