Hobi

Bikin Nyaman Traveling Keliling Sumatera dengan Bus PO RAPI

Bagi kawan-kawan yang akan melakukan perjalanan darat untuk traveling menyusuri kota-kota di Sumatera bisa mencoba dengan menggunakan bus, seru lho apalagi kalo rame-rame.

Perjalanan itu memang seru kalo bisa dinikmati, apalagi misalnya ada yang pengen jalan-jalan pelesir ke kota-kota di Sumatera, dari Aceh sampai ke Lampung. Biar lebih irit dan juga bisa lebih banyak menikmati dengan berkunjung di tiap kota, pilih aja perjalanan dengan bus, salah satunya kalian bisa mencoba bus PO RAPI.

Sedikit tentang PO RAPI. Jadi PT. Raja Perdana Inti (RAPI) adalah PO bus yang sudah beroperasi sejak tahun 1998 dan merupakan salah satu moda transportasi publik yang terkenal di Sumatera. Tepatnya Desember 1998 PO Bus ini mulai membuka rute perjalanan dari Medan ke Pekanbaru dan sebaliknya sebanyak dua bus. Setahun kemudian mulai nambah armadanya dan juga rutenya, yaitu rute pergi pulang Medan – Rengat juga Medan – Palembang. Hingga 21 tahun, PO RAPI sudah menyediakan layanannya dengan berbagai rute di 30 kota di Sumatera. Rutenya kemana aja nih? Silakan dicari aja ya info rute lengkap bus RAPI.

Bagi yang sering melakukan perjalanan darat antar kota antar provinsi di Sumatera pasti udah sering mendengar bus ini, dan biasanya juga dipakai untuk wisata gitu oleh sekolah-sekolah juga yang mau melakukan perjalanan bersama keluarga besar. Saya coba bagi beberapa kenyamanan naik bus ini ya.

  1. PO RAPI ini melayani sebanyak 30.000 penumpang tiap tahunnya, jadi memang sudah banyak yang pake bus karena sudah dirasa aman.
  2. Armadanya banyak dan semua dalam keadaan baik, armadanya juga baru karena dilakukan peremajaan secara berkala, jadi pastinya lebih nyaman dan gak khawatir kan ya.
  3. Pake AC dan ada musiknya (jadi gak bosen-bosen amat kan ya), toilet juga ada.
  4. Fasilitas busnya pastinya lebih oke karena armada baru, udah ada WIFI. Butuh colokan listrik? Ada juga kok. Tenang dan senang kan?
  5. Karena perjalanan sering kali lama kan ya, busnya juga dilengkapi bantal dan selimut yang bikin kita lebih nyaman di dalam bus.
  6. Bus ini jumlah kursi penumpangnya lebih sedikit yaitu kursi 1-2 dengan total 39 penumpang dan kursi 2-2 total 40 penumpang, sehingga bus terasa lebih luas.

Bus PO RAPI ini dibagi menjadi 3 kelas, ada kelas Royal, Eksekutif dan Ekonomi. Semua fasilitas yang saya bagi di atas ada di kelas Royal dan Eksekutif, sedangkan untuk kelas Ekonomi tidak disediakan AC, musik dan toilet karena tentunya harganya sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Silakan pilih aja maunya perjalanan dengan kelas yang mana ya. Oh ya, bus ini beroperasi sampe malem, jadi bagi kalian yang ternyata gak keburu ngambil jam siang atau sore, bisa ganti ambil keberangkatan malam harinya, tinggal diinfoin aja ke PO busnya, tentunya kalo kursinya masih tersedia ya.

PO RAPI ini berpusat di Medan, tapi jangan khawatir karena kantor cabangnya udah pada banyak tersebar di tiap kota. Bisa langsung ke kantornya buat beli tiket, atau kalo mau gampang juga bisa beli online, asal jangan beli sama calo ya.

Bagi yang belum pernah jalan-jalan melintasi Sumatera, saatnya jalan-jalan nih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.