19
Sep '12

Komik Indonesia Gak Kalah Bagusnya

Kalian penyuka komik kah temen-temen?
Saya rasa gak ada orang di dunia ini yang bener-bener gak suka komik. Semua pasti pernah baca komik, paling gak sekali dalam hidupnya, walau udah tua sekalipun.

koleksi komik strip

Dulu waktu kecil saya suka banget baca Paman Gober, sampe langganan gitu, gedean dikit jaman SMP mulai ke komik-komik Elex Media macem Doraemon, dari yang emang komik buat perempuan kayak serial cantik sampe komik berseri kayak Detektif Conan. Dulu di deket SMP dan SMA saya ada taman bacaan. Jadi hampir tiap hari pulang sekolah pasti mampir kesana, minjem buku. Jadi tiap ada yang baru gak akan ketinggalan. Saking seringnya ke taman bacaan itu, si mbak yang jaga itu hapal deh bacaannya yang mana aja

Beberapa komik seri

Waktu kuliah udah mulai males baca komik, yang ada baca novel dan buku-buku yang gak ada gambarnya. Ya seiring waktu lah ya. Tapi…. sekarang ini, mungkin sekitar 3 tahun terakhir saya udah suka lagi baca komik. Malah ngumpulin. Gak koleksi juga sih, paling gak balik lagi membaca komik. Kalo Conan, saya udah males beli, kebanyakan dan gak kelar-kelar. Alhasil saya minjem mulu sama Ardy.

Novel grafis diskonan

Komik yang saya baca sekarang gak lagi komik seri (selain Conan ya tentunya), saya lebih suka yang bisa dibaca pas sarapan pagi. Ringan dan sekali baca langsung kelar gitu. Pilihan saya jatuh pada komik strip, kayak Ducobu, Agen Polisi 212, Little Spirou, Natalie, Tintin dan masih banyak lagi. Saya punya semua? Tentu gak, senengnya saya ternyata bukan cuma sayang yang suka baca komik strip gitu, temen-temen saya yang maksudnya seumuran saya pun masih suka baca, jadi saya sering kali tuker pinjem sama mereka. Malah saya dipinjemin Harun, 12 buku Natalie yang dikirim langsung dari Jakarta baik sekali temen-temenku ini ya….

Nah, semakin kesini semakin banyak komik-komik bermunculan. Kalo kita terbiasa dengan komik-komik Elex Media, sekarang udah banyak kok komikus Indonesia yang karya-karyanya layak diacungi jempol. Misalnya nih, ada Benny & Mice yang berawal dari Kompas sekarang udah banyak sekali bukunya. Ada juga Vbi Djenggoten yang berawal bikin komik lucu Aku Berfacebook Maka Aku Ada, eh sekarang udah menelurkan banyak karya yang jadi favorit saya.

Beberapa komik Indonesia yang saya punya

Banyak lagi komikus atau kartunis Indonesia yang sekarang seperti keluar dari sarangnya. Ini juga terjadi mungkin karena sekarang udah lebih mudah menerbitkan buku/komik dan para penerbit juga pro aktif mencari banyaknya penulis/komikus baru sehingga makin memperkaya khasanah komik Indonesia. Walau yang saya liat ya, komik Indonesia yang ada memang lebih ke pembaca remaja dan dewasa, tapi dari segi gambar dan cerita gak kalah kok bagusnya sama komik luar negeri.

Yang masih menjadi kegalauan saya *tsah* itu soal harga. Pertanyaan saya, kenapa komik Indonesia harganya lebih mahal dari komik luar? Mungkin ini juga yang memengaruhi orang untuk membeli komik Indonesia. Yang biasa saya beli paling murah harganya 25rb (untuk komik Benny Mice malah dikisaran 50rb/buku) sedangkan kalo kita bandingkan dengan komik Jepang aja harganya sekarang 16500. Ya dari sisi harga setidaknya membawa dampak juga atas penjualan komik, apalagi yang mau koleksi tapi gak punya banyak duit

Oh iya, yang suka baca dari ebook reader macem Kindle ataupun tablet, bisa coba deh Ngomik.com disana yang bisa gambar-gambar bisa upload hasilnya, yang suka baca pun bisa baca gratis komik-komik lucu dan keren hasil karya anak negeri.

Mari cintai komik-komik Indonesia