29
Feb '16

Plastik Kresek dan Penggunaannya

Saya sendiri masih sering lupa bawa kantong/tas belanja (reusable bag) apalagi kalo belanja bulanan yang lumayan banyak di supermarket. Dan lagi, saya merasa butuh kantong plastik kreseknya untuk plastik sampah di rumah. Kan plastik kresek dari supermarket kayak Hypermart, Carrefour juga minimarket seperti Indomaret dan Alfamart juga menggunakan plastik yang degradable, yang dalam hitungan bulan akan terurai dengan sendirinya, karena itu saya suka pake kresek itu untuk kantong sampah di rumah.

Yang susah itu sebenernya adalah ngasih tau penjual yang ada di pasar tradisional. Walau saya bawa kantong belanja, tetap aja kadang penjualnya ngasih plastik kresek banyak. Beli cabe diplastikin, bawang plastik lagi, sayur kangkung plastik lagi, pisang diplastikin juga, ya kalo beli tahu, atau ayam potong, ikan, cumi,  mesti diplastikin kalo gak ya bawa kotak plastik dari rumah (ini mah agak repot yak). Jadi mesti bawel juga bilangin ke penjual yang bisa dijadiin satu plastik, ya satu plastik aja gitu.

Jika memang dari surat edaran tentang plastik berbayar itu bisa mengingatkan kita sebagai konsumen untuk mengurangi penggunaan plastik kresek ya berarti alhamdulilah banget kan?