Event

Rencana Kumpul Blogger di Solo

Beberapa hari lalu Pakde Blontank ngetwit ada rencana mau bikin kumpul-kumpul blogger lagi di Solo sekitar bulan depan. Ah, udah lama memang gak ikut kumpul-kumpul lagi, rasanya ingin sekali bisa hadir. Jadilah hal pertama yang saya lakukan adalah nyari-nyari tiket. Mulai dari ngecek tiket pesawat sampe ngecek juga tiket kereta dari Jakarta ke Solo. Maklum lah, tiket sekarang mahal gitu, jadi semoga aja bisa dapet yang gak mahal dan cocok sama jadwalnya.

foto dari thejakartapost.com

Bulan Juni lalu juga saya dapet undangan untuk kumpul blogger yaitu acara Juguran Blogger yang diadakan oleh Blogger Banyumas. Mas Pradna waktu itu mengajak untuk ikutan, saya tertarik lah karena sudah lama banget saya gak ke Purwokerto. Dulu waktu masih kecil, mungkin sekitar SD gitu, saya pernah jalan-jalan bersama keluarga, ya tentu itu sudah lama sekali, gak banyak yang saya ingat kecuali suasana rumahnya sepupu bapak waktu itu.

Untuk menghemat saya merasa akan lebih nyaman naik kereta dari Jakarta ke Purwokerto waktu itu. Semua sudah direncanakan sampe akhirnya tiba-tiba ada keperluan lain yang bertepatan pada tanggal acara Juguran Blogger itu berlangsung, ya sudah saya terpaksa membatalkan rencana ke Purwokerto.

Beberapa tahun lalu, kalo gak salah tahun 2014 saya pernah gak sengaja ke Solo. Ceritanya ada acara leadership Akademi Berbagi waktu itu, via Jogja kami bertiga dari Palembang menuju ke Salatiga dengan bus. Setelah acara saya diminta bisa ke Jakarta, jadilah dari Salatiga saya beranjak ke Solo lalu lanjut ke Jakarta. Beberapa jam di Solo lumayan lah, walau terasa diburu waktu saya bisa wisata kulineran dan belanja oleh-oleh dengan ditemani seorang kawan baik.

Saya selalu menyukai perjalanan bersama kawan, lebih enak rasanya jika bisa ngobrol dalam perjalanan dengan kereta, apalagi untuk waktunya yang lumayan berjam-jam, udah bisa ngobrol panjang lebar itu kan ya. Perjalanan Jakarta – Solo bisa menghabiskan 8 – 9 jam, lumayan lama apalagi kalo cuma diisi dengan tidur, mungkin kalo baca buku udah bisa kelar 2-3 buku aja tuh dalam perjalanan. Kalo dihabiskan dengan ngobrol biasanya gak terasa, tau-tau udah sampe aja, apalagi kalo reramean dengan kawan yang sudah lama tak bertemu, sungguh banyak yang bisa diceritakan.

Saya juga suka mengambil perjalanan kereta malam hari, karena biasanya lebih adem dan gak perlu nginep, tinggal tidur di kereta. Yang gak enak sebenarnya kita jadi gak bisa menikmati pemandangan dari jendela sepanjang perjalanan itu. Perjalanan Jakarta ke Solo itu bisa dinikmati dengan melihat hamparan sawah nan hijau jika kita pergi naik kereta pagi – sore hari.

Sebenarnya satu-satunya masalah adalah soal jadwalnya. Apalah saya yang biasa ini, minggu ketiga September itu saya sudah ada kegiatan sebenernya, gak sibuk hanya pertimbangannya banyak kalo mau pergi ke luar kota untuk waktu lebih dari 2-3 hari. Pertimbangan keluarga memang yang paling berat. Anak-anak bisa dititip ke rumah Eyangnya sih, cuma waktunya memang harus pas sama jadwal suami juga, takutnya bareng sama jadwalnya harus ke luar kota juga. Nah itu ribet sih karena rumah jadi gak ada orang. Biasanya memang gantian, kalo mau ke luar kota sedapat mungkin waktunya gak barengan.

Solo memang kota kecil yang lumayan mengasyikan sih buat ngumpul. Apalagi kalo ngumpul bareng kawan blogger, bakal seru obrolannya dari yang remeh temeh santai sampe yang level serius dan bisa lanjut tengah malem. Saya sih pastinya kalo jadi ke Solo pengen jalan-jalan juga karena belum pernah ke tempat-tempat wisata di sana.

Beberapa tempat wisata yang wajib sih ya sebut aja Keraton Surakarta Hadiningrat, Masjid Agung Surakarta, Pasar Klewer, Kampung Batik Laweyan, Candi Sukuh dan masih banyak lagi tempat-tempat menarik kayak taman-taman gitu. Trus, jangan lupa wisata kuliner, misalnya harus nyicipin Selat Solo, Nasi Liwet, Brambang Asem dan Es Gempol Pleret (ngetiknya sambil ngiler inih).

Semoga waktu kumpul blogger yang direncanain Pakde Blontank masih bisa digeser lagi agak akhir September atau Oktober sekalian dan akhirnya saya bisa punya kesempatan untuk ikutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.