29
Feb '16

Plastik Kresek dan Penggunaannya

Sejak 21 Februari 2016 plastik kresek di minimarket dan supermarket bayar Rp. 200!

Iya, sejak seminggu yang lalu pemerintah memberikan surat edaran dimana minimarket dan supermarket memberlakukan plastik berbayar yaitu dengan harga 200 rupiah per plastiknya, mau kecil besar plastiknya harganya segitu. Sebenernya gak apa-apa juga sih, dengan tujuan supaya kita bisa mengurangi plastik yang susah diurai, apalagi harganya cuma 200 rupiah kan, beli plastik gede di pasar tradisional aja yang dijual anak-anak kecil harganya seribu lho.

Sebenernya bukan karena berbayarnya yang banyak diributkan beberapa orang. Hanya saja pemerintah tidak memberikan informasi jelas bagaimana dana plastik kresek berbayar ini akan diperuntukkan. Pemerintah cuma bilang plastik sekarang bayar tanpa memberi tau secara jelas kemana dananya akan diberikan dari hasil pembelian kantong kresek ini. Menurut banyak sumber, katanya dana plastik ini akan diberikan untuk LSM atau badan yang mengurusi lingkungan hidup. Tujuan baik ini yang tidak sampai ke telinga banyak orang.

Saya sendiri masih sering lupa bawa kantong/tas belanja (reusable bag) apalagi kalo belanja bulanan yang lumayan banyak di supermarket. Dan lagi, saya merasa butuh kantong plastik kreseknya untuk plastik sampah di rumah. Kan plastik kresek dari supermarket kayak Hypermart, Carrefour juga minimarket seperti Indomaret dan Alfamart juga menggunakan plastik yang degradable, yang dalam hitungan bulan akan terurai dengan sendirinya, karena itu saya suka pake kresek itu untuk kantong sampah di rumah.

Yang susah itu sebenernya adalah ngasih tau penjual yang ada di pasar tradisional. Walau saya bawa kantong belanja, tetap aja kadang penjualnya ngasih plastik kresek banyak. Beli cabe diplastikin, bawang plastik lagi, sayur kangkung plastik lagi, pisang diplastikin juga, ya kalo beli tahu, atau ayam potong, ikan, cumi,  mesti diplastikin kalo gak ya bawa kotak plastik dari rumah (ini mah agak repot yak). Jadi mesti bawel juga bilangin ke penjual yang bisa dijadiin satu plastik, ya satu plastik aja gitu.

Jika memang dari surat edaran tentang plastik berbayar itu bisa mengingatkan kita sebagai konsumen untuk mengurangi penggunaan plastik kresek ya berarti alhamdulilah banget kan?